No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Sudah Tahu? Blogspot Support Elementor Mulai Tahun Depan!

Topik KontenBlogspot Web Builder Plugin
Kategori KontenBlogspot
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi & Freepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu informasi terbaru bahwa di tahun depan platform cms blogger.com akan memiliki fitur / plugin web builder yang membuat desain web lebih mudah dan tanpa koding.

Setelah sebelumnya saya membahas Yoast SEO di cms blogspot, kali ini saya ingin membahas plugin elemntor di cms blogspot.

Saya sudah mengenal dan menggunakan platform cms blogger / blogspot ini sejak 2008. Hingga tulisan ini ditulis, sistem pengeditan desain website di blogspot harus melalui editor template seperti ini:

Itu berarti, saya dan kamu harus memiliki pemahaman pemgrograman dasar html, css, dan javascript untuk bisa merubah tata letak dan membuat fitur baru di website kita.

Selain menggunakan cms blogspot, saya juga menggunakan cms wordpress. Dari cms inilah saya tahu kalau sistem pengeditan desain website sangat mudah, karena ada plugin bernama "Elementor".

Plugin Elementor ini bisa memudahkan kita mengatur dan merubah desain website sesuka hati dengan cara drag & drop sehingga kita yang belum mahir koding tetap bisa mengedit tampilan website semudah mungkin.

Pertanyaannya; apakah platform blogger.com juga memungkinkan punya fitur yang sama mirip seperti Elementor? Mari simak pembahasan di poin selanjutnya!

Visual Builder Theme62; Plugin Desainer Web Ala Elementor untuk CMS Blogspot

Elementor Wordpress
Ilustrasi ini adalah plugin elementor, bukan desainer web builder cms blogspot ya

Disclaimer: Pertama-tama, saya perlu memberikan penegasan bahwa plugin ini bukan fitur official yang disediakan oleh Google selaku pemilik platform CMS Blogger.com langsung ya, tapi plugin ini dibuat oleh web developer cms blogger pihak ketiga yang saya kenal. Ya, sama halnya dengan Wordpress, Plugin Elementor pun buatan developer pihak ketiga, bukan buatan wordpress sendiri. Oke, kita sepaham ya sekarang.

Kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya ya; "Mungkinkah ada versi plugin desainer tema se-powerful elementor yang disediakan oleh developer pihak ketiga yang bisa berjalan di platform cms blogspot?"

Jawabannya: Ada!

Nama pluginnya adalah Visual Builder Theme62.

1. Mengenal Apa Itu Visual Builder Theme62

Visual builder theme62 adalah plugin desainer tema website yang punya konsep mirip elementor yang ada di Wordpress namun diperuntukkan untuk platform web blogspot.

Fiturnya tidak beda jauh dengan elementor. Kamu bisa mengedit nama website, membuat fitur baru dengan cara drag & drop tanpa perlu koding manual.

Untuk kamu yang penasaran dengan tampilan visual builder theme62 versi Alpha, kamu beruntung karena developernya mau membagikan screenshot pluginnya untuk pembaca web Daily Blogger Pro. Ini dia tampilannya:

Bisa kamu lihat ilustrasi diatas, pada plugin visual builder theme62 terbagi menjadi 3 bagian:

  • Sidebar kiri: pengaturan umum / global untuk edit tombol, background, tipografi, dan pengaturan dasar sebuah web.

  • Bagian tengah: disini hasil edit / perubahan yang kamu buat akan ditampilkan.

  • Sidebar kanan: layaknya plugin elementor, ini adalah fitur navigator / struktur yang bisa kamu edit dengan cara drag & drop, iya semudah itu.

See? Fiturnya mirip dengan plugin elementor, bukan? Jadi kamu nggak perlu migrasi ke wordpress cuma karena di iming-imingi ada plugin elementor ya. Hehe bercanda : p

Untuk bisa menggunakan plugin visual builder ini, kamu perlu membeli tema premium dari Theme62 ya. Beruntungnya, karena saya bekerjasama dengan developernya, kamu bisa dapat diskon 20k jika membeli tema Avia, Minima-Lite, dan Text-On dengan menggunakan link refereal DBP berikut ini: https://theme62.com/?ref=agungkharisma52@gmail.com.

