Darren Rowse: Blogger Professional Asal Australia Yang Mendunia

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh DUMET School

Nama Darren Rowse sudah tak asing lagi di kalangan blogger Indonesia maupun internasional. Namanya menjadi terkenal semenjak ia berhasil menghasilkan uang 6 digit dollar hanya dari mengelola blog Problogger.com dan Digital Photography School miliknya.

Disaat para penulis blog berpikir mustahil untuk menghasilkan uang dari blog, Darren berpikir berbeda dan membuktikan dengan pencapaian $100.000 / tahun dari blog yang ia kelola. Kalau dikonversi dalam rupiah, penghasilan Darren dari blog mencapai Rp. 1,3 Milliar / Tahun.

Pencapaian lainnya, Darren bahkan pernah meraup keuntungan sebesar $72.000 (936 Juta) dari penjualan Ebook hanya dalam waktu seminggu! Ebook yang ia jual berisi ulasan tips fotografi yang pernah ditulis di blog miliknya, yaitu Digital Photography School ditambah materi ekslusif berupa wawancara 6 fotografer kelas dunia.

Pencapaian yang saya sebutkan diatas tentunya tidak didapatkan dengan mudah dan cepat. Bahkan Darren juga berpesan kalau internet khususnya blog bukan media penghasil uang instan begitu saja, perlu usaha, konsistensi, dan kemauan untuk terus belajar guna memperbaiki kualitas diri supaya bisa sampai di titik pencapaian Darren sekarang ini. 

Jauh sebelum Darren mengenal blog, ia adalah mahasiswa biasa yang kuliah di jurusan teologi di kampus Melbourne, Australia. Ia bahkan bekerja paruh waktu (part-time) di tiga tempat berbeda untuk membayar biaya kuliah dan biaya hidup kesehariannya.

Baru setelah tahun 2002, Darren mengenal blog dan memulai mengelola blog pertamanya yang membahas budaya populer dan teologi sesuai bidang peminatannya (passion). Di tahun ini, baik problogger maupun digital photohraphy school belum lahir.

Kala itu, sambil menekuni aktifitas kesehariannya seperti kuliah dan bekerja part-time di tiga tempat berbeda, Darren mulai menyisihkan waktunya untuk mengelola blognya dengan serius walau masih taraf menekuni aktifitas blogging secara paruh waktu.

Setelah membuat blog pribadinya, barulah Darren terpikirkan untuk membuat blog baru yang ia namai Digital Photography School. Melalui blog fotografi yang dikelolanya, walau tidak banyak, Darren berhasil menghasilkan pundi-pundi uang pertamanya lewat program Google AdSense dan Amazon Affilate Program.

Selang dua tahun kemudian, tahun 2004, Darren membuat Problogger yang mengulas tips seputar cara menghasilkan uang dari blog. Di tahun yang sama, ia juga membangun bisnis  blogging network yang ia namai B5Media dan memutuskan untuk menjadi seorang full-time blogger.

Dua tahun berselang, tahun 2006, semenjak Darren memberanikan diri menjadi seorang full-time blogger, ia meraih pencapaian penghasilan 6 digit dollar fantastisnya dalam menghasilkan uang dari blognya yaitu Problogger.

Darren senang dengan pencapaiannya, ia merasa upaya kerasnya selama ini terbayar, oleh karenanya, Darren ingin membagikan pengalamannya menjadi ilmu yang bisa diterapkan oleh penulis blog lain di seluruh dunia.

Melalui keinginannya untuk berbagi manfaat lebih banyak kepada sesama, Darren pun bekerja sama dengan Chris Garret yang juga berprofesi sebagai blogger professional sekaligus konsultan media yang telah lama berkecimpung di dunia maya sejak 1994.


