No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

6 Skill yang Harus Dikuasai Juri N1 di Lomba Debat

juri debat bahasa inggris format british parliamentary
Dokumentasi pribadi saat jadi juri lomba debat b.inggris format British Parliamentary

Topik KelasEnglish Debate
Kategori KontenMateri Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar siap menjadi juri N1 di lomba debat b.inggris dan b.indonesia (NUDC, NSDC, LDBI, KDMI, dan lomba debat lainnya).

Disclaimer; konten ini adalah panduan untuk kamu yang terpilih menjadi kandidat peserta lomba debat NUDC, NSDC, LDBI, atau KDMI yang menempati posisi sebagai N1 Adjudicator / juri N1.

Meskipun panduan ini ditujukan untuk N1 Adjudicator, tapi kamu yang menjadi juri resmi dalam lomba debat apapun tetap bisa menggunakan konten ini sebagai panduan dasar agar bisa memberikan penilaian performa debat yang fair dan objektif.

6 Skill yang Harus Kamu Kuasai & Miliki sebagai Juri N1 di Lomba Debat

Saat kamu membaca artikel ini, saya anggap kamu sudah tahu apa itu juri N1 dan tugasnya dalam lomba debat serta sudah tahu bagaimana penerapan level akreditasi juri N1 ya, jika belum tahu, silahkan baca dua artikel tersebut di website ini dulu ya. Kalau kamu sudah membacanya, bisa langsung lanjut ke-6 skill-set yang harus dimiliki N1 adjudicator.

1. Paham Dasar-dasar Lomba Debat Parlementer

Sebagai calon juri N1, sudah seharusnya kamu tahu sistem debat parlementer yang diterapkan pada lomba debat saat ini, seperti; asian, british, dan australian parliamentary debate format.

Dengan mengetahui mekanisme format debat parlementer yang digunakan dalam sebuah lomba debat, kamu bisa menjuri tim debat dengan maksimal dan objektif. Karena beda sistem debat, beda peran pembicara, sistem penilaian, alur presentasi debat, dan jumlah timnya.

So, paham sistem parlementer debat adalah sebuah keharusan untuk juri N1 ya.

2. Paham pembagian skor victory point

Dalam lomba debat, tim yang menang mendapatkan victory point (VP). Beda sistem debat, beda pula jumlah vitory point yang diberikan kepada tim yang menang. Itulah sebabnya kamu perlu menguasai poin pertama sebelumnya agar tidak salah memberikan jumlah VP.

3. Bisa menilai performa debat dengan fair berdasarkan argumen dari peserta

Sebagai juri N1, kamu akan menggunakan rubrik penilaian yang sama dengan juri resmi dari penyelenggara lomba debat, itu sebabnya N1 adjudicator diharapkan bisa memberikan penilaian yang objektif, adil tidak bias memihak sekolah / kampus sendiri / mitra, dan fokus memberikan penilaian sebagaimana argumen yang dipresentasikan oleh para debater.

4. Mampu memberikan penilaian verbal saat pertandingan debat berakhir

Penilaian verbal / verbal adjudication meskipun tidak semua lomba menerapkan mekanisme ini, kamu sebagai juri N1 harus memiliki skill verbal adju yang baik, siapa tahu kamu nantinya akan menjadi juri N1 di NUDC dimana lomba ini menggunakan sistem debat British parliamentary dan juri N1 diharuskan menyampaikan presentasi penilaian verbal kepada 4 tim yang baru saja kamu nilai.

5. Punya kemampuan komunikasi yang bagus untuk melakukan diskusi dengan N1 adjudicator lainnya

Oke, anggap saja kamu mendapatkan akreditasi juri N1 level tertinggi di lomba debat, jika kamu mendapatkan akreditasi tinggi, besar kemungkinannya kamu akan menjadi ketua juri di babak penyisihan / babak lainnya, disini, sebagai ketua juri kamu harus bisa berdiskusi dengan juri N1 lainnya yang akreditasinya dibawahmu untuk membahas performa perdebatan yang baru saja selesai kalian nilai.

Kamu juga harus memperhatikan semua input masukan dari juri N1 lainnya, jika ada juri N1 potensial yang layak mendapat akreditasi lebih, kamu bisa ajukan rekomendasi promosi ke pihak penyelenggara.

Intinya, sebagai ketua juri, komunikasimu harus baik dan bisa mempresentasikan hasil diskusi dewan juri kepada para peserta debat terkait siapa tim yang menang, kalah, dan justifikasi yang melandasi keputusan tersebut.

6. Paham dengan mosi yang diperdebatkan

Tidak hanya debater, juri N1 juga harus paham dengan mosi debat yang dipertandingkan ditiap rondenya. Dengan memahami mosi debat, latar belakang masalah, fokus tujuan yang diinginkan mosi, kamu sebagai juri akan lebih mudah dalam menilai argumen dari debater.

Kesimpulan

Panduan ini kami buat agar kamu yang terpilih menjadi juri N1 bisa siap atau setidaknya tahu gambaran awal seperti apa sih skill yang harus dimiliki juri N1 dari representasi peserta lomba debat. Akhir kata, semoga panduan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. :)