2. Siapa Pengembang Plugin Visual Builder Theme62 Ini?

Visual builder ini dikembangkan oleh web developer pemilik Theme62.com, yaitu mas arga fairuz. Mas Arga ini sebelum membuat project visual builder untuk cms blogspot sudah membuat tema premium blogspot dengan konsep plugin sekali klik seperti Wordpress.

Untuk lebih lengkapnya, kalau kamu ingin mengenal developer dan karya tema premium blogspot buatannya, video ini bisa menjawab rasa ingin tahu tersebut:

Kalau setelah nonton video diatas kamu jadi tertarik dengan tema buatan mas arga, kamu bisa baca konten ulasan / review-nya dulu di daily blogger pro lewat link berikut:

Review
Theme62


Tema Premium Blogspot dengan Konsep Plugin Sekali Klik Layaknya Wordpress

Read Now
Theme62

3. Kapan Visual Builder Theme62 Sudah Siap Dirilis untuk Publik?

Sesuai judul artikel ini, visual builder theme62 ini baru akan dirilis di tahun depan.

Untuk tanggal dan bulan rilisnya, saya dan mas arga belum bisa memberikan waktu spesifik karena plugin ini masih dikembangkan agar ketika sudah rilis bisa minim bug.

Sering-sering saja berkunjung di website Dailybloggerpro.com dan Theme62.com untuk mendapatkan update terbaru development progressnya karena akan kami update secara berkala agar pembaca tahu kapan plugin ini siap dirilis.

Yang jelas, untuk sekarang, bocoran atau leaks yang saya peroleh dari developernya secara langsung, visual builder ini akan dirilis dalam tiga versi, yaitu:

  • 1. Versi Alpha: ini adalah versi rilis paling awal, kemungkinan masih terdapat bug, dan saya akan menjadi beta tester untuk pengujian plugin ini juga agar bisa melaporkan fitur apa saja yang sudah berjalan baik & mana yang perlu ditingkatkan.

  • 2. Versi Beta: ini adalah versi rilis kedua dimana jumlah bug sudah tidak sebanyak versi alpha. Untuk pengujiannya, semua pengguna tema theme62 sudah bisa mencoba plugin visual builder ini.

  • 3. Versi Final / Stable Version: ini adalah versi sempurna. Tentunya untuk mencapai versi ini butuh waktu yang tidak sedikit. Dan kalau visual builder ini sudah sempurna, semua pengguna blogspot yang sudah memiliki tema premium dari Theme62 sudah bisa memakai visual builder dengan 100% potensinya, bahkan kamu bisa membuat tema premium blogspot versi kamu sendiri nantinya.

4. Sembari Menunggu Visual Builder Rilis, Apakah Ada Alternatif Plugin untuk Mengatur Tema Blogspot Tanpa Koding?

Kesulitan mengedit template blogspot premium karena nggak paham koding dan ingin mengatur semua menu serta edit desain tema lainnya dengan sekali klik?

Well, kabar baiknya, kalau kamu memiliki template premium theme62, kamu bisa coba fitur dashboard ekslusif untuk mengedit template premium di blogspot, tentunya tema premiumnya harus dari Theme62.com ya. Kira-kira begini tampilan dasbor editor temanya;

Dashboard Template Theme62 Dashboard Template Theme62

Dari gambar diatas, kamu bisa melihat kalau theme62 punya fitur dashboard template yang memudahkanmu mengatur global setting untuk blogmu, mengedit menu navigasi header dan footer tinggal isi kolom dan cukup drag & drop saja, mau merubah warna dan jenis font tinggal sekali klik saja, & tentu saja instalasi plugin juga bisa diakses lewat menu dashboard ini. Untuk tampilan dashboardnya kira-kira begini;

Tertarik untuk mencoba fitur dashboard template theme62 sekalipun belum punya template-nya? Bisa kok! Silahkan akses dashboard yang sudah saya sediakan berikut ini:

Kesimpulan Visual Builder Theme62

Jika plugin visual builder buatan Theme62 ini sudah rilis dan bisa digunakan semua orang, saya yakin akan banyak pengguna web cms blogspot yang bisa memiliki tampilan desain website yang bagus. Halaman postingan dan statis bisa dikreasikan semenarik mungkin.

Well, itu saja berita blogspot kali ini tentang plugin desainer tema premium, semoga konten ini bermanfaat buat kamu ya.