No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Arti THW Dalam Mosi Debat Bahasa Inggris?

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi Ketika Penulis Menjadi Juri Debat NSDC 2018 Tingkat SMA di Jakarta Timur
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengerti maksud mosi THW & mampu membuat argumen sesuai posisi tim debatnya

Dalam perlombaan debat bahasa Inggris, kamu dan tim debatmu akan mendapatkan mosi debat yang diawali dengan singkatan kata; THW, THBT, atau bahkan THR.

Dalam seri artikel bedah motion sebelumnya, kita sudah membahas kedua jenis mosi debat berikut;

Di seri kali ini, kita akan bedah pengertian mosi yang diawali singkatan kata THW. Penasaran dengan jenis mosi ini dan intensi goal apa yang harus ada di mosi ini? Yuk simak pembahasan tuntasnya!

Pengertian Mosi Yang Diawali dengan THW, Bentuk Argumen, & Goal-nya

Di konten ini, kamu akan mengenal apa itu mosi debat THW, bentuk argumen yang harus disampaikan oleh kedua tim, dan goal yang harus dicapai dari mosi ini.

1. Apa Yang Dimaksud dengan Mosi THW Dalam Debat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, THW adalah frasa singkatan yang memiliki kepanjangan arti: "This House Would (Dewan ini akan . . . )". Mosi ini mengharuskan kamu untuk membuat sebuah model atau mekanisme bagaimana sebuah kebijakan (Biasanya regulasi yang dikeluarkan pemerintah, institusi, dll) yang ada di dalam mosi. Poin penting untuk dicatat;

1. Debater memberikan mekanisme / model kepada juri kalau proposal yang mereka ajukan bisa diterapkan di dunia nyata atau tidak (Tentu hal ini menyesuaikan posisi tim debatmu ya).

2. Di mosi THW, karena debater harus menyampaikan mekanisme atau model, pastikan pembicara pertama membuat pembukaan / pengantar debat yang lengkap (Definisi, latar belakang masalah, goal yang ingin dicapai tim) agar jalannya perdebatan fokus pada satu isu yang diperdebatkan (Clash).

Untuk konten kali ini, kita akan menggunakan mosi debat ini;

This house would financially incentivize poor not to have any children

Mosi diatas akan kita ulas di poin selanjutnya, yaitu argumen seperti apa yang harus disampaikan dan goal-nya.

2. Apa Goal / Tujuan Yang Harus Dipenuhi Dalam Mosi THW?

Sebelum membuat argumen, kamu harus tahu apa goal yang diinginkan oleh mosi debatnya. Ini adalah ulasan mengenai tujuan dari mosi debat ini; This house would financially incentivize poor not to have any children.

Tim pro harus membuktikan bahwa model kebijakan pemberian insentif kepada orang miskin bisa menekan jumlah kelahiran anak karena memang ini adalah syarat penerimaan insentifnya.

Dilain sisi, tim kontra bisa menyatakan kebijakan ini tidak akan berhasil dan bisa mengajukan solusi selain pemberian insentif untuk mengentaskan permasalahan ledakan populasi penduduk.

3. Tips Fokus Argumen Untuk Mosi THW Yang Harus Diperhatikan Tim Pro & Kontra

Jika kamu mendapatkan mosi yang diawali frasa "THW", sebagai debater pemula, asal kamu mengigat definisi mosi dan tujuan (goal) yang diinginkan mosi, kamu bisa membuat argumen relevan untuk dipresentasikan kepada juri.

Untuk itu, kamu bisa ikuti panduan berikut ini;

Mosi: This house would financially incentivize poor not to have any children.

Argumen Tim Pro

Fokus tim pro adalah membuat argumen yang bisa meyakinkan juri bahwa memberikan insentif bisa dijadikan solusi agar penduduk miskin tidak memiliki anak. Kamu bisa mengulas poin berikut

+ Proposal tim pro, menginginkan akar masalah penduduk miskin tidak pernah habis karena anak-anak yang dilahirkan dari orangtua yang ekonominya berada di taraf kemiskinan sangat sulit terbebas dari masalah kemiskinan ketika si anak dewasa, dan lingkaran kemiskinan ini akan terus berulang sampai generasi mendatang

+Tawaran insentif berkelanjutan bisa memenuhi kebutuhan warga miskin. dll
Argumen Tim Kontra

Fokus tim kontra adalah membuat argumen yang berkebalikan dengan tim pro. Itu berarti kamu tidak setuju dengan mosi jika;


+Memberi insentif tidak efektif untuk mengurangi laju pertambahan penduduk karena toh, warga miskin tetap melanggar aturan dari regulasi ini, mereka tetap melahirkan anak karena punya kepercayaan doktrin;"Banyak Anak Banyak Rezeki", padahal doktrin inilah yang membuat hidup mereka jatuh miskin karena dari segi finansial belum mampu menghidupi anak tapi malah maksa melahirkan anak.

Kesimpulan

Dengan memahami mosi yang diawali frase this house would (THW), tim debatmu akan punya landasan kokoh supaya bisa membuat argumen yang tepat, relevan sesuai posisi tim yang kamu dapatkan (Pro / Kontra), serta mampu menjawab goal yang diinginkan mosi. Last but not least, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya, debaters! :)