No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Arti THP Dalam Mosi Debat Bahasa Inggris?

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengerti maksud mosi THP & mampu membuat argumen sesuai posisi tim debatnya

Dalam perlombaan debat bahasa Inggris, kamu dan tim debatmu akan mendapatkan mosi debat yang diawali dengan singkatan kata; THW, THBT, atau bahkan THR.

Di seri kali ini, kita akan bedah pengertian mosi yang diawali singkatan kata THP. Penasaran dengan jenis mosi ini dan intensi goal apa yang harus ada di mosi ini? Yuk simak pembahasan tuntasnya!

Pengertian Mosi Yang Diawali dengan THP, Bentuk Argumen, & Goal-nya

Di konten ini, kamu akan mengenal apa itu mosi debat THP, bentuk argumen yang harus disampaikan oleh kedua tim, dan goal yang harus dicapai dari mosi ini.

1. Apa Yang Dimaksud dengan Mosi THP Dalam Debat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, THP adalah frasa singkatan yang memiliki kepanjangan arti: "This House Prefer (Dewan ini lebih memilih / memprioritaskan . . . )". Mosi ini mengharuskan kamu untuk membandingkan 2 regulasi yang ada di dalam mosi. Poin penting untuk dicatat;

Agar lebih memudahkan kamu dalam memahami mosi yang diawali dengan "THP", kita langsung pakai contoh mosi debat berikut ya:

This house prefer working as content creator rather than 9 to 5 worker in company

Mosi diatas akan kita ulas di poin selanjutnya, apa goal yang harus dicapai oleh debater dari kedua tim dan argumennya.

2. Apa Goal / Tujuan Yang Harus Dipenuhi Dalam Mosi THP?

Sebelum membuat argumen, kamu harus tahu apa goal yang diinginkan oleh mosi debatnya. Ini adalah ulasan mengenai tujuan dari mosi debat ini; This house prefer working as content creator rather than 9 to 5 worker in company.

Tim pro harus mendukung profesi konten kreator lebih baik dibanding pekerjaan konvensional di kantoran yang jam kerjanya diatur, yaitu masuk kerja dari jam 9 pagi dan pulang jam 5 sore.

Dilain sisi, tim kontra lebih mendukung pekerjaan konvensional 9 to 5 dibanding bekerja sebagai konten kreator.

3. Tips Fokus Argumen Untuk Mosi THP Yang Harus Diperhatikan Tim Pro & Kontra

Jika kamu mendapatkan mosi yang diawali frasa "THP", sebagai debater pemula, asal kamu mengigat definisi mosi dan tujuan (goal) yang diinginkan mosi, kamu bisa membuat argumen relevan untuk dipresentasikan kepada juri.

Untuk itu, kamu bisa ikuti panduan berikut ini;

Mosi: This house prefer working as content creator rather than 9 to 5 worker in company.

Argumen Tim Pro

Fokus tim pro adalah membuat argumen yang bisa meyakinkan juri bahwa bekerja sebagai konten kreator lebih menjanjikan dari segi pendapatan dan relevansinya dengan kebutuhan kerja jaman modern. Kamu bisa mengulas poin berikut

+ Banyak perusahaan, agency, hingga umkm membutuhkan jasa promosi dari konten kreator agar produk / layanan jasanya dikenal oleh target audien yang tepat

+ Pendapatan bisa terus naik, tidak stagnan seperti pegawai kantoran biasa yang harus mengabdi belasan tahun, itupun belum tentu bisa naik jabatan, sedangkan konten kreator bisa menaikkan harga jasanya melalui ratecard miliknya

+ Bekerja sebagai konten kreator lebih aman dari maraknya kasus pemecatan karyawan, hal ini terbukti di masa awal hingga pasca pandemi, banyak karyawan kantoran yang dipecat & tidak punya pekerjaan lagi. Sedangkan konten kreator bisa terus bekerja dan menawarkan jasanya kepada klien baru.
Argumen Tim Kontra

Fokus tim kontra adalah membuat argumen yang berkebalikan dengan tim pro, yaitu tidak setuju dengan mosi jika;


+Bekerja sebagai konten kreator banyak kekurangannya, seperti; tidak adanya stabilitas pendapatan bulanan, tunjangan, asuransi, pelatihan, jenjang karir, dll

+Dan argumen lainnya (Bisa kamu kreasikan sendiri ya)

Kesimpulan

Dengan memahami mosi yang diawali frase this house prefer (THP), tim debatmu akan punya landasan kokoh supaya bisa membuat argumen yang tepat, relevan sesuai posisi tim yang kamu dapatkan (Pro / Kontra), serta mampu menjawab goal yang diinginkan mosi. Last but not least, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya, debaters! :)