Resolusi 2019: Tentang Aku Dan Kamu


Judulnya kok begini sih? Tenang-tenang, kamu nggak usah bingung begitu ya gara-gara baca judul artikel ini ya.

Saya emang jarang-jarang nulis judul artikel seperti ini sih, but honestly, it's not a clickbait, jujur saja, judul artikel ini sama sekali tidak membahas tentang relationship a.k.a cinta-cintaan gitu lho. Hihi : D

So, let me tell you what the blog post title means, dalam coretan harian saya yang akan dipajang di blog ini, blog post kali ini akan lebih menceritakan tentang apa yang saya cita-citakan tentang pengembangan diri yang juga akan memberi dampak baik buat kamu, iya kamu, pembaca setia blog ini.

Ada 7 kebaikan yang ingin saya upayakan tahun ini. Saya harap, semua yang saya rencanakan ini bisa memberikan kebaikan untuk saya dan kamu. Apa saja 7 wishlist kebaikan yang ingin saya upayakan dan wujudkan di tahun ini? Yuk dilanjut bacanya. :)

1. Aku Ingin Lulus Kuliah Tahun 2019 Ini


To tell you the truth, sejujurnya, dan mungkin sebagian dari kamu meski bukan semuanya, kamu bisa saja punya ekspektasi berlebihan terhadap saya, bukan karena saya sering menulis konten edukasi bahasa Inggris, bukan berarti kemampuan saya dalam Bahasa Inggris sudah expert seperti yang kamu ekspektasikan.

Sama halnya dengan pembelajar bahasa asing lainnya, saya dan mereka punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kalau teman-teman saya mahir dalam tata Bahasa (grammar), menulis (writing), pelafalan kata (pronunciation), membaca (reading), tapi mereka pun punya kelemahan dimana mereka terkendala dan sangat kesulitan untuk mengasah kemampuan komunikasi mereka dalam bahasa Inggris.

Begitupun dengan saya, memang untuk keahlian berkomunikasi saya mudah menguasainya, jadi tidak heran kalau saya bias mendapatkan skor "baik" dalam mata kuliah kelas speaking dan turut aktif dalam kegiatan lomba debat bahasa Inggris di dalam dan luar kampus.

Namun, kemampuan tata bahasa dan menulis saya masih biasa saja, belum mahir, dan masih terus saya upayakan untuk terus meningkatkannya. Karena kelemahan ini, terkadang, saya agak kesulitan saat menguraikan konsep-konsep teori yang sudah saya pahami ke dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris.

And realistically speaking, saya telat lulus, teman saya sudah lulus kuliah lebih dulu. Diantara mereka, ada yang sudah bekerja, ada yang sudah menikah, dan pencapaian lainnya yang mereka raih seusai lulus kuliah.

Saat ini, saya sedang mencari dan membaca beragam referensi relevan untuk menambah teori variabel bebas dalam penelitian skripsi yang sedang saya kerjakan. Proses selanjutnya adalah menguraikan hasil pemahaman yang saya dapat dari referensi yang sudah saya baca, menghitung data penelitian, dan membuat kesimpulannya.

Dari proses ini, saya harap proses yang sudah dan sedang saya upayakan ini bisa mengantarkan saya untuk lulus dari kampus tempat saya kuliah.

Begitu resolusi pertama ini terwujud, saya akan lebih leluasa untuk menulis lebih banyak lagi konten bahasa Inggris untuk kamu, saya ingin kamu mendapatkan kebaikan dan manfaat terbaik dari konten edukasi Bahasa Inggris yang saya bagikan secara gratis di blog ini.

2. Aku Ingin Menulis Buku Digital (Ebook) Lebih Banyak Lagi Untuk Pembaca DBP


Kalau kamu sudah lama mengikuti dan membaca artikel blog ini, mungkin kamu pernah membaca tulisan resolusi tahun lalu, iya, tahun lalu, saya menuliskan satu resolusi untuk menulis dan menerbitkan e-book bertema traveling untuk pembaca blog ini.

Bersyukurnya, meski baru versi beta dan belum sempurna, tapi saya senang karena sudah memberanikan diri untuk memulai membuat karya dalam bentuk buku digital.

