Panduan Sistem Lomba Debat Bahasa Inggris Asian Parliamentary Yang Wajib Kamu Ketahui

Credit: Dokumentasi Pribadi Saat Penulis Menjadi Juri Lomba Debat Bahasa Inggris National School Debating Championship 2018
Apakah kamu ingin mengikuti lomba debat bahasa inggris? Atau kamu adalah panitia lomba debat bahasa Inggris? Besar kemungkinan, baik itu calon peserta dan panitia akan menyepakati satu hal, yaitu sistem debat apa yang akan digunakan dalam lomba debat bahasa Inggris?

Sebenarnya ada banyak sistem debat parlementer yang sering digunakan dalam debat bahasa Inggris, namun tidak menutup kemungkinan debat parlementer juga bisa diadopsi untuk lomba debat bahasa Indonesia.

Dalam blog post ini, saya ingin berbagi informasi denganmu mengenai panduan dasar dan aturan spesifik yang digunakan lomba debat bahasa Inggris yang menggunakan parlementer Asia (Asian Parliamentary Debate).

Langsung saja, berikut panduan dan aturan dasar yang sering diterapkan dalam sistem debat parlementer Asia.

Panduan dan Aturan Dasar Debat Parlementer Asia (Asian Parliamentary Debate)

1. Ada dua tim, tim pro dan kontra. Tim pro atau tim afirmatif punya tugas untuk setuju dengan mosi yang diperdebatkan, sebaliknya, tim kontra atau oposisi, tugasnya adalah tidak setuju dengan mosi atau topik debatnya. Jadi, kamu harus menyesuaikan argumen tim debatmu sesuai dengan posisi yang kamu dapatkan ya. Kalau mosinya membahas pelarangan merokok di sekolah, tim pro harus setuju dan mebuat argumen mengenai pelarangan rokok di sekolah, begitu juga sebaliknya.

2. Peserta debat tidak diperkenankan menggunakan ponsel untuk mencari materi debat selama berlangsungnya perlombaan, umumnya, pihak panitia akan menyiapkan seseorang yang kita kenal dengan istilah Liason Officer (LO) yang akan memastikan peserta tidak menggunakan ponsel dari awal hingga akhir perlombaan dengan cara menyimpan ponsel peserta selama perlombaan. Peserta hanya diperbolehkan membawa materi dalam bentuk artikel, jurnal, koran, kamus, buku, dan referensi cetak lainnya.

3. Peserta dari tim pro dan kontra memiliki kesempatan untuk menyampaikan argumennya sesuai waktu yang sudah ditentukan. Untuk pembicara inti, pembicara 1, 2, dan 3 punya kesempatan menyampaikan argumennya selama 7 menit 10 detik, batas maksimalnya adalah 7 menit 30 detik. Untuk pembicara simpulan (reply speaker), waktunya adalah setengah dari pembicara inti yaitu 4 menit.

4. Peserta dari tim pro dan kontra memiliki hak untuk menyampaikan interupsi pada lawan tim. Peserta bisa menyampaikan interupsi ketika tim lawan sudah menyampaikan argumen selama 1 menit, dan batas akhir interupsi adalah sebelum menit ke 6. Itu berarti, interupsi sebelum 1 menit dan setelah 6 menit tidak akan diterima. Kamu akan diberi tanda oleh Liason Officer kapan kamu boleh memulai interupsi dan kapan kamu harus berhenti menyampaikan interupsi.

5. Juri harus berjumlah ganjil. Bila jumlah juri banyak, juri dalam 1 ruang bisa terdiri dari 3 orang. Bila juri terbatas, 1 juri untuk 1 ruang sudah dirasa cukup dan memadai untuk melangsungkan lomba debat.

6. Pelatih, tim pendukung, dan semua orang yang punya hubungan dengan peserta debat tidak boleh membantu selama perlombaan. Untuk panitia, pastikan peserta tidak ada yang dibantu oleh pihak yang saya sebutkan, berdasarkan pengalaman pribadi, karena keterbatasan panitia, pelatih atau tim pendukung bisa mencari celah untuk membantu tim dari kampusnya. Biasanya pelatih dan tim pendukung mencari celah sewaktu beberapa saat begitu mosi sudah dipublikasikan, tiap tim akan bergegas menuju ruangan, celah ini yang biasanya digunakan untuk berbuat curang.

7. Peserta diberi waktu 30 menit untuk menyusun materi atau case building dengan anggota timnya. Untuk tim pro bisa menyusun materi didalam ruangan, untuk tim kontra bisa menyusun diluar ruangan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan peserta supaya mereka bisa berkonsentrasi dalam membuat argumen timnya masing-masing. Begitu 30 menit berlalu, lomba debat akan dimulai.

8. Juri memiliki tugas untuk memberikan penilaian dalam susunan struktur baku berikut ini: memberikan komentar umum tentang jalannya perdebatan, menentukan pemenang, dan alasan yang melatarbelakangi tim yang menang dan kalah. Peserta bisa menanyakan masukan seusai penjurian namun hasil penjurian tidak bisa diubah. 

9. Terakhir, peserta harus datang tepat waktu. :)

Sebagai penutup, saya ucapkan selamat untukmu, sekarang, kamu sudah tahu panduan dan aturan dasar sistem debat bahasa Inggris parlementer asia. So, buat kamu yang berniat jadi peserta lomba debat atau ingin menggagas lomba debat di kampusmu, kamu bisa gunakan panduan ini untuk acuan lombamu ya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dan kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya pada teman-temanmu lewat sosial media.

Click to comment