No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Simple Sentence dalam Kalimat B.Inggris

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mulai menulis kalimat sederhana bahasa Inggris

Mau mulai menulis artikel bahasa Inggris tapi bingung harus pilih bentuk kalimatnya? Nggak usah overthinking dulu ya. Mulai dari simple sentence aja, yuk cari tahu bagaimana caranya!

Simple Sentences: Definisi, Contoh beserta Terjemahan

Siapapun kamu, baik itu pelajar yang ingin menuntaskan tugas menulis berbahasa inggris atau bahkan blogger yang ingin membuat konten artikel bahasa Inggris, yuk mulai aja dulu dengan menulis kalimat sederhana.

Apa Itu Simple Sentence? Ini Penjelasan dan Contohnya

Simple sentence bisa diartikan sebagai kalimat sederhana yang hanya membutuhkan satu klausa yang memiliki subjek dan predikat serta bisa bisa berdiri sendiri (independent). Simple sentence memiliki dua jenis / bentuk, yaitu:

a. Nominal sentence: kalimat yang bagian predikatnya menggunakan auxiliary verb (kata kerja bantu: is, am, are, was, were). Berikut contoh kalimatnya:
Subjek + Kata Kerja Bantu (To Be / Auxiliry Verb):Ayisha is beautiful - Ayisha cantik


b. Verbal sentence: kalimat yang mengandung kata kerja utama / main verb (bukan kata kerja bantu) sebagai predikat. Contoh kalimat:
Subjek + Kata Kerja Utama (Main Verb):Alisa goes to the mall - Alisa pergi ke pusat perbelanjaan (Mall).

3 Contoh Kalimat Simple Sentence

Supaya kamu tambah kenal dengan bentuk kalimat sederhana dalam bahasa Inggris, kamu bisa simak contoh kalimatnya lagi dibawah ini ya. Contoh pertama sesuai apa yang kamu pelajari, untuk contoh kedua dan ketiga ada variasi barunya juga biar kalimat sederhana yang kamu tulis makin enak dibaca oleh pembacamu.

1. Simple sentence: verbal & nominal sentence

Contoh pertama ini menggunakan dua bentuk kalimat sederhana yang sudah kamu pelajari sebelumnya, yaitu verbal dan nominal sentence, bisa scroll ke atas lagi ya kalau lupa rumusnya.

Verbal Sentence Alisa writes an article

Subject (Alisa) + Main Verb (Writes)

Arti: Alisa menulis artikel

Dari contoh verbal sentence ini, ada satu subjek; "Alisa", dan kata kerja utama "Writes" dan satu objek yang menerangkan apa yang ditulis Alisa, yaitu "Article".

Dari sini, sebenarnya tanpa dijelaskan menulis artikelpun, kita sudah bisa tahu apa yang sedang dilakukan Alisa kan, dia sedang menulis.
Nominal Sentence Agung is a blogger.

Subject (Agung) + Auxiliry Verb (is)

Arti: Agung adalah seorang blogger.

Dari contoh nominal sentence ini, kita tahu subjeknya adalah "Agung", kata kerja bantunya (Auxiliry verb) adalah "is dan objeknya menerangkan profesinya yang bekerja sebagai: "Blogger".

.

2. Simple sentence bentuk ke-2: dua subjek dan 1 verb

Variasi kedua ketika menulis kalimat sederhana, kamu bisa menggunakan variasi compound subject and one verb - dua subjek dan 1 kata kerja yang sama seperti ini:.

Kalimat Sederhana dengan subjek ganda (Simple sentence with Compound Subject):Alisa and Yola ate lunch - Alisa dan Yola menyantap makan siang.

Penjelasan

Untuk memahami struktur kalimat sederhana bentuk kedua, saya coba bongkar struktur kalimatnya satu persatu ya mengingat kali ini subjeknya ada dua

Subjek ke-1 : Alisa
Kata Penghubung : And
Subjek ke-2: Yola
Kata Kerja : Ate
Objek : Lunch

3. Simple sentence bentuk ke-3: satu subjek dan 2 verb

Variasi ketiga ketika menulis kalimat sederhana, kamu bisa menggunakan variasi one subject and compound verb - kebalikan dari bentuk kedua, kali ini kata kerjanya yang berjumlah dua dan subjeknya hanya satu saja.

Kalimat Sederhana dengan kata kerja ganda (Simple sentence with Compound Verb):Alisa cooked and ate dinner - Alisa memasak dan menyantap makan malam.

Penjelasan

Untuk memahami struktur kalimat sederhana bentuk ketiga, sama seperti sebelumnya, saya bongkar lagi struktur kalimatnya satu persatu kaya main "Lego". Kali ini kata kerjanya ada dua ya.

Subjek: Alisa
Kata Penghubung : And
Kata kerja ke-1: Cooked
Kata Kerja ke-2: Ate
Objek : Dinner

Kesimpulan

Konten edukasi untuk skill kepenulisan ini saya buat seringkas dan semudah mungkin untuk pemula. Sengaja saya tidak menyertakan pembahasan kata penghubung coordinate dan correlative untuk bentuk kalimat sederhana bentuk kedua dan ketiga, untuk awalan, yang penting kamu paham dulu dasarnya, pengertian kalimat simple sentence seperti apa, dan bentuk kalimatnya.

Anggap saja ini konten pembuka. Di konten tingkat lanjut, baru kita bahas variasi kalimat sederhana yang lainnya ya. Well, semoga konten ini bisa bermanfaat untukmu ya.