No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Apa Itu Wordpress? Kelebihan & Kekurangannya

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik.com & Wordpress.org
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengenal apa itu cms Wordpress, sejarah, fungsi, fitur, kelebihan, dan kekurangannya

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin membuat website, pastinya kamu bingung harus pilih cms blogger.com atau wordpress.

Sekalipun saya sendiri pengguna cms blogger.com milik Google, tapi saya juga penasaran dan tertarik punya website di cms web lainnya seperti Wordpress.

Platform cms wordpress penggunanya sangat banyak, berdasarkan data dari Manaferra.com, jumlah market share pengguna cms Wordpress meningkat dari 42% menjadi 63,5% di tahun 2023!

Dari data diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa platform cms wordpress disukai banyak pengguna, baik itu orang Indonesia dan warga global di seluruh dunia. Tertarik mengenal cms satu ini lebih dekat lagi? Yuk simak ulasan selanjutnya.

Mengenal CMS Wordpress, Sejarah, Jenis, Fitur, Fungsi, Desain, Kelebihan, & Kekurangannya

Menyoal cms Wordpress, meski saya sudah kenal platform web ini sejak 2013, saya baru membuat website di Wordpress di tahun 2023 ini. Saya tertarik dengan fitur plugin, editor post, template, dan pemrograman di cms wordpress. Belajar hal baru terasa menyenangkan.

Notes:
Tidak jarang, setiap kali kumpul dengan bloger yang website-nya menggunakan wordpress, mereka suka sekali memaksa saya untuk memindahkan web ini ke cms kesukaan mereka. 😝

Tapi tenang saja, saya tidak akan melakukan migrasi website Daily Blogger Pro ke Wordpress. Saya lebih memilih membuat website baru di Wordpress ketimbang harus memindahkan website ini. Karena saya suka dengan cms blogger.com milik Google dan tertarik menjadi pengembang plugin dan tema blogspot.

Apa Itu Wordpress?

Penjelasan mudahnya, Wordpress adalah Content Management System (CMS) yang bersifat terbuka (Open Source) yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuat website atau blog dengan mudah tanpa perlu mahir koding.

Infrastruktur cms wordpress dibangun dengan bahasa pemrogramam PHP dan database MySQL. Jadi tidak heran kalau cms ini punya banyak fitur web atau plugin serba otomatis yang memanjakan penggunanya. Tinggak sekali klik, nggak perlu koding, plugin terinstall.

Sejarah CMS Wordpress

Wordpress pertama kali dibuat oleh Matt Mullenweg (seorang pengembang asal Amerika) pada tahun 2003 bersama temannya Mike Little. Nama WordPress terinspirasi dari ide Christine Selleck (Temannya Matt).

Di versi awal wordpress, cms ini sudah memiliki desain User Interface, template, dan XHTML terbaru yang cukup modern pada masanya. Kemudian Wordpress menambahkan fitur plugin yang banyak disukai penggunanya. Tanpa coding, pengguna bisa menginstall fitur website canggih apapun. Dan di tahun 2023, sudah ada lebih dari 59 ribu plugin, optimisasi tampilan, keamanan, dan versi Wordpress 6.2 terbaru yang bisa dinikmati pengguna.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Sudah memutuskan membuat website atau blog di Wordpress memang bagus. Tapi ya jangan salah pilih tipe Wordpressnya juga, kalau kamu pamer bikin website di Wordpress ke temenmu tapi nyatanya bikinnya di Wordpress.com, ya fiturnya terbatas, nggak beda jauh dengan blogger.com atau medium. Soalnya Wordpress punya 2 tipe, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

2 Jenis Wordpress yang Harus Kamu Tahu :
  • 1. Wordpress.com

    WordPress.com adalah cms wordpress yang fiturnya dibatasi, baik dari segi resource sumber daya dan fleksibilitasnya. Meski wordpress.com juga dibuat oleh Matt Mullenweg, platform ini hanya cocok untuk kamu yang ingin membuat blog atau website gratisan karena fokusnya hanya menulis konten saja, soalnya kamu tidak bisa install plugin dan tema, kecuali kamu upgrade paket plan bisnis. Jika tidak upgrade, ya kapasitas sumber daya yang kamu dapat hanya 1GB dan domainnya masih menggunakan wordpress.com, jelas terlihat kurang profesional. Dan minusnya; website milikmu bisa dihapus oleh pihak Wordpress sewaktu-waktu.

