No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Panduan Sistem Debat Asian Parliamentary untuk Debater

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Asian Parliamentary
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa memahami sistem debat parlementer Asia


Apakah kamu ingin mengikuti lomba debat bahasa inggris? Atau kamu adalah panitia lomba debat bahasa Inggris? Besar kemungkinan, baik itu calon peserta dan panitia akan menyepakati satu hal, yaitu sistem debat apa yang akan digunakan dalam lomba debat bahasa Inggris?

Sebenarnya ada banyak sistem debat parlementer yang sering digunakan dalam debat bahasa Inggris, namun tidak menutup kemungkinan debat parlementer juga bisa diadopsi untuk lomba debat bahasa Indonesia.

Dalam blog post ini, saya ingin berbagi informasi denganmu mengenai panduan dasar dan aturan spesifik yang digunakan lomba debat bahasa Inggris yang menggunakan parlementer Asia (Asian Parliamentary Debate).

Langsung saja, berikut panduan dan aturan dasar yang sering diterapkan dalam sistem debat parlementer Asia.

Mengenal Sistem Asian Parliamentary Debate Format

Di konten kelas awal ini, kami akan mengenalkanmu dengan apa itu sistem debat parlementer asia, karakteristiknya, jumlah tim dalam lomba debatnya, bagaimana alur jalannya perdebatan dalam 1 ronde debat, peran pembicara yang harus dipenuhi kualifikasinya, dan skill debat yang harus kamu kuasai.

1. Apa Itu Asian Parliamentary Debate Format?

Asian parliamentary debate adalah sistem debat bahasa Inggris bergaya Parlementer Asia yang fokus pada debat akademis berbahasa Inggris.

2. Karakteristik / Ciri-ciri Sistem Debat Parlementar Asia

Setiap format debat punya ciri khasnya masing-masing, begitu juga dengan British Parliamentary Debate Format, sistem ini juga punya pola khusus yang harus kamu pahami agar bisa mengikuti jalannya lomba perdebatan dengan benar. Silahkan baca ringkasan karakteristik sistem debat Asian dibawah ini ya;

Ciri-ciri Sistem Debat Parlementer Asia Yang Harus Kamu Tahu!

A. Setiap pembicara memiliki waktu 7 menit 20 detik untuk presentasi argumen debat
Saat kamu mendapatkan giliran maju ke podium, kamu bisa mempresentasikan argumen yang sudah kamu buat kepada audien (juri, tim lawan, & penonton) selama 7 menit 20 detik.

B. Waktu case building 30 menit
Apa itu case building? Mudahnya, case building adalah sesi dimana kamu dan rekan debatmu diberikan waktu 30 menit untuk membuat kerangka debat & argumen untuk dipresentasikan kepada juri. Jika waktu 30 menit habis, kamu sudah tidak diperbolehkan membuat argumen lagi, karena debat akan dimulai.

C. Jumlah Tim Yang Bertanding Sekali Debat Hanya Ada 2 Tim
Berbeda dengan format debat British, pada format debat Asian Parliamentary, hanya ada 2 tim yang akan bertanding dalam sekali ronde debat, 1 tim pro & 1 tim kontra. Masing-masing tim terdiri dari 3 pembicara. (Untuk lebih jelasnya, akan dibahas pada poin pembahasan tim debat di uraian selanjutnya)

D. Tugas Dari Masing-masing Tim
Tim pro (goverment) bertugas mendukung / setuju dengan mosi yang diperdebatkan. Sebaliknya, tim kontra (opposition) bertugas menentang / tidak setuju dengan topik debat (motion)

E. Kedua Tim Saling Berkompetisi Memperebutkan Victory Point & Skor Tertinggi
Sesuai ulasan pada poin sebelumnya, ada 2 tim dalam 1 ronde debat. tim pro dan kontra akan saling berkompetisi untuk memperebutkan poin pemenangan (victory point). Selain VP, kamu juga akan memperebutkan skor individu tertinggi untuk jadi best speaker.

