No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

3 Alasan Panitia Lomba Debat Memilih Prepared Motion

Topik KontenJenis Mosi Debat
Kategori KontenKelas Debat B.Inggris
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Lomba Debat B.Indonesia di SMAN 90 Jakarta
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar tahu alasan kenapa panitia memilih jenis mosi prepared motion dalam lomba debat b.inggris

Sebelumnya kamu sudah tahu ya apa itu prepared motion lewat baca artikel di post tersebut.

Pengetahuan tersebut sangat berguna bagi debater, tapi pernah nggak sih kamu penasaran kenapa ada panitia lomba debat yang lebih memilih menggunakan jenis mosi berbasis prepared motion?

Kamu pasti belum tahu alasannya kenapa panitia mau repot-repot membocorkan informasi topik debat yang akan digunakan di hari H pertandingan.

3 Alasan Kenapa Panitia Lomba Debat Menggunakan Prepared Motion

Panitia lomba debat disini bisa saja berasal dari eskul english club atau klub debat (jika ada). Untuk tingkat universitas, panitianya dari pihak ukm debat, sebutannya English Debating Society (EDS).

Baik, langsung saja masuk ke inti pembahasan konten ini, berikut 3 alasan kenapa prepared motion dipilih oleh panitia lomba debat:

1. Lomba Debat yang Diadakan Target Pesertanya Adalah Pendebat Pemula

Alasan yang sering digunakan panitia memilih prepared motion adalah karena calon peserta debat yang mereka targetkan adalah mereka yang belum pernah / masih baru, jadi wajar pesertanya diberitahu apa saja list topik debatnya.

2. Panitianya Belum Pernah Mengadakan Lomba Debat Sama Sekali

Kalau sebelumnya prepared motion dipilih atas asas target pesertanya yang masih pemula, sekarang kebalikannya, ada panitia yang memang baru perdana membuat lomba debat pertama mereka di sekolah atau kampus mereka.

Jadi, mereka terbawa pattern atau pola kebanyakan lomba yang menurut mereka harus memberitahukan list topik debatnya kepada peserta saat technical meeting.

3. Panitia Ingin Pendebat Menunjukkan Performa Debat Terbaiknya

Ini agak pro dan kontra sih, soalnya kalau debater udah tahu apa topik debatnya, otomatis mereka bisa mempresentasikan banyak argumen relevan kepada dewan juri karena punya waktu lebih untuk melakukan riset.

Plusnya, jalannya perdebatan terasa lebih relevan isi konten argumennya, satu-satunya aspek yang mungkin masuk ke ranah improvisasi adalah sesi dimana debater melakukan interupsi dan sanggahan untuk meruntuhkan lawan.

Dari sisi panitia dan juri, dua pihak ini bisa merasa sedikit lega karena mereka bisa memastikan jalannya perdebatan bisa berlangsung lebih sengit dari segi isi konten dan pertentangan sanggahan selama pertandingan yang membuat jalannya debat lebih dinamis dan ini bagus.

Minusnya, untuk debater; jika di kemudian hari jenis mosi yang dipakai tidak menggunakan prepared motion, ia akan kaget dan merasa kurang pede untuk bertanding melawan tim rivalnya karena waktu riset di sesi case building sangat terbatas.

Penutup

Setelah membaca artikel ini kamu jadi tahu ya kenapa ada sebagian panitia lomba debat yang memilih jenis mosi berbasis prepared motion. Well, semoga konten ini bermanfaat buat kamu ya.