No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Juri N1 & Tugasnya di Lomba Debat?

Topik KontenN1 Adjudicator
Kategori KontenKelas Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Lomba Debat B.Indonesia di SMAN 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar tahu apa itu juri N1 beserta tugasnya dalam lomba debat bahasa Inggris & Indonesia

Dalam lomba debat, aktor / pihak yang terlibat tidak hanya ada debater dan panitia lomba saja, tapi ada yang namanya juri.

Juri sendiri dibagi menjadi 2, ada juri official yang telah disiapkan penyelenggara lomba debat dan ada juga juri N1 (N1 Adjudicator).

Nah, di konten kali ini, saya ingin mengenalkanmu apa itu N1 adjudicator, tugasnya, dan siapa saja yang bisa menempati posisi N1 adjudicator di sebuah lomba debat akan dibahas tuntas di artikel ini, yuk disimak!

Mengenal Apa Itu N1 Adjudicator, tugas, Sistem Pemilihan, & Mekanisme Kerjanya Dalam Lomba Debat

Oke, kita akan membahas beberapa hal, pertama; apa itu N1 Adjudicator, kedua; tugas N1 adjudicator, ketiga; sistem pemilihan N1 adjudicator berdasarkan lomba debat yang diselenggarakan dan pembahasan lainnya akan dibahas tuntas disini. Mari kita mulai bahas!

Pengertian Apa Itu N1 Adjudicator Dalam Lomba Debat B.Inggris

Penjelasan mudahnya, N1 Adjudicator atau juri N1 adalah calon juri yang statusnya juga peserta lomba dan diambil dari perwakilan tim peserta debat.

Tugas N1 Adjudicator Dalam Lomba Debat B.Inggris

Tugas juri N1 adalah melakukan penjurian atau penilaian bersama dengan juri utama dari tim pelaksana lomba debat (NUDC, NSDC, LDBI, KDMI, dll) untuk menentukan siapa tim / debater yang layak dimenangkan maju ke babak selanjutnya dalam lomba debat.

Cara Kerja N1 Adjudicator & Sistem Seleksinya Dalam Lomba Debat

Oke, sekarang saya akan memberikan gambaran bagaimana para calon juri N1 bertanding dalam lomba debat. Jadi, yang bertanding tidak hanya debater, kamu yang jadi juri N1 pun juga ikut bertanding dengan sesama juri N1 lainnya. Begini mekanismenya:
1. Melakukan akreditasi juri N1 di hari pertama. (Silahkan baca: 3 jenis level akreditasi juri N1)

2. Setelah akreditasi selesai, juri N1 akan menjuri di babak penyisihan

3. Setelah 1 ronde debat selesai, ketua juri akan memimpin kuorum / diskusi dengan wakil dan juri N1 untuk membahas hasil debat

4. Dalam diskusi, juri N1 diharapkan untuk menyampaikan hasil tim mana yang menang & justifikasi alasan logisnya kepada ketua juri. Agar bisa memberikan penilaian yang baik dan objektif, kamu harus menguasai skill juri N1 tentunya. (Baca: Skill yang harus dikuasai juri N1 di lomba debat)

5. Jika juri N1 sudah selesai berdiskusi dan presentasi hasil debatnya kepada ketua juri, selanjutnya kuorum ditutup dan debater akan dipanggil masuk ke ruangan.

6. Ketua juri (bisa diisi oleh juri official atau juri N1 dengan akreditasi tertinggi) akan mempresentasikan penilaian verbal (verbal adjudication) dengan 3 layer; komentar umum, hasil pertandingan, dan justifikasi yang melandasi keputusan dewan juri.

7. Penjurian selesai, para juri N1 akan dinilai oleh ketua juri (Hasilnya akan diserahkan kepada core adjudicator atau ketua juri utama di lomba debat, dia yang akan merubah status akreditasi juri N1 untuk setiap ronde debatnya).

8. Tunggu pengumuman mosi debat dan hasil penilaian akreditasi juri N1 yang kamu dapatkan untuk ronde debat selanjutnya.

Kira-kira begitu cara kerja N1 adjudicator bertanding dengan sesama juri N1 dari sekolah / kampus lainnya.