F. Pendebat Bisa Menggunakan POI (Point of Information / Interruption) untuk Mengajukan Interupsi
Sebagaimana debat pada umumnya, dinamika debat tidak akan terbentuk tanpa adanya interupsi dari tim lawan, nah, dalam lomba debat sistem Asian pun mengakomodasi unsur ini dengan istilah POI. Kamu bisa mengajukan interupsi kepada pembicara yang sedang mempresentasikan argumen di podium, ingat, kamu baru diizinkan menyampaikan interupsi jika tim lawan menerima POI / pengajuan interupsi kamu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mempelajar cara mengajukan POI lewat konten ini; Panduan POI Dalam Lomba Debat

3. Mengenal Karakteristik Tim & Tugas Tiap Pembicara Dalam Format Debat Asian Parliamentary

Meskipun kami sudah mengulasnya di poin sebelumnya, kami buatkan pembahasan khusus lagi untuk karakteristik tim debat Asian agar kamu jadi lebih paham. Sebelumnya, kamu sudah tahu ya kalau ada 2 tim yang tiap timnya terdiri dari 3 pembicara, tapi pastinya kamu belum tahu apa posisi & tugas dari tiap pembicaranya. Without further ado, here the list speaker on each team at BP Debate;

Tugas Pembicara Tim Pro & Kontra
Government (Tim Pro)1. Prime Minister (Pembicara Pertama Pro)

Prime minister bertugas membuat;
1. kerangka debat / setup (definisi motion, background, limitasi, stance, team split)


2. Argumen Debat
Opposition (Tim Kontra)1. Leader Opposition (Pembicara Pertama Kontra)

Leader Opposition bertugas membuat;
1. Kerangka debat / setup dari sudut pandang oposisi (menyetujui definisi motion dari tim pro, background, stance, team split)

2. Argumen Debat
2. Deputy Prime Minister (Pembicara Kedua Pro)


Deputy Prime minister bertugas membuat;

1. sanggahan (rebuttal) sebelum mempresentasikan argumen milik sendiri

2. Argumen Debat
2. Deputy Leader Opposition (Pembicara Kedua Kontra)

Deputy Leader Opposition bertugas membuat;

1. sanggahan (rebuttal) sebelum mempresentasikan argumen milik sendiri

2. Argumen Debat
3. Government Whip (Pembicara Ketiga Pro)

Government Whip bertugas membuat;

1. sanggahan (rebuttal) sebelum mempresentasikan argumen milik sendiri

2. Meringkas / menyimpulkan serta menambahkan penjelasan mendalam + bukti tambahan untuk semua argumen debat yang telah disampaikan pembicara 1, & 2 tim pro.
3. Opposition Whip (Pembicara Ketiga Kontra)

Opposition Whip bertugas membuat;

1. sanggahan (rebuttal) sebelum mempresentasikan argumen milik sendiri

2. Meringkas / menyimpulkan serta menambahkan penjelasan mendalam + bukti tambahan untuk semua argumen debat yang telah disampaikan pembicara 1, & 2 tim pro.
4. Government Reply Speaker (Pembicara Pidato Simpulan Pro)

Government Reply Speaker bertugas membuat;

1. Membuat ringkasan perbandingan kenapa tim pro lebih unggul dibandingkan tim kontra dengan cara menjelaskan argumen tim lawan telah hancur dan tim pro lebih unggul argumennya serta lebih bisa menjawab goal dari mosi debat.
4. Opposition Reply Speaker (Pembicara Pidato Simpulan Kontra)

Opposition Reply Speaker bertugas membuat;

1. Membuat ringkasan perbandingan kenapa tim kontra lebih unggul dibandingkan tim pro dengan cara menjelaskan argumen tim lawan telah hancur dan tim kontra lebih unggul argumennya serta lebih bisa menjawab goal dari mosi debat.

4. Alur Jalannya Debat Dalam Asian Parliamentary Format

Pada poin ini, kamu akan dikenalkan dengan alur jalannya debat dalam 1 ronde (preliminary round). Ini penting agar kamu punya gambaran utuh bagaimana perdebatan berlangsung pada sistem debat British.

Alur Jalannya Lomba Debat Dalam 1 Ronde Perdebatan
1. Semua tim debat akan mendapatkan mosi dari juri.

