No Bookmarks

Jadi Juri N1 Lomba Debat British Parliamentary? Kuasai Skill Ini!

juri debat bahasa inggris format british parliamentary
Dokumentasi pribadi saat jadi juri lomba debat b.inggris format British Parliamentary

Topik KelasEnglish Debate
Kategori KontenMateri Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar siap menjadi juri N1 di lomba debat b.inggris NUDC & lomba format British Parliamentary lainnya.

Let me clear one thing in here; konten ini adalah panduan untuk kamu yang terpilih menjadi kandidat debaters untuk lomba debat NUDC yang menempati posisi sebagai N1 Adjudicator.

Meskipun panduan ini ditujukan untuk N1 Adjudicator, tapi kamu yang menjadi juri resmi dalam lomba debat apapun tetap bisa menggunakan konten ini sebagai panduan dasar agar bisa memberikan penilaian performa debat yang fair dan objektif.

Apa Itu N1 Adjudicator?

N1 Adjudicator adalah juri yang diambil dari perwakilan tiap peserta debat yang mengikuti NUDC setiap tahunnya. Seperti yang kita ketahui, perwakilan peserta terdiri dari 3 orang yang diberi 2 tugas berbeda;

1. Dua orang menjadi debaters
2. 1 orang menjadi N1 Adjudicator


Meskipun N1 adjudicator bukan juri resmi yang diundang Puspresnas / Kemenristekdikti secara langsung, namun N1 tetap memiliki tugas seperti juri official. Kenapa demikian?

Karena pada pelaksanaannya, juri resmi dan juri N1 akan melakukan penjurian bersama ketika lomba debat berlangsung.

Apakah Juri N1 Berpeluang untuk Memenangkan Kampusnya Sendiri?

Well, I have to say: NO! Semua juri N1 akan ditempatkan di ruangan debat yang berbeda dari debaters kampus asalnya. Dengan begitu, juri N1 tidak berpeluang memenangkan kampusnya sendiri.

Jika Juri N1 kebetulan menjuri kampusnya sendiri, ada mekanisme khusus yang membuat penilaiannya tidak bisa mempengaruhi hasil pertandingan debat. Karena yang menentukan pemenangnya adalah juri resmi, yaitu chair dan panel adjudicator.

Berapa Kali N1 Adjudicator Turut Serta Menjuri Peserta Lomba Debat NUDC?

Well, normalnya 3x. Yaitu pada preliminary / babab penyisihan pertama, kedua, dan ketiga. Untuk quarterfinal, semifinal, dan babak final, hanya juri N1 yang mendapatkan skor / performa tinggi saja yang bisa lanjut menjuri di babak kualifikasi atas.

Sesi Assesment Khusus untuk Juri N1 NUDC

Di hari pertama lomba debat NUDC, akan diadakan dua workshop untuk kategori debaters dan adjudicators. Kita fokus ke workshop adjudicator, setelah workshop selesai, tim official NUDC (biasanya di-inisiasi core adjudicator) akan mengadakan simulasi debat yang komposisi timnya diambil dari tim juri official / debaters affiliasi NUDC.

Simulasi debat ini ditujukan untuk juri N1. Kamu, sebagai juri N1 diharuskan melakukan penilaian performa skor dari simulasi debat tersebut.

Hasil penilaian kamu inilah yang akan ditinjau ulang oleh ketua juri official (Core adjudicator) untuk menentukan level juri yang akan kamu dapatkan. Level juri & uraiannya akan dibahas pada poin selanjutnya.

3 Level Juri N1 yang Harus Kamu Ketahui

Sebelumnya, saya sudah memberitahu bahwa hanya juri N1 yang memiliki performa terbaiklah yang bisa lanjut menjuri ke tahap quarterfinal hingga final. Untuk meraih pencapaian tersebut, kamu harus mengetahui 3 level juri N1 berikut agar peluangmu lolos makin tinggi.

1. Trainee Adjudicator

Trainee adjudicator adalah level juri kelas pemula. Sekalipun kamu mendapat level trainee, kamu akan dilibatkan untuk menjuri lomba debat b.inggris bersama juri official.

Yang perlu diingat disini, kamu nggak punya hak suara / power untuk mempengaruhi hasil pertandingan debat. Tapi jangan berkecil hati ya, chair dan panel adjudicator akan melibatkan kamu dalam sesi kuorum penilaian performa lomba debat.

Untuk apa? Untuk menilai bagaimana kamu menilai pertandingan debat mulai dari awal hingga akhir. Kalau chair adjudicator menilaimu bagus, kamu bisa dipromosikan untuk naik ke level juri berikutnya, yaitu panel adjudicator.

2. Panel Adjudicator

Ini adalah juri level menengah, bisa kita sebut juga sebagai wakil dari juri official / ketua juri. Karena kamu jadi juri panelist, kamu punya peran lebih dimana suaramu bisa mempengaruhi hasil pertandingan debat.

Setelah sesi kuorum dengan trainee adjudicator selesai. Kamu dan chair adju akan berdiskusi kembali untuk membahas skoring dan performa debat peserta. Disini kamu bisa menunjukkan hasil penilaianmu pada chair adju.

Kalau performamu bagus. Kamu bisa dipromosikan menjadi chair adjudicator di babak penyisihan ketiga. Menarik, bukan?

3. Chair Adjudicator

Ini adalah level juri paling tinggi sebagai juri N1. Meskipun kamu bukan juri official yang diundang pemerintah, kamu bisa menempati posisi yang sama sebagai chair adjudicator di babak penyisihan dan babak selanjutnya.

Tugas kamu sebagai chair adjudicator adalah memimpin kuorum para trainee dan berdiskusi dengan panelmu. Setelah itu, begitu sudah ada hasil pemenangnya. Kamu harus menyampaikan penilaian verbal kepada peserta mengenai performa debat & hasilnya.

Skill Juri Debat yang Harus Kamu Kuasai & Miliki

Setelah mengetahui semua dasar menjadi juri N1 di lomba debat NUDC dengan format debat British. Sekarang, saatnya menyiapkan dan menempa diri untuk menguasai softskill dan hardskill juri lomba debat b.inggris.

Skill set jurinya akan diulas seringkas mungkin agar kamu yang baru menjadi juri N1 bisa memahaminya dengan mudah. Silahkan disimak:

1. Paham dasar-dasar debat parlementer british
2. Paham pembagian skor victory point
3. Bisa menilai performa debat dengan fair berdasarkan argumen dari peserta
4. Mampu memberikan penilaian verbal saat pertandingan debat berakhir
5. Punya kemampuan komunikasi yang bagus untuk melakukan diskusi dengan trainee dan panel adjudicator
6. Paham dengan mosi yang diperdebatkan

Kesimpulan

Panduan ini kami buat agar kamu yang terpilih menjadi juri N1 bisa siap atau setidaknya tahu gambaran awal seperti apa sih jadi juri N1 dari representasi peserta lomba. Akhir kata, semoga panduan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. :)