No Bookmarks

Cara Hafal Kosakata Bahasa Inggris Tanpa Lupa

Kategori KontenMateri B.Inggris Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarStock Foto Canva Premium
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro mengenal tips menghafal dan menguasai kosakata b.inggris dengan tepat


Semua orang Indonesia kalau ditanya belajar bahasa Inggris gimana mulainya, mereka pasti bakalan kasih jawaban ini untuk kamu, yup; hafalin kosakata, yang banyak! :p

But the question is;
"Kenapa udah ngafal banyak kosakata bahasa inggris tapi lupa terus? Gimana solusinya?"
Nah, untuk menemukan jawabannya, mari simak pembahasannya di poin selanjutnya, yuk dipelajari.

Cara Mudah Hafal Kosakata Bahasa Inggris Tanpa Lupa

Buat kamu yang udah struggle alias usaha maksimal tapi selalu aja lupa, bukan karena kamu nggak bakat belajar bahasa Inggris, cara belajarnya aja mungkin yang belum tepat.

Saat ingin menghafal kosakata bahasa Inggris baru, ada sebuah clash / pertentangan di kalangan para pembelajar bahasa Inggris mengenai cara mana yang paling efektif;
"Menghafal & mengingat kosakata B.Inggris sebanyak mungkin dengan cepat
VS
memahami kosakata secara mendalam dan mengingatnya dalam jangka panjang?"
Saya tidak akan langsung menjawab mana yang tepat, tapi mari kita coba telaah kedua pilihan diatas, setelah itu barulah kita simpulkan bersama mana pillihan cara belajar yang seharusnya kamu ambil.

Pilihan Pertama

#1 Menghafal & Mengingat Kosakata Sebanyak Mungkin dengan Cepat
menghafal-kosakata-bahasa-inggris
1. Menghafal Kosakata Sebanyak Mungkin
Apakah Efektif?

Mari kita mulai dengan ilustrasi / cerita ketika dulu saya masih SMA. Di sekolah ada program wajib belajar b.inggris yang harus diikuti semua siswa. Programnya menghafal list kosakata b.inggris. Setiap sebulan sekali, kami diharuskan menyetor banyak kosakata b.inggris kepada guru b.inggris yang mengampu program tersebut

Percakapan murid dan plus minus program hafalan kosakata bahasa Inggris

A: Lo udah hafal berapa banyak kosakata slan?
B: Cuma hafal 10 doang, gung. Masih jauh dari target yang minimal setor 50 kosakata bulan ini. Elo gimana?

A: Sama, belum sampe target juga, baru hafal 50% doang. Yaudah, yuk dilanjut hafalannya sampe 50 kosakata.

B: Oke.

Studi Kasus:Pada tab percakapan murid, kita bisa melihat bahwa fokus murid adalah mencapai target 50 hafalan kosakata.
Kelebihan 1. Metode mengafal banyak kosakata sekaligus hanya cocok untuk pembelajar pemula
Kekurangan 1. Siswa hanya fokus pada memenuhi kuota hafalan saja tapi tidak memahi kosakatanya secara mendalam & cara penggunaannya

2. Kosakata yang dihafal mudah dilupakan begitu jumlah target kosakata sudah disetor kepada guru.

Efektifivitas Metode Belajar

Menghafal Banyak Kosakata B.Inggris Dengan Cepat

Kesimpulannya: menghafal banyak kosakata sekaligus memang bermanfaat untuk pemula, cukup, hanya itu saja. Tidak sebanding dengan kekurangannya, cuma fokus ngafal banyak kata tanpa tujuan & mudah dilupakan

3.0

Tidak Efektif

Mengingat5/10
Pemahaman4/10
Penguasaan3/10

Pilihan Kedua

#2 Memahami kosakata secara mendalam dan mengingatnya dalam jangka panjang
2. Memahami kosakata secara mendalam
Is Learning more effective than memorizing?

Berbeda dengan metode belajar yang hanya fokus menghafal kosakata sebanyak mungkin, di poin ini kita akan lebih berfokus pada objektif penguasaan sebuah bahasa, yaitu bagaiamana aku dan kamu bisa menguasai kosakata bahasa Inggris, menggunakannya dalam percakapan, & mengingatnya dalam jangka panjang.
Kelebihan Kledo
Mastering English Vocabulary: Fokus Pada Learning, Bukan Memorizing

1. Stay Relevance: Pelajari Kosakata Yang Bisa Kamu Praktekkan Dalam Keseharian

Maksud dari relevan disini bisa diartikan kalau kosakata yang ingin kamu pelajari nggak ada kaitannya dengan kegiatan keseharianmu ya percuma, nggak bakalan terpakai juga itu kosakatanya.

So, mulai sekarang, sebelum kamu pelajarin sesuatu, coba tanya diri sendiri dulu: "Kalau saya belajar kosakata ini, bakalan kepake nggak sih dalam keseharian?"

