No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Transfer Domain ke Dewaweb untuk Pengguna Blogspot

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarDokumentasi Pribadi & Dewaweb.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara mentranfer domain website miliknya ke provider registrar baru.

Apa jadinya kalau kamu sudah bayar uang perpanjangan domain tapi website milikmu malah kadaluwarsa domainnya seperti ini;

Untuk mempermudah penjelasannya, mari kita sebut provider registrar domain bermasalah ini sebagai "Provider X", Saat saya mendapatkan email tersebut, statusnya, saya sudah lunas membayar perpanjangan domain untuk website milik saya; Dailygamerpro.id. Tapi provider registrar X, tempat saya membeli domain tersebut, tidak memperpanjang domain website milik saya padahal sudah bayar. Akhirnya, domain saya kadaluwarsa alias mati. :(

Tentu saya tidak tinggal diam, saya ingin mendapatkan hak saya; domain website gaming daily gamer pro harus aktif lagi dan diperpanjang, maka dari itu, saya melakukan protes kepada layanan customer service provider X berkali-kali.

Setelah melakukan upaya tersebut, barulah domain saya aktif dan diperpanjang. Meski masalah sudah beres, tapi saya masih merasa khawatir kalau provider X ini berulah mengulangi perbuatan yang merugikan pelanggan lagi, oleh karena itu, saya memutuskan untuk mentrasnfer domain web gaming ini, dari provider x dipindah ke provider registrar yang lebih aman dan terpercaya yang sudah saya gunakan, yaitu; Dewaweb.

Tapi masih ada kejanggalan, menu kelola domain saya dikunci! Alhasil, saya tidak bisa mengambil kode EPP untuk transfer domain. Sampai sini, keputusan saya untuk pindah domain makin mantap. Kemudian, saya pun protes lagi kepada customer service-nya untuk membuka menu kelola domain, selang beberapa hari, baru saya bisa mengakses menu kelola domainnya & urus proses perpindahan domain saya dari provider x ke Dewaweb.

Setelah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan ini, saya tergerak untuk membuat artikel ini sebagai pengingat untuk diri sendiri dan teman-teman blogger yang menggunakan cms blogspot tentang pentingnya memilih provider registrar yang tepat & pengelolaannya.

Cara Transfer Domain Website CMS Blogspot Ke Dewaweb

Langsung saja, kalau kamu sudah memutuskan untuk mentransfer domain web milikmu entah itu karena providernya "red flag" atau ingin sekadar menyatukan semua domain yang kamu beli di 1 tempat, artikel ini bisa bantu kamu.

Di artikel ini saya memilih provider registrar dari Dewaweb dengan alasan pengalaman yang cukup menyenangkan, proses pembayaran dan update perpanjang domain otomatis, serta saya sudah menggunakan layanan mereka dari 2018 hingga sekarang. Silahkan ikuti panduannya ya.

Note: Meskipun tampilan menu dan tata letaknya tiap provider berbeda, tapi secara fungsinya tetap sama, jadi silahkan sesuaikan dengan nama menu, tata letak, dan opsi pengaturan di registrar domain kamu ya.

1. Kunjungi Provider Registrar Domain Lama untuk Membuka Kunci Domain Milikmu

Pertama, silahkan kunjungi dan login ke halaman member area di layanan penyedia domain lama milikmu. Misalnya pada gambar diatas, saya hendak mentransfer domain "Dailygamerpro.id", kemudian, klik menu manage domain / kelola domain agar kamu bisa diarahkan ke menu pengaturan domain seperti ini;

Jika sudah masuk ke halaman managed domain / kelola domain, silahkan pilih menu registrar lock, disini kita akan merubah status domain kita yang sebelumnya "Terkunci" menjadi "Terbuka" agar domain bisa ditransfer.

Setelah masuk ke menu registrar lock, silahkan klik opsi "Disable Registrar Lock" agar domainmu yang terkunci bisa terbuka. Jika sudah menekan opsi "Disable", maka kamu akan mendapati notifikasi berhasil membuka kunci domain seperti ini;

Selamat, langkah pertama membuka status domain yang terkunci di registrar lama sudah berhasil kamu buka! Sekarang kita bisa lanjut ke tahap kedua.

2. Matikan Fitur WHOIS Protection Domain

Di provider registrar lama saya, mereka menempatkan fitur WHOIS Protection di menu addons dengan nama ID Protection saja, mungkin di provider domain kamu bisa saja berbeda nama opsinya, tapi tidak akan jauh dari nama WHOIS atau ID Protection sih. Kemudian, klik "Disable" untuk mematikan WHOIS Protection domainmu.

Jika sudah menonaktifkan "WHOIS / ID Protection", maka akan muncul notifikasi berhasil seperti ini:

Domain sudah di unlock dan whois protection juga sudah dimatikan, selanjutnya kamu perlu mendapatkan kode unik domain milikmu untuk kebutuhan transfer domain, silahkan ikuti panduan tahap ke-3 ya.

