No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Membuat Meta Deskripsi Website CMS Blogger.com

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarDokumentasi Pribadi & Undraw.co
Kategori KontenPanduan Blogspot
Topik SpesifikSEO Blogspot
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara membuat meta deskripsi seo-friendly untuk blog atau website berbasis cms blogspot.

Sebagai pemilik blog atau website, pastinya kita ingin membantu pengunjung agar tahu apa isi konten website kita secara keseluruhan dengan sekali lihat, disinilah meta deskripsi berperan!

Oh iya, kalau kamu belum paham materi seo terkait meta description ini, kamu bisa baca panduan berikut terlebih dahulu ya: "Apa Itu Meta Description, Fungsi, & Manfaatnya untuk Blog"

Jika sudah tahu apa itu meta description, silahkan lanjut baca kontennya ya. Ceritanya website saya yang ini, Daily Blogger Pro, Meta Deskripsinya tidak muncul dibawah judul website-nya ketika diakses di Google:

Bisa kamu lihat pada gambar diatas, dibawah judul website "Daily Blogger Pro" tidak memiliki deskripsi yang menjelaskan apa keseluruhan isi konten web ini, sebaliknya, yang muncul di bagian meta deskripsi malah teks di plugin daily post harian.

Padahal, seingat saya, deskripsi website sudah saya atur di menu setelan dasar:

Pada gambar diatas, di menu setelan dasar, spesifiknya di bagian deskripsi, saya sudah menulis deskripsi websitenya yang memberitahukan pengunjung kalau konten website ini fokus ke dua niche / topik utama, yaitu edukasi bahasa inggris dan blogging. Sayangnya google tidak mengambil data deskripsi pada setelan dasar blogspot, tapi mengambil dari data lainnya.

Cara Agar Google Menampilkan Meta Deskripsi Website Blogger Kita di Halaman Pencarian

Agar Google menampilkan meta deskripsi dibawah judul website kita, ada beberapa pengaturan yang harus kita lakukan, jika kamu mengikuti panduan ini, meta deskripsi website milikmu bisa muncul di Google, ini panduannya!

1. Aktifkan Deskripsi Penelusuran

Di menu setelan, scroll hingga kamu menemukan menu "tag meta", centang opsi; "Aktifkan deskripsi penelusuran". Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar meta deskripsi website milikmu bisa aktif.

2. Isi Deskripsi Penelusuran dengan Deskripsi Isi Konten Website Kamu

Setelah mencentang opsi sebelumnya, perhatikan opsi dibawahnya, ada tulisan deskripsi penelusuran, klik menu tersebut, setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar diatas, isi dengan deskripsi isi topik website kamu. Simpan.

Setelah menyimpan deskripsi singkat mengenai apa topik yang kamu tulis di dalam web milikmu, bisa dibilang prosesnya selesai, kamu hanya tinggal menunggu beberapa jam atau maksimal 1 hari, setelah itu google akan mengindeks meta deskripsi yang kamu buat barusan pada halaman penelusurannya seperti ini:

Kesimpulan

Dengan membuat meta deskripsi website, para pengunjung baru yang mengakses google, bisa tahu apa sih isi konten yang akan mereka dapatkan jika membuka website milikmu. Well, semoga panduan ini bermanfaat untukmu ya.