No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Apa Itu Medium; Platform Blog Ideal untuk Penulis

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarMedium.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengenal apa itu cms Medium

Saat penulis ditanya platform menulis terbaik di internet, kebanyakan, mereka akan menjawab cms blogger.com atau wordpress. Tapi pernahkah kamu mendengar cms bernama Medium? Jika belum, mari berkenalan dengan Medium lewat konten pengenalan cms ini.

Mengenal CMS Medium, Sejarah, Fitur, Fungsi & Kelebihannya

Di konten pengenalan cms medium ini, saya akan mengenalkan informasi dasar mengenai platform ini. Mari disimak ulasannya hingga tuntas.

Apa Itu Medium?

Penjelasan mudahnya, Medium adalah platform menulis blog online yang bisa digunakan oleh penulis untuk menuangkan idenya sesuai keahliannya masing-masing. Medium fokus memberikan konten informatif dan berkualitas dengan penyajian desain tulisan yang bersih dan enak untuk membaca.

Sejarah CMS Medium

Medium diciptakan oleh mantan CEO Twitter, yaitu Evan Williams.Evan membuat CMS ini agar bisa menerbitkan tulisan agar orang lain bisa mengekspresikan dirinya melalui tulisan tanpa batasan jumlah kata seperti Twitter. Evan menyayangkan banyak konten kurang informatif tersebar di sosial media yang menyebabkan penggunanya fokus ke aspek pencapaian popularitas atau narsis melalui posting sosial medianya.

Sekalipun banyak penulis hebat menerbitkan konten berkualitas tinggi, mereka kalah saing dengan konten clickbait di sosial media dari sekelompok media / individu yang menerbitkan konten berkualitas rendah hanya untuk mengejar rating likes & engagement.

Fitur CMS Medium

CMS medium sangat memfokuskan fiturnya untuk kenyamanan para penulis dan pembacanya. Lebih jelasnya, kamu bisa baca daftar list fitur medium berikut ini:

Fitur CMS Medium :
    1. Clap / like: Fitur ini mirip likes sosial media facebook atau instagram untuk mengapresiasi penulis.
    2. Digest: Email harian / mingguan dari Medium berisi rekomendasi konten terbaru sesuai preferensi kategori stories yang sudah kita baca.
    3. Highlight: fitur untuk menandai bagian tertentu dalam tulisan di stories yang sedang kita baca.
    4. Letter: Email yang kita terima dari penerbit / penulis yang kita ikuti di Medium.
    5. Member: Pelanggan berbayar Medium (Mereka adalah pembaca yang mendukung para penulis / kreator di cms medium)
    6. Note: Komentar pada post yang hanya dapat dilihat penulis dan kamu yang memberi komentar di post tersebut.
    7. Partner: Penulis yang menjadi mitra Medium Partner Program. Penulis medium mendapatkan penghasilan lewat program ini.
    8. Publication : Kumpulan post yang ditulis oleh lebih dari satu penulis di Medium.
    9. Response: Komentar yang ditampilkan di bawah post / stories.
    10. Series: Fitur baru Medium untuk pembaca yang mengakses konten post di perangkat mobile.
    11. Story: postingan di Medium
    12. The Edition: Digest / rekomendasi post terbaru yang dikirim untuk member Medium setiap minggunya.
    13. Topic: Topik / genre tulisan di Medium

Fungsi CMS Medium

Platform cms medium diperuntukkan sebagai media menulis blog untuk para penulis. Tampilannya yang bersih dan fiturnya yang memudahkan untuk menulis membuat para kreatornya fokus menciptakan konten berkualitas dengan nyaman.

Kelebihan CMS Medium

Untuk post ulasan cms medium kali ini, saya baru menyajikan sisi keunggulannya saja. Di masa mendatang, akan saya perbaharui poin kelebihannya apa saja. Kurangnya di bagian mana, dan akan saya perbaharui begitu sudah lama menggunakan platform cms ini ya.

Keunggulan CMS Medium: 1. Punya peringkat Domain Authority yang tinggi, yaitu 95.
2. Tampilan yang clean dan sederhana membuat nyaman pembaca
3. Terdapat fitur mengikuti/ follow, sehingga sesama penulis bisa saling berjejaring.
4. Punya kualitas konten tinggi
5. CMS medium punya tingkat kompetisi yang rendah untuk pangsa pasar Indonesia, jadi cocok untuk penulis yang ingin melakukan branding karyanya di platform tersebut.

Kesimpulan

Intinya, Medium dibuat untuk membantu orang-orang punya media untuk berekspresi lewat tulisan. Para kreator di Medium didukung untuk menciptakan konten berkualitas tinggi agar bisa memberikan dampak baik untuk pembacanya. Itu saja untuk sekarang. Dan seperti biasa, semoga konten edukasi cms website ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai membangun website di cms Medium. 😊