2. Juri & panitia penyelenggara akan memberikan waktu case building sebanyak 30 menit untuk membuat kerangka argumen

3. Ketika waktu case building habis, peserta mulai debat

4. Untuk urutan presentasi, kita akan menggunakan susunan giliran presentasi pembicara berikut ini;

Urutan Maju / Presentasi Pembicara Ke Podium
Urutan Ke-1Prime Minister (Pembicara Pertama Tim Pro)
Urutan Ke-2Leader Opposition (Pembicara Pertama Tim Kontra)
Urutan Ke-3Deputy Prime Minister (Pembicara Kedua Tim Pro)
Urutan Ke-4Deputy Leader Opposition (Pembicara Kedua Tim Kontra)
Urutan Ke-5Government Whip (Pembicara Ketiga Tim Pro)
Urutan Ke-6Opposition Whip (Pembicara Ketiga Tim Kontra)
Urutan Ke-7Opposition Reply Speaker (Pembicara Pidato Simpulan Kontra)
Urutan Ke-8Government Reply Speaker (Pembicara Pidato Simpulan Pro)


5. Debat selesai. Biasanya, pihak juri akan memberitahukan hasilnya dalam 5 - 10 menit, waktu ini akan digunakan juri untuk menganalisis performa debat semua tim. Begitu selesai, akan ada sesi adjudication verbal yang terdiri dari: komentar / tanggapan umum terkait performa debat, hasil, dan justifikasi.

6. Kembali ke poin No 1-5 untuk ronde berikutnya siklusnya sama.

5. Sistem Penlaian Juri & Victory Point yang Didapatkan Tim Debat Pada Parlementer Asia

Buat kamu yang pernah ikut lomba debat parlementer British, mungkin kamu tahunya juri menilai performa skor debat secara keseluruhan ya. Tapi untuk debat format parlementer asia, penilaian dibagi menjadi 3, untuk lebih lengkapnya silahkan simak rincian skor & deskripsi penilaian berikut;
Skoring Performa Debat
Skoring Lomba Debat B.Inggris Format Asian Parliamentary
40Matter (Konten; Argumen)

Indikator pertama yang akan dinilai juri adalah seberapa bagus konten argumen yang dibuat oleh debater. Apakah argumennya terstruktur lengkap dalam bentuk Argumen AREL, apakah argumen yang dibuat bisa menyelesaikan permasalah yang ada di mosi debat atau tidak, konsistensi argumen antar anggota tim debat.
40Manner / Style (Gaya presentasi & persuasi)

Sehebat dan sebagus apapun struktur argumennya, akan tidak maksimal kalau kamu tidak bisa menyampaikannya dengan percaya diri dan tidak ada kontak mata kepada juri. Karena dewan juri ingin tahu bagaimana kamu menjelaskan ide argumenmu dengan jelas dan bisa meyakinkan mereka untuk memenangkan argumen kamu dibanding tim debat lawan.
20Engagement / Strategy / Method

Hal yang membedakan lomba debat adalah adanya unsur perdebatan, interupsi, dan sanggahan. Bagaimana cara debater meruntuhkan argumen tim lawan dan mempertahankan argumen timnya adalah poin krusial dalam penilaian ini. Dan bagian ini menjadi tolak ukur dewan juri untuk menyimpulkan tim mana yang layak dimenangkan dari hasil pertentangan argumen yang terjadi hingga debat selesai
Victory Point - Poin Yang Tim Peroleh Sesuai Hasil Debat
Dalam lomba debat parlementer Asia, hanya ada 2 tim yang bertanding, maka dari itu, juri akan memberikan hasil victory point kepada tim yang menang.
Tim Pemenang1 Poin
Tim Kalah0 Poin

Dalam setiap ronde debat, dari babak penyisihan, semua tim akan mengumpulkan victory point, semakin besar victory point yang didapatkan, maka peluang untuk maju ke babak quater, octo, semi, dan final makin tinggi!

Kesimpulan

Dengan memahami sistem debat parlementer Asia, kamu bisa menampilkan performa debat terbaikmu agar bisa lolos menjadi pemenang di lomba debat yang kamu ikut, baik itu lomba debat internal sekolah, kampus maupun lomba debat yang mengadopsi sistem ini, NSDC misalnya.

Last but not least, semoga konten ini bermanfaat buatmu ya. Share jika suka kontennya, tulis komentar jika ingin diskusi / konsultasi, dan dukung kreator jika ingin mendapatkan konten baru seperti ini di masa mendatang via halaman: dukungan kreator.