Sampai saat ini, sudah ada 9 pembaca blog ini yang sudah memesan buku digital gratis buatan saya. Kalau kamu ingin memesan buku bahasa Inggris gratisnya, klik saja banner free ebook yang ada di header blog ini atau bisa juga klik banner gambar berikut ini;


Lewat resolusi kedua ini, saya ingin memberikan banyak varian buku yang bisa dipesan dan dibaca gratis oleh pembaca blog ini. Jadi, mohon do'anya ya semoga saya diberi kesempatan oleh Allah untuk terus bisa berbagi kebaikan lewat cara yang saya bisa, dalam hal ini, berbagi buku digital gratis special buat kamu. :)

3. Menulis 1000 Artikel Konten Edukasi Bahasa Inggris Untuk Pembaca DBP


Lewat resolusi ketiga ini, saya ingin berbagi kebaikan dengan pembaca blog ini dengan cara menyediakan artikel orisinal dan bermanfaat yang siapa tahu bisa membantumu belajar bahasa Inggris dari dasar hingga mahir.

Khusus resolusi ketiga ini, wishlist yang satu ini bentuk projectnya berkepanjangan, jadi, kalau pada akhirnya hingga akhir 2019 jumlah tulisannya belum mencapai 1000 artikel, saya hanya harus melanjutkan project ini hingga tercapai.

Hingga hari ini, terhitung ada 445 artikel yang sudah diterbitkan di blog Daily Blogger Pro ini. Dan saya akan terus menulis lebih banyak lagi buat kamu. So, keep stay tune ya.

4. Aku Ingin Mendapatkan Gaji Pertama Dari Google Adsense


Siapa yang ingin membuat blognya menghasilkan uang? Saya yakin, meski tidak semuanya, banyak juga blogger yang menginginkan mendapatkan penghasilan dari blog yang ia kelola termasuk saya.

Saya pertama kali kenal google adsense itu tahun 2012, saat itu Google AdSense belum mendukung blog berbahasa Indonesia. Baru ketika tahun 2015, Google AdSense secara resmi mendukung blog berbahasa Indonesia.

Selama rentang waktu 2012 hingga 2015, saya mempelajari bagaimana caranya supaya blog ini bisa diterima oleh google adsense, sudah belasan atau mungkin puluhan kali mengalami penolakan sampai-sampai saya merasa putus asa.

Saking putus asanya, saya sampai pernah ngambek nggak mau daftar google adsense lagi. But you know what, saat saya ingin menyerah, saya memaksakan diri untuk mencoba sekali lagi untuk terakhir kalinya, dan bsersyukurnya, aplikasi lamaran adsense saya diterima. Waktu itu, saya berkata pada diri sendiri seperti ini;

Pokoknya ini yang terakhir, kalau ditolak lagi, saya akan berhenti daftar google adsense dan mencari alternatif lainnya untuk dapet kue-kue dollar buat jajan chiki rasa angin (karena memang snack sekarang banyak anginnya dibanding isinya. Hihi) yang ada di alfahore, eh alfamaret deng. Hehe :D

Selama proses menunggu itu, karena saya sudah pasrah dan tidak begitu memperdulikan hasil lamaran adsense, saya mencoba mendaftar banyak layanan ads ppc lokal dari mulai kumpulblogger, kliksaya, dan Idblognetwork.

Kelebihan mendaftar ppc lokal adalah kemudahan menjadi publisher. Kekurangannya adalah klik iklannya kecil, menguntungkan advertiser, dan iklannya tidak kontekstual. Bahkan, banyak iklan-iklan di ppc local yang memiliki materi copy writing yang clickbait dan hype banget. Akhirnya, saya berhenti dan say goodbye deh sama mereka (kita putus!). Wkwk.

Kembali lagi ke topik poin keempat ini, setelah lelah berurusan dengan ppc lokal. Saya membuka-buka tumpukan e-mail, saya perhatikan semua pesan yang masuk satu persatu, dan perhatian saya berhenti pada pesan dari Google AdSense.

