No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Compound Sentence dalam Kalimat B.Inggris

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Kategori KontenEnglish Writing
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mulai menulis kalimat majemuk (gabungan dari dua klausa) dalam bahasa Inggris

Mau mulai menulis artikel bahasa Inggris tapi kamu baru bisa menulis kalimat sederhana? Well, di konten sebelumnya, kamu sudah membaca cara membuat simple sentence dalam bahasa Inggris, tapi kalau kamu ingin menulis kalimat yang lebih bervariasi, compound sentence bisa kamu jadikan opsi.

Compound Sentences: Definisi, Contoh beserta Terjemahan

Menulis kalimat sederhana dalam bahasa Inggris memang mudah, namun bentuknya yang sederhana tidak memungkinkan kamu untuk menulis kalimat panjang yang mungkin saja terdiri dari dua klausa di dalam satu kalimat, untuk itulah compound sentence hadir dan melengkapi kekurangan simple sentence dalam bahasa Inggris.

Apa Itu Compound Sentence? Ini Penjelasan dan Contohnya

Compound sentence bisa diartikan sebagai kalimat yang mengandung minimal dua klausa independen atau lebih (biasanya terdiri dari gabungan 2 simple sentence). Karena compund sentence menggabungkan dua kalimat, maka diperlukan kata yang menghubungkannya, setidaknya ada 3 kata penghubung yang bisa kamu gunakan:

a. Coordinating conjunction
Coordinate conjunction merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Kata penghubung yang bisa kamu gunakan adalah

F A N B O Y S
For And Nor But Or Yet So

Kalimat 1 + Coordinate Conjunction + Kalimat 2:My brother had a test the next day, so he studied all night.

b. Conjunctive adverb / Adverbial Conjunction
Conjunctive adverb bisa diartikan sebagai adverb yang bisa digunakan sebagai conjunction untuk menghubungkan dua kalimat (independent clauses). Contoh kata penghubung conjunctive adverb yang bisa kamu gunakan adalah;

However Instead
Therefore Then
In fact Moreover
On the other hand Similarly
Nonetheless Furthermore
Besides Still

Kalimat 1 + Conjunctive Adverb + Kalimat 2:Yogi took a work shift on the weekend; in fact he needed more money.


c.Semicolon
Terakhir, compound sentence juga bisa dihubungkan dengan tanda baca titik koma / semicolon) lho (;). Kira-kira begini contoh kalimatnya::
Kalimat 1 + Titik Koma (;) + Kalimat 2:This blog post content is mine; it’s not yours.

Kesimpulan

Konten edukasi untuk skill kepenulisan bahasa Inggris ini saya buat seringkas dan semudah mungkin untuk pemula. Harapannya, baik itu pelajar dan blogger bisa menulis kalimat bahasa Inggris yang siapa tahu nanti kamu bisa menulis artikel bahasa Inggris, saya hanya sekadar membantu membangun pondasi dasarnya saja untukmu.

Ini adalah konten kedua dari seri cara menulis kalimat bahasa Inggris, yaitu compound sentence. Di konten tingkat lanjut, baru kita bahas variasi kalimat lainnya seperti complex sentence dan compound-complex sentence. Well, semoga konten ini bisa bermanfaat untukmu ya.