Lewat kolaborasi keduanya, mereka berhasil menerbitkan buku yang berjudul Problogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income. Buku ini mengulas mengenai aktifitas blogging dan make money from blog secara luas dan lengkap. Dikutip dari blogger professional asal Indonesia, Medhy Aginta, pemilik blog Blogguebo.com, ada 10 topik yang dibahas oleh buku ini diantaranya:

– bagaimana memilih topik yang sesuai dengan minat Anda dan menguntungkan
– bagaimana step-by-step cara mulai membuat blog dan mengatasi soal-soal teknis
– bagaimana strategi monetisasi blog yang bisa Anda lakukan
– bagaimana menulis konten blog yang bermanfaat dan dicari banyak orang
– bagaimana mempromosikan blog dan menarik traffic pengunjung sebanyak mungkin
– bagaimana cara menjual dan membeli blog
– bagaimana cara membangun jaringan (networking) yang menguntungkan bagi Anda
– bagaimana cara membangun komunitas untuk blog Anda
– bagaimana mendapatkan traffic melalui search engine maupun social media
– bagaimana pengalaman blogger-blogger profesional menghasilkan uang melalui blog

Bagian terbaik yang menjadi kelebihan dari buku ini adalah buku ini ditulis oleh dua orang yang benar-benar ahli di bidang blogging dan monetisasi blog. Tidak hanya menuliskan teorinya, Darren dan Chris juga mempraktekkannya secara langsung, serta bahasanya menggunakan bahasa Inggris yang mudah dipahami oleh pembaca.

Buku yang ditulis oleh Darren dan Chris menuai sukses besar, terlihat dari progress terbit ulang hingga tiga kali. Itu berarti, buku ini terbukti bermanfaat untuk para pembaca yang juga menekuni profesi sebagai penulis blog.

Kini, Darren menjadi salah satu blogger asal Australia yang mendunia berkat konten bermanfaat yang ia tulis di blog miliknya, Problogger.

Problogger berkembang seiring berjalannya tahun demi tahun, pada awalnya Problogger hanya berisi konten berupa artikel saja, kini Problogger memiliki lebih banyak konten bermanfaat yang kaya akan dukungan teknologi terkini seperti konten video, podcast, hingga memiliki tim penulis sendiri untuk ikut serta menulis konten bermanfaat di blognya.

Pesan Darren Rowse untuk penulis blog yang ingin sukses menghasilkan uang dari blognya adalah Darren berpesan:

"Tidak Ada Jalan Pintas Dalam Meraih Sukses, Begitu Juga Dengan Blog, Blog Bukan Media Penghasil Uang Instan, Oleh Karenanya, Teruslah Sekuat Tenaga Menulis Konten Bermanfaat Dan Berkualitas Di Blog Milikmu." 

Melalui cerita inspiratif ini saya ingin mengajak kamu, khususnya kamu yang juga berprofesi sebagai penulis blog, seperti yang Darren Rowse sarankan, yuk kita kuatkan tekad dan motivasi kita untuk sekuat tenaga menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca blog kita.

Poin penting lainnya, saya juga ingin berbagi kiat sukses dari Darren Rowse yang belum saya tuliskan di paragraf sebelumnya, saya harap kiat-kiat yang akan saya sampaikan ini bisa kamu terapkan dan bermanfaat untukmu ya.

So, kenapa dan bagaimana Darren Rowse bisa menuai sukses menghasilkan uang dari blog pribadinya? Berikut ini ada 2 poin penting yang mendasari kesuksesan beliau:

1. Kredibilitas


Darren Rowse adalah blogger berkelas dunia (sering disebut gurunya para blogger dunia) yang memiliki kredibilitas tinggi. Kelebihan kredibilitas yang tersemat dalam profil dirinya adalah buah dari upayanya mengusahakan mendapatkan penghasilan dari internet, dalam hal ini, menghasilkan uang melalui blog, Darren benar-benar membuktikannya.

Kalau kamu adalah penulis blog pemula atau penulis yang lama bergelut dalam aktifitas ngeblog, kamu juga harus meniru Darren, dalam hal ini, membangun kredibilitas melalui keahlian yang bisa kamu buktikan.