  • 2. Wordpress.org

    Berbeda dengan wordpress.org, kamu punya kontrol penuh atas website milikmu. Bebas mengatur dan mengganti tampilan website, gonta-ganti plugin sepuasnya, integrasi google analytics, payment gateway untuk web toko online bisa dilakukan, dan bagian terbaiknya adalah website jadi 100% milikmu khawatir sewaktu-waktu WordPress menghapus website milikmu seperti yang terjadi pada pengguna wordpress.com.

Jenis Website yang Bisa Dibuat di Wordpress

Berbeda dengan cms blogger.com atau wordpress.com yang hanya cocok untuk membuat blog pribadi. Kalau kamu menggunakan cms Wordpress.org, kamu bisa membuat website berikut ini:

Jenis-jenis website wordpress :
  • Blog Pribadi
  • Website Toko Online
  • Website Landing Page Bisnis
  • Website Portofolio
  • Website korporasi dan bisnis
  • Website membership.
  • Website video e-course.
  • Website marketplace
  • Website berita
  • Website forum
  • Dan masih banyak lagi

Dukungan Plugin dan Fitur Web di CMS Wordpress

Semua platform blogging dan website pastinya dilengkapi dengan semacam fitur atau plugin, Wordpress memiliki lebih dari 60.000 plugin yang bisa kamu install. beberapa fitur dasar yang bisa kamu gunakan seperti;

Fitur / Plugin di Wordpress :
    1. Visual Composer – Page Builder
    2. WooCommerce – Toko Online
    3. Yoast SEO – Optimasi Website
    4. Contact Form 7 – Formulir Kontak
    5. MemberPress – Website Membership
    6. bbPress – Website Forum
    7. HubSpot – CRM
    8. UpdraftPlus – Backup Website
    9. Jetpack – Keamanan Website
    10. LiteSpeed Cache – Kecepatan Loading
    11. Akismet Spam Protection – Pencegahan Spam
    12. Wordfence – 2FA
    13. Smash Balloon – Media Sosial
    14. MonsterInsights – Google Analytics
    15. MailChimp for WordPress – Newsletter
    16. Dan masih banyak lagi

Kelebihan & Kekurangan CMS Wordpress

Kelebihan 1. Hemat Biaya (Jika memilih domain dan hosting paket murah)
2. Desain template web banyak & gratis
3. Komunitas yang besar, 63,5% penduduk dunia menggunakan Wordpress
4. Instalasi mudah
5. Kaya akan fitur dan plugin
6. Ramah SEO
7. Mobile friendly
8. Update mudah
9. Bisa diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga
Kekurangan 1. Keamanan kurang
2. Loading website lambat
3. Sewa hosting mahal jika website membutuhkan sumber daya lebih
4. Proses instalasi manual dan tidak mudah untuk pengguna baru

Kesimpulan

Dari awal perilisannya, Wordpress memberikan pengalaman yang berbeda dalam membuat dan mengelola website di platform cms miliknya. Belum lagi fleksibilitas instalasi plugin, desain website, dan integrasinya sangat mudah. Tidak heran cms ini banyak disukai banyak pengguna meski terkadang ada sebagian kecil orang yang overproud dan menjelekkan orang lain yang tidak menggunakan wordpress (yang ini jangan dicontoh ya 😝)

Jika tertarik untuk membuat website di Wordpress, kamu bisa baca panduannya di Daily Blogger Pro lewat konten berikut ini:

Dan seperti biasa, semoga konten edukasi cms website ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai membangun website di cms wordpress. 😊