No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Apa Itu Independent & Dependent Clause

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Kategori KontenEnglish Writing
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa memahami klausa independen dan dependen sebelum mulai menulis kalimat dalam bahasa Inggris

Sebelum mengenal jenis pola kalimat bahasa Inggris, istilah independent dan dependent clause harus kamu ketahui lebih dahulu soalnya kedua klausa ini bakalan sering muncul di semua jenis kalimat tersebut. Without further ado, here the explanation.

Yuk Cari Tahu Pengertian dan Perbedaan Antara Independent dan Dependent Clause + Contohnya

Di konten ini, saya ingin mengenalkanmu dengan klausa independen dan dependen, klausa ini sangat berguna saat kamu mulai menulis kalimat bahasa Inggris. Jadi, silahkan disimak dan pelajari ya.

Apa Itu Independent Clause

Independent clause bisa diartikan sebagai jenis klausa yang memiliki makna atau gagasan yang utuh yang membuatnya menjadi kalimat lengkap. Biasanya terdiri dari satu subjek dan kata kerja, mau ada objek atau tidak ada pun tetap bisa kita pahami maknanya, itulah sebabnya kita menyebut independent bisa berdiri sendiri.

Dependent Clause

Sebaliknya, dependent clause diartikan sebagai kalimat tidak utuh dan nggak bisa berdiri sendiri tanpa kehadiran Kamu Independent Clause.

Independent Clause Alisa writes an article

Alisa menulis artikel

Dari contoh ini, ada satu subjek; Alisa, dan kata kerja utama "writes" dan satu objek yang menerangkan apa yang ditulis Alisa, yaitu "article".

Dari sini, sebenarnya tanpa dijelaskan menulis artikelpun, kita sudah bisa tahu apa yang sedang dilakukan Alisa kan, dia sedang menulis.

Karena maknyanya yang jelas dan utuh inilah, kita bisa menyebutnya sebagai independent clause.
Dependent Clause When Nadia left

Ketika Nadia Pergi

Dari contoh dependent clause diatas, kita tahu sih apa artinya, "Ketika Nadia pergi"

tapi yang bikin gagal paham itu;

dia pergi karena apa dan ketika momen apa?
Apa atau siapa yang ia tinggalkan?

Nah, karena maknanya yang menggantung inilah kaya hubungan kamu ke si dia :p makanya dependent clause nggak bisa disebut sebagai kalimat yang lengkap karena ya gitu, maknanya nggak bisa dimengerti kaya kamu kalau ditanya mau makan dimana jawabnya selalu aja "Terserah!"..

Kesimpulan

Dengan mengenal Independent dan dependent clause, kamu akan sangat terbantu ketika ingin membuat kalimat sederhana, majemuk, kompleks, dan bentuk lanjutan lainnya yang bisa kamu temukan lewat konten berikut ini;

Jika kamu membaca ketiga konten kalimat diatas, kamu akan menemukan penggunaan klausa Independen dan dependen. Dan seperti biasa, semoga konten ini bisa bermanfaat untukmu ya. :)