Kamu bisa menulis artikel blog yang berkualitas dan bermanfaat. Lebih bagus lagi artikelmu diserta dukungan grafis yang bisa membuat tulisanmu terkesan professional. Selain memiliki keahlian desain grafis, ada baiknya blogger juga memiliki keahlian dalam web programming supaya bisa mengelola blognya dengan baik. Di era yang serba maju sekarang ini, ada banyak lembaga kursus yang bisa membantumu untuk membuat desain grafis yang mumpuni, estetik, dan bernilai di mata pembaca yaitu DUMET School. Dumet School adalah lembaga kursus desain grafis, web programming, dan digital marketing. 


Dengan belajar desain di DUMET School, kamu bisa mengkreasikan konten kreatif tulisanmu dengan gambar berkualitas tinggi yang bisa meningkatkan kredibelitas profil dirimu dimata pembaca.

Di Dumet School, kamu akan diajarkan untuk membuat banyak karya seni visual seperti mendesain logo, brosur, majalah, edit foto, dll.

Apa yang bisa kamu dapatkan kalau belajar desain grafis di Dumet School? Oh well, ada banyak sekali fasilitas keren yang bisa mendukung proses belajarmu supaya bisa jago desain grafis dan web programming lho. Di Dumet School, kamu akan mendapatkan fasilitas berikut: 


Kesimpulannya, kalau kamu ingin membangun kredibelitas seperti Darren Rowse, pastikan kamu memiliki skill menulis yang baik, tidak lupa, didukung keahlian membuat desain gambar yang apik untuk meningkatkan kepercayaan pembaca yang pada akhirnya kamu akan dinilai kredibel oleh pembaca blogmu. Mau jago desain grafis dan web programming? Kursus aja di DUMET School.

2. Tidak Menjual Mimpi


Kalau kamu punya waktu luang, coba deh kamu cari buku sesuai peminatan atau hobi yang kamu suka. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah penulis bukunya benar-benar menerapkan apa yang ditulisnya? Apakah ia telah meraih pencapaian nyata dan bukan menulis teori semata hanya untuk menggaet profit dari pembaca yang ingin mendapat manfaat dari bukunya?

Banyak penulis berkualitas, begitu juga sebaliknya, tentunya kamu tidak mau dong membeli buku yang punya judul hype (bombastis / berlebihan) yang menawarkan kesuksesan semudah menyelesaikan bacaan layaknya bermimpi indah di malam hari, justru kamu ingin bukti nyata, bukan?

Oleh karenanya, dalam blog post ini, saya sudah menceritakan kesuksesan Darren Rowse melalui buku yang ia tulis padamu, bukan? Poin penting kedua, Darren tidak menjual mimpi belaka, beliau tidak ingin orang-orang yang membaca bukunya kecewa. Oleh karenanya, beliau menggarap bukunya dengan serius dan cermat supaya pembacanya bisa menerapkan kesuksesan yang sama yang pernah diraihnya, yakni menghasilkan uang dari blog.


Dalam poin sebelumnya, saya sudah memberikan rekomendasi untuk kursus desain grafis di DUMET School untuk mendukung tulisanmu menjadi lebih kaya akan sentuhan grafis yang membantu pembaca memahami isi tulisanmu.

Sama halnya dengan poin kedua, DUMET School tidak hanya menjual janji dan mimpi sukses mendapatkan keahlian di bidang desain grafis, namun DUMET School benar-benar memberikan bukti nyata kalau para murid dan alumni yang belajar di DUMET School berhasil menguasai desain grafis. Sebagai pendukung pernyataan ini, kamu bisa melihat testimoni murid DUMET School berikut ini:


Melalui Darren Rowse kita belajar, untuk meraih kesuksesan perlu adanya upaya, baik itu upaya yang kita inisiasi sendiri atau upaya lainnya seperti menempa diri melalui lembaga kursus di DUMET School, upaya yang tidak kenal henti itu akan mengantarkan kita pada kesuksesan asalkan kita setia konsisten menekuni aktifitas blogging dengan terus menulis lebih banyak lagi konten bermanfaat untuk pembaca blog kita. :)

1 comment:

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.