Siapa Saja yang Bisa Menjadi N1 Adjudicator Dalam Lomba Debat B.Inggris?

Ada beberapa orang yang bisa menempati posisi juri N1, agar lebih mudah, saya bagi berdasarkan jenis dan tingkatan lomba debatnya ya. Ini dia ulasannya:
NUDC & KDMI: Ini adalah lomba debat untuk tingkat universitas, N1 adjudicatornya diambil dari dosen dan mahasiswa (Diutamakan untuk yang punya pengalaman di bidang lomba debat).

NSDC & LDBI: ini adalah lomba debat untuk tingkat SMA, N1 adjudicatornya diambil dari guru aktif yang memiliki pengalaman debat, menjadi pembina klub eskul debat, atau pernah menjadi juara lomba debat.

Bagaimana Proses Awal Pencalonan / Pemilihan Juri N1 Sebelum Didaftarkan ke Lomba Debat?

Setelah tahu siapa saja yang bisa menjadi juri N1, sekarang kita bahas proses pemilihan awal sebelum pendaftaran juri N1 di lomba debat ya. Ini mekanismenya:
NUDC & KDMI: juri N1 dipilih melalui seleksi debat yang diadakan oleh internal kampus. Jadi pihak Ristekdikti, Puspresnas, & BPTI menganjurkan pihak kampus mengadakan seleksi lomba debat tingkat internal lebih dulu, misalnya juara 1-3 beserta best speakernya akan mendapatkan pelatihan tambahan untuk menentukan siapa yang jadi 2 debater dan 1 juri N1.

NSDC & LDBI: untuk pemilihan juri N1 di lomba debat tingkat SMA tidak se-fleksibel kampus, karena guru sekolah yang dipilih adalah 1) guru yang berasal dari perwakilan best speaker yang lolos NSDC / LDBI tingkat provinsi, 2) Jelas, karena ada 3 best speaker yang bisa saja datang dari 3 sekolah berbeda, sedangkan juri N1 jumlahnya hanya 1 (biasanya 1, jika ada perubahan di masa mendatang sangat memungkinkan; misal disesuaikan dengan jumlah debaternya; 3 orang juri N1), yang perlu diperhatikan, juri N1 akan ditunjuk oleh pihak dinas provinsi masing-masing, bisa dari perwakilan best speaker yang lolos ke nasional atau diluar itu, sesuai kebijakan dinas provinsi terkait.

Berapa Kali N1 Adjudicator Turut Serta Menjuri Peserta Lomba Debat?

Well, jawabannya juri N1 bisa menjuri dari babak penyisihan hingga babak final. Ingat dengan status juri N1? Iya, N1 adjudicator statusnya memang "peserta", dan jika kamu mendapatkan level akreditasi yang bagus, kamu layak lolos dan bisa menjuri hingga babak final bersama tim juri official.

Apakah Juri N1 Berpeluang untuk Memenangkan Kampus atau Sekolahnya Sendiri?

Well, I have to say: NO! Semua juri N1 akan ditempatkan di ruangan debat yang berbeda dari debaters kampus atau sekolah asalnya. Dengan begitu, juri N1 tidak berpeluang memenangkan kampus atau sekolahnya sendiri.

Jika Juri N1 kebetulan menjuri kampus atau sekolahnya sendiri, meski ini kasuistis, akan ada mekanisme khusus yang membuat penilaian dari juri N1 agar tidak bias memihak sekolah / kampusnya sendiri dengan menyediakan juri N1 dari institusi lain dan tim juri official agar penilaian tetap bisa objektif.

Penutup

Dengan membaca artikel ini, saya harap kamu yang akan jadi juri N1 baik itu di lomba debat tingkat SMA dan Universitas bisa lebih siap ya. Anggap saja konten ini sebagai bekal awal yang bisa kamu persiapkan sebelum mulai bertanding sebagai juri di lomba debat. Well, semoga bermanfaat ya.