Well of course, saya yakin kamu bisa aja jadi overthinking buat seleksi kosakata mana aja yang relevan sama kegiatan keseharianmu, untuk itu, saya sudah mengkompilasi konten kosakata bahasa Inggris sesuai dengan konteks penggunaaannya. Jadi kamu bisa pilih konten kosakata mana yang dirasa penting dan bisa kamu praktekkan dalam keseharian, cek aja list-nya di fitur show-hide content ini;
List Kosakata B.Inggris


Loading....

2. Pelajari Penggunaan Kosakata B.Inggris Secara Mendalam

Wait, diksi mendalam disini bukan diartikan mesti riset, penelitian, dan hal-hal menyulitkan seperti itu ya. Tapi lebih kepada mempelajari kosakata secara menyeluruh, mulai dari arti, tata bahasanya apa, dan cara penggunaan kosakatanya bagaimana.

So, belajar kosakata itu nggak cukup tahu apa bahasa inggrisnya basa-basi, tapi kamu harus tahu gimana sih cara menggunakan kosakata tersebut.

Ilustrasi / Contoh:Sebagai ilustrasi, kita ambil dua pendekatan berikut ini dalam mempelajari kosakata b.inggris;
Ilustrasi #1 1. Blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. (B.Indonesia)

2. Blog is a regular record of your thoughts, opinions, or experiences that you put on the internet for other people to read. (B.Inggris)

Contoh kalimat:
Agung writes an English educational blog in which he shares vocabulary, dialogue, English tips, debate, and so on.

Terjemahan: Agung menulis blog tentang edukasi B.Inggris yang didalamnya ia membagikan konten kosakata, dialog, tips B.Inggris, debat, dan lainnya.
Ilustrasi #2 Ghosting: perilaku memutuskan sebuah hubungan dengan cara berhenti berkomunikasi / bertemu dengan orang lain

Contoh kalimat:
It feels terrible to be a victim of ghosting - Nggak enak deh rasanya jadi kobran ghosting tuh.

3. Spaced Repetition: Mengulang-ulang Praktek Sambil Memberi Jeda Saat Mempelajari Kosakata Baru

Penjelasan mudahnya, kalau kamu baru aja mempelajari salah satu konten kosakata b.inggris di website ini, pelajari apa arti katanya, latih buat kalimat, dan praktekkan dalam keseharian. Langkah terakhir, review / ulangi lagi praktek kosakata yang baru kamu pelajari sembari memberi jeda. How?

Misalnya hari ini kamu belajar kosakata B.Inggris Gaul Jaksel tentang Relatioship. Kamu bisa mengikuti skema latihan dibawah ini;
Senin: belajar kosakata baru dan latihan
Selasa: Jeda tidak latihan
Rabu: ulangi lagi pelajari dan praktek kosakata baru yang kamu pelajari di hari senin.
Kamis: jeda tidak latihan
Jumat: repetisi / ulangi kembali latihannya, dst.
Kenapa kamu harus memberikan jeda pada sesi belajarmu? Bukannya lebih bagus kalau hafalin ulang tiap 5 / 10 menit sekali ya biar kosakatanya nempel trus di otak? Well, saya nggak begitu setuju dengan asumsi tersebut karena berbenturan dengan cara dan proses belajar bahasa secara natural.

Karena pada prosesnya, cycle lupa dan ingat sangat sering terjadi saat mempelajari kosakata baru. Hari ini hafalin kosakata baru, besoknya lupa, besoknya ingat lagi, besoknya lupa lagi, dan besoknya begitu dilatih ingat lagi.

Siklus itu bisa diatasi dengan teknis spaced repetition ini. Itulah alasan kenapa kamu harus berlatih dengan memberi jeda sehari dan mengulang materinya kembali di hari berikutnya karena bisa membuat kita lebih mudah mengingatnya dalam jangka waktu panjang.

Well of course, kamu harus mempelajarinya dengan tepat, tahu arti dan cara penggunaannya dalam keseharian.

Efektifivitas Metode Belajar

Memahami Kosakata Secara Mendalam

Kesimpulannya: menghafal arti kosakata saja nggak cukup, kamu perlu tahu cara penggunaan kalimatnya, relevan dengan aktifitas keseharianmu, & perlu repetisi berkelanjutan, barulah kosakata baru yang dipelajari bisa terekam dalam memori otak untuk jangka waktu panjang

8.0

Efektif

Mengingat8/10
Pemahaman8/10
Penguasaan8/10

Kesimpulan

Sebagai penutup, konten ini sudah memberikan komparasi / perbandingan yang cukup objektif. Metode pertama lebih cocok untuk pembelajar bahasa Inggris yang baru benar-benar mulai belajar bahasa Inggris, belajar kosakata satuan cukup membantu. Namun untuk kamu yang sudah lama belajar, metode kedua lebih efektif karena bisa langsung dipraktekkan dalam percakapan keseharian.

Last but not least, semoga konten ini bermanfaat buatmu tetep semangat ya belajar bahasa Inggrisnya, dan sering-sering kembali ke website ini buat dapetin konten edukasi b.inggris lainnya secara gratis, spesial buat kamu. :)