No Bookmarks

4 Cara Mendefinisikan Motion Debat B.Inggris, Dijamin Auto Jago!

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mendefinisikan motion dalam lomba debat apapun topiknya.

Baru pertama kali ikut lomba debat tapi pas motion launch, adjudicator-core langsung kasih motion yang susah paket banget! Well, reaksi debater pemula kebanyakan; auto panik!

Daripada panik, gimana kalau kamu upgrade skill debat khususnya cara mendefinisikan motion dalam lomba debat bahasa Inggris!

Panduan Cara Memahami dan Mengartikan Motion Dalam Lomba Debat B.Inggris

Panduan ini akan mengajak kamu naik level jadi debater yang lebih baik lagi, dimulai dari jago mengartikan mosi debat! Without further ado, yuk simak panduannya hingga tuntas!

1. Definisikan Setiap Kata Ambigu yang Memang Harus Diartikan Sejelas Mungkin

Setiap kali kamu ingin mendefinisikan motion, pastikan kamu mengacu pada rumus berikut ini;

Every ambiguous word in the motion should be well defined

Di setiap mosi, pasti ada kata ambigu; kata yang punya interpretasi / diartikan bisa jadi berbeda bagi tiap orang. Alih-alih membiarkan mereka mengartikannya dengan definisi pribadi. Lebih baik kamu sepakati arti ambigu tersebut agar semua debater mengacu pada satu pengertian agar alur perdebatan berjalan lebih terarah.

You should know what should define! - Kamu harus tahu kata mana saja yang memang harus didefinisikan! | Ini berarti, kamu nggak harus & memang tidak direkomendasikan untuk menyampaikan definisi motion dengan cara mengartikan setiap kata khususnya untuk kata yang memang mudah dimengerti. Untuk lebih mudah memahami, silahkan simak ilustrasi motion berikut ini;

THBT South Korea should advocate for the recognition of North Korea as a nuclear state
.
Dari sampel motion diatas, kamu nggak perlu mengartikan apa itu South Korea, North Korea dan kata lainnya yang sudah diketahui secara umum oleh banyak orang. Lebih baik kamu fokus ke kata ambigu yang rawan disalahartikan, misalnya saja pada kata; "Nuclear State"

Optional but not recommended for intermediate level debaters; mendefinisikan kata perkata secara keseluruhan dalam motion debat hanya diperuntukkan untuk debater pemula yang masih sangat awam & perbendaharaan kosakata b.inggrisnya terbatas sehingga trik ini harus dilakukan agar dapat memahami arti setiap kata yang ada di dalam motion

2. Definisikan Motion dengan Menggunakan Ilustrasi

Cara termudah dalam mendefinisikan motion debat adalah dengan memberikan contoh / ilustrasi sampel yang mudah dipahami banyak orang. Alih-alih mendefinisikan kata "Sharing Economy" yang cukup kompleks, kamu bisa memberikan contoh relevan dengan istilah itu, misalnya; Airbnb, Gojek, Upwork, Fastwork, dan platform bisnis berbasis peer to peer / komunitas lainnya.

3. Gunakan "What It Is Not" untuk Mendefinisikan Motion Debat

Misalnya saja kamu ingin mendefinisikan kata "Dictatorship" dalam motion. Gunakan "What it is not" untuk menjelaskan kata ambigu / sulit tersebut seperti ini;

Dictatorship means;

+It has no freedom of speech for society
+It has no democratic election

4. Definisikan Kata Kerja di Dalam Motion Debat

Nah, cara terakhir yang bisa melengkapi teknik definisi motion-nya adalah mengartikan kata kerja yang dirasa masih ambigu sejelas mungkin agar tim pro & kontra menyepakati aksi apa yang diinginkan motion debatnya. Untuk lebih mudah memahaminya, simak ilustrasi dibawah ini;

THBT South Korea should advocate for the recognition of North Korea as a nuclear state
Kata kerja pada motion debat diatas adalah Advocate. Kami sangat menganjurkan kamu untuk mengartikan kata kerja tersebut sejelas mungkin agar kedua tim sama-sama memahami dan menyepakati definisi debatnya.

Misalnya, kamu mengartikan kata "Advocate" sebagai; actively support the recognition in the UN and suppress any aggression by Western state due to North Korea Nuclear development - Dengan begitu, pihak tim lawan pun akan menyepakati pengertian verb / kata kerja tersebut.

Kesimpulan

Dalam debat, mendefinisikan motion terlihat sepele dan karena anggapan tersebutlah banyak debater yang salah kaprah membuat argumen yang tidak relevan sehingga adjudicator tidak bisa memberikan poin kontribusi lebih dari performa tim debatmu. Oleh karena itu, keempat cara diatas bisa kamu pakai salah satunya, kombinasikan beberapa, atau semuanya sekaligus, sesuaikan saja dengan kebutuhan ya. Kemudian, sampaikah "full definition: definisi lengkap dari motion-nya".

Semoga konten kelas debat dasar ini berguna buatmu ya. Kalau kamu suka dengan konten ini, bisa dishare ke orang lain yang membutuhkan atau baca konten kelas debat lainnya di web ini pun bisa kamu lakukan, silahkan. Yang semangat ya belajarnya. :)