No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Impromptu Motion Dalam Lomba Debat?

Topik KontenJenis Mosi Debat
Kategori KontenKelas Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Lomba Debat B.Indonesia di SMAN 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar tahu salah satu jenis mosi dalam lomba debat b.inggris

Kalau sebelumnya kita sudah membahas apa itu prepared motion, sekarang kita bahas jenis mosi kedua, yaitu Impromptu motion.

Jadi, apa itu impromptu motion? Bedanya apa dengan prepared motion? Yuk kita bahas!

Mengenal Apa Itu Impamptu Motion

Penjelasan mudahnya, impromptu motion adalah jenis mosi debat yang daftar topiknya dirahasiakan dan tidak akan diberitahukan kepada para peserta lomba debat. Panitia hanya baru akan merilis motion-nya di hari H lomba debat.

Apakah Ada Bocoran Tema Umum untuk Impromptu Motion?

Jawabannya, tidak ada bocoran sama sekali. Tapi saya punya tips yang sedikit bisa membantu kamu, biasanya dewan juri suka memilih mosi berdasarkan isu terkini atau status quo.

Misalnya saja sekarang sedang ramai soal investasi kripto di kalangan investor ritel yang kebanyakan didominasi semua umur mulai dari baby boomer, millenial, hingga gen-z. Jika dibuat mosi; THBT bitcoin and all crypto currency is illegal in Indonesia.

Itu hanya contoh. Ada banyak kasus terkini / status quo yang bisa saja terjadi pada rentang waktu dekat tanggal pelaksanaan lomba, gunakan isu tersebut untuk latihan debat bersama tim kamu, siapa tahu ada 1 atau 2 mosi yang temanya diangkat dari isu terkini.

Penutup

Sekarang kamu tahu ya apa itu impromptu motion ya. Jadi, kalau nanti kamu ikut lomba debat dan panitianya bilang jenis mosi yang dipakai adalah impromptu motion, kamu dan tim debatmu baru akan tahu apa topik debatnya di hari H pertandingan. Well, semoga konten ini bermanfaat buatmu ya.