No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Submit Peta Situs (Sitemap) ke Google Search Console

Topik KontenSEO Blogspot
Kategori KontenBlogspot
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi & Freepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu cara membuat dan mengirim peta situs (sitemap) blog atau website blogspot miliknya ke google search console.

Dengan membuat sitemap, google bot bisa mudah melakukan crawling semua konten di website / blog milikmu, data hasil crawl disimpan pada database, dan kemudian ditampilkan ke indeks halaman pencarian google.

Sebelum kamu membuat dan mengirim peta situs (sitemap), pastikan kamu sudah mendaftarkan website milikmu ke google search console. Saya sudah membuatkan 2 artikel yang bisa kamu baca terpisah sebelum melanjutkan panduan di artikel ini.

Oke, anggap saja kamu sudah menyelesaikan tugas mendaftarkan website ke google search console. Kalau begitu, silahkan ikuti panduan ini sampai tuntas ya.

Mengenal Apa Itu Sitemap, Tips Membuatnya, & Mengirimnya ke Google Search Console

Saya akan mengenalkan apa itu sitemap, cara membuat sitemap di website blogspot, dan proses submitnya di google search console. Yuk simak dan ikuti panduannya.

1. Apa Itu Sitemap?

Penjelasan mudahnya, peta situs atau lebih populer dikenal sitemap adalah file xml yang memuat semua isi konten, biasanya terdiri dari judul dan url, di dalam website.

2. Cara Membuat Sitemap untuk Website Blogger.com

Saya asumsikan pembaca artikel ini terbagi menjadi 2 audien. Pertama, mereka yang website-nya masih menggunakan subdomain blogspot.com. Kedua, pemilik website blogger yang sudah melakukan custom domain.

Ya, bisa dibilang formatnya mirip, yang membedakan hanya ekstensi domainnya saja. Yang satu pakai subdomain blogspot.com, satu lagi pakai TLD domain dot com / lainnya.

Subdomain Blogspot.comKonten Postingan / Artikek

namawebkamu.blogspot.com/sitemap.xml

Konten di halaman statis

namawebkamu.blogspot.com/sitemap-pages.xml
Website Custom DomainKonten Postingan / Artikek

namawebkamu.com/sitemap.xml

Konten di halaman statis

namawebkamu.com/sitemap-pages.xml

3. Cara Kirim Sitemap ke Google Search Console

Pertama, kunjungi halaman website Google Search Console lewat url link berikut; https://search.google.com/search-console/about, kemudian klik "Mulai Sekarang / Start Now"

Setelah kamu masuk ke halaman dasbor Google Search Console, klik menu peta situs / sitemap seperti ini:

Selanjutnya, silahkan submit sitemap yang sudah kamu buat sebelumnya. Untuk contoh, saya mengirim 2 sitemap berikut ini di form search console; 1) https://www.penerbitirfani.com/sitemap.xml, 2) https://www.penerbitirfani.com/sitemap-pages.xml

Setelah menuliskan sitemap, silahkan klik kirim. Setelah mengirim kedua sitemap tersebut, maka akan muncul rincian url website kamu, total artikel, halaman statis, dan status verifikasi peta situs sukses terkirim seperti ini:

Selesai! Sekarang semua konten kamu langsung diproses untuk crawl oleh google bot dan akan ditampilkan di halaman pencarian google.

Bahkan, setiap kali kamu update konten baru, url-nya akan otomatis muncul di Google. Dengan begitu, kamu berpeluang meningkatkan SEO dari website milikmu dan mendulang banyak trafik dari Google.

Penutup

Dengan membuat dan mengirim peta situs website kamu ke google search console, website kamu akan mudah diindeks dan kontennya muncul di google. Jika pengunjung mengklik judul / link web kamu di google, kamu akan mendapatkan trafik organik. Menarik, bukan? Well, semoga konten ini bermanfaat buatmu ya.