3. Dapatkan Kode EPP Domain Milikmu

Bisa dibilang, ini langkah terakhir kamu berurusan dengan provider registrar lama yang bermasalah, disini kamu hanya tinggal ambil kode EPP di menu yang disediakan oleh provider domainnya. Di kasus saya, provider X menamai menunya begini; "Get EPP Code". Silahkan ambil kode EPP tersebut untuk kebutuhan transfer domain ke provider baru.

4. Lakukan Pemesanan Transfer Domain ke Dewaweb

Sekarang kamu sudah bisa mengurus pemesanan transfer domain. Silahkan kunjungi website resmi Dewaweb: https://www.dewaweb.com. Selanjutnya, klik menu domain. Dan klik tab Transfer domain seperti ini:

Setelah mengklik tab menu transfer domain, silahkan tulis url domain website yang akan ditransfer, misalnya web saya; Dailygamerpro.id. Kemudian, klik order. Maka kamu akan diarahkan ke halaman konfigurasi transfer domain seperti ini:

Pada gambar diatas, kamu harus mengisi kode EPP yang kamu dapatkan dari registrar lama. Silahkan tulis kode EPP-nya. Setelah diisi, klik "Lanjutkan". Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman keranjang pembelian seperti ini:

Silahkan lakukan pembayaran pelunasan transfer domain di Dewaweb.

Setelah pembayaran lunas, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dari Dewaweb bahwa pemesanan transfer domainmu sedang diproses seperti ini:

Sesuai keterangan email diatas, Dewaweb memberikan informasi mengenai estimasi waktu transfer domainnnya akan selesai sekitar 5- 7 hari kerja. Itu berarti, domain kita belum sepenuhnya tersimpan di akun member dewaweb milik kita. Ini ilustrasinya:

Bisa dilihat pada gambar diatas, domain yang saya transfer; Dailygamerpro.id belum berhasil terdaftar dan tersimpan di akun Dewaweb milik saya. Selain karena memang masih dalam proses masa tunggu, masih ada satu tahap lanjutan lagi yang harus kamu selesaikan.

5. Konfirmasi Email Transfer Domain dari Registrar Lama Sebagai Langkah Validasi Akhir

Setelah menerima email pemesanan transfer dari Dewaweb, kamu juga akan mendapatkan 1 email lagi dari registrar lama. Dalam kasus saya, provider X ini ternyata menggunakan jasa reseller domain.

Itu artinya, provider X bukan pihak pertama yang mengurus pendaftaran dan pembelian domain kita karena domain kita dipegang oleh si Reseller yang bisa saja suatu waktu menjadi pemicu masalah yang merugikan pelanggan, misal; domain website milik klien saya kadaluwarsa padahal sudah bayar biaya perpanjangan:

Kembali lagi ke pembahasan poin 5 ini, silahkan konfirmasi email dari reseller atau registrar domain lama kamu. Jika sudah konfirmasi, pihak reseller (Pihak ini hanya ada jika kasus yang kamu alami sama seperti saya) atau registrar lama akan membalas email konfirmasi dari kamu.

maka mereka akan menyetujui proses transfer domain dari tempat registrar lama menuju tempat registrar baru; dalam hal ini saya mentrasfer domain web saya ke Dewaweb. Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu proses transfer domain selesai, di kasus saya; 5 hari kerja.

6. Transfer Domain Ke Dewaweb Berhasil

Setelah 5 hari, saya mendapatkan notifikasi transfer domain berhasil. Dan domain Dailygamerpro.id sudah terdaftar di akun Dewaweb milik saya:

Well, bisa dibilang domain saya sudah berhasil di transfer ke Dewaweb. Saya sudah merasa lega. Tapi masih ada 1 langkah terakhir yang harus saya dan kamu lakukan, baca panduan no 7 sebagai langkah terakhir.

7. Daftarkan A Record & CNAME Blogger Domain Kamu

Silahkan input kode A record dan CNAME dari blogger. Biasanya ketika transfer domain, pengguna blogspot akan kesulitan untuk mendapatkan 2 kode CNAME untuk menginput ulang di provider baru, karena memang blogger hanya menampilkan kode CNAME 1x saja, yaitu ketika pertama kali install domain.

Tapi tenang saja, saya sudah membuatkan artikel panduan terpisah untuk mencari kode CNAME blogspot yang hilang dan panduan untuk input A record juga pada konten berikut:

Saat membuka konten panduan cara input A record, kamu bisa langsung scroll pada poin pembahasan A record ya.

Begitu kamu sudah menginput A record dan CNAME Blogger, domain kamu sudah bisa diakses lagi oleh semua pengunjung.

Kesimpulan

Kalau kamu membaca sampai bagian kesimpulan ini, saya ucapkan terimakasih sudah membaca tulisan ini sampai tuntas sekaligus selamat karena kamu sudah berhasil mendtransfer domain website milikmu dari registrar lama ke provider registrar domain baru.

Konten ini saya buat secara bertahap dan selengkap mungkin tanpa meninggalkan satu tahap pun, sehingga kamu juga bisa mentransfer domain website kamu. Dan semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu ya :)