No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Mengenal Complex Sentence dalam Kalimat B.Inggris

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Kategori KontenEnglish Writing
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mulai menulis kalimat kompleks dalam bahasa Inggris

Mau jago nulis artikel bahasa Inggris baik itu untuk blog atau tugas kuliah? Well, kamu bisa kembangkan bentuk kalimat bahasa inggrismu lebih jauh lagi dengan menggunakan bentuk kalimat kompleks atau complex sentence.

Complex Sentences: Definisi, Contoh beserta Terjemahan

Kalau sebelumnya kamu sudah mempelajari dan menguasai kalimat sederhana (simple sentence) dan kalimat majemuk (Compound sentence). Kamu bisa kembangkan bentuk kalimatnya lagi dengan complex sentence. Tertarik mempelajarinya? Yuk simak hingga tuntas dan praktek menulis seusai membaca konten ini.

Apa Itu Complex Sentence? Ini Penjelasan dan Contohnya

Mudahnya, complex sentence bisa diartikan sebagai kalimat yang memiliki 1 independent clause dan setidaknya ada satu dependent clause.

Untuk klausa independen, kayanya udah nggak harus dijelasin lagi ya, soalnya udah pernah saya bahas di konten ini: apa itu klausa independent dan dependent.

Di complex sentence, klausa dependen akan sering kamu gunakan untuk menghubungkan kalimat (independen dan dependen). Mudahnya, kamu bisa coba pakai 3 jenis klausa dependen ini untuk melengkapi kalimat kompleks bahasa Inggris yang mau kamu tulis;

1. Adverbial ClauseKlausa dependen ini bisa kamu gunakan untuk menerangkan informasi tentang verb, adjective, atau adverb. Kamu bisa menghubungkan klausa dependen dan independen dengan menggunakan kata penghubung ini; before, after, when, since, although, because, dan lain-lain.

Sinta were watching tv when Icha sleep.
Indani washes her hand before he eats chicken soup.
2. Adjective Clause Klausa dependen ini menggunakan relative pronoun (who, which, whose, whom, that) untuk menghubungkan independent clause dan dependent clause.

I am going to buy Nintendo Switch that you recommended.
3. Noun Clause Noun clause adalah klausa dependen yang berperan sebagai kata benda. Biasanya bisa digunakan sebagai subjek / objek dalam klausa. Untuk contoh kalimatnya, kamu bisa perhatikan kalimat dibawah ini;

I forgot where is my key.

Kesimpulan

Konten edukasi untuk skill kepenulisan bahasa Inggris ini saya buat seringkas dan semudah mungkin untuk pemula. Harapannya, baik itu pelajar dan blogger bisa menulis kalimat bahasa Inggris yang siapa tahu nanti kamu bisa menulis artikel bahasa Inggris, saya hanya sekadar membantu membangun pondasi dasarnya saja untukmu.

Ini adalah konten ketiga dari seri cara menulis kalimat bahasa Inggris, yaitu complex sentence. Di konten tingkat lanjut, baru kita bahas variasi kalimat lainnya seperti compound-complex sentence. Well, semoga konten ini bisa bermanfaat untukmu ya.