Pas mau buka e-mailnya, saya tutup mata deg-degan kaya lagi nembak doi gitu, was-was nunggu jawaban bakalan diterima atau ditolak, eh ini ilustrasinya apaan sih. Haha : D

Ketika melihat isi emailnya, saya mendapati isinya kalau saya diterima sebagai publisher google AdSense. Dan kalau tidak salah, saya diterima menjadi publisher di akhir tahun 2015. Dan hingga awal tahun 2019, saya belum merasakan gaji pertama dari google AdSense.

Untuk bisa mengambil saldo dari AdSense, kamu harus mengumpulkan 100 dollar terlebih dahulu. Dan saya baru mengumpulkan setengahnya. Oleh karena itu, saya menuliskan wishlist ini supaya saya bisa berbagi cerita proses mendapatkan penghasilan dari google AdSense untuk pembaca blog ini.

5. Aku Ingin Mendapat Skor IELTS 6.5 - 7.0


Begitu lulus kuliah, rencana saya selanjutnya adalah melengkapi semua berkas persyaratan beasiswa S2 ke luar negeri. Dan salah satu persyaratannya adalah saya harus memiliki skor tes kualifikasi kemahiran berbahasa Inggris, dalam hal ini; TOEFL & IELTS.

Kalau harus memilih, saya lebih memilih mengambil tes IELTS. Alasannya mudah saja, saya sudah pernah mengambil kelas simulasi IELTS yang diadakan oleh English First. Hasil tes IELTS yang saya peroleh adalah 5.0 untuk overall band score-nya.

Berhubung syarat skor IELTS yang diminta sponsor beasiswa adalah 6.5 - 7.0, maka, saya harus berlatih untuk meningkatkan skor IELTS milik saya. Begitu sudah berlatih, baru deh ambil tesnya.

Begitu berhasil merengkuh skor 6.5 atau 7.0 dalam genggaman, saya bisa berbagi ilmu denganmu mengenai tips untuk mendapatkan skor IELTS tinggi secara gratis. Semoga wishlist ini bisa direalisasikan.

6. Membuat Blog Bertema Gaming


Well, sudah sedari kecil saya sangat suka bermain mobile gaming, konsol gaming Sony Playstation, dan Nintendo.

Saking addict-nya bermain game semasa kecil dulu, saya hampir setiap hari bermain game ditempat rental playstation.

Untuk merealisasikan wishlist ini, saya sudah membuat blognya di platform blogger beserta domain .com juga.

Dari blog gaming ini, rencananya, saya ingin mengkombinasikan konten gaming dengan blog ini untuk membuat artikel mengenai cara belajar bahasa Inggris lewat game.

7. Membuat Aplikasi Android Untuk Blog DBP 


Dunia marketing saat ini sudah merambah ke perangkat mobile, bahkan Jalantikus, detik, kompas, dan website besar lainnya sudah membuat aplikasi android yang bisa diinstal di smartphone yang bila diklik, kamu akan diarahkan langsung ke blog atau website pemilik aplikasi tersebut.

Dulu, saat Nokia masih berjaya, ada bahasa pemrograman bernama QT yang memiliki kompabilitas tinggi untuk menjalankan aplikasi lebih baik di smartphone Symbian OS milik Nokia. Saat itu, saya sedang tertarik dengan dunia emulasi konsol game di perangkat mobile.

Misalnya saja, menjalankan game Nintendo Gameboy Advance, Super Nintendo, dan Sony PlayStation 1 di perangkan Nokia. Dari ketertarikan ini, saya sampai menghabiskan uang yang banyak untuk membeli buku pemrograman cara membuat aplikasi Symbian OS berbasis QT.

Tapi, karena saya belajarnya otodidak, saya benar-benar frustasi dan gagal. Akhirnya saya menunda keinginan ini dan keinginan untuk membuat aplikasi baru terpikirkan kembali lagi setelah aktif menseriusi aktifitas blogging.

Saya ingin pembaca dan teman-teman saya menginstal aplikasi blog Daily Blogger Pro di ponsel pintar mereka. Dengan begitu, kesempatan aplikasi itu dibuka sangat tinggi yang berimbas naiknya trafik blog ini.

Dengan semakin banyaknya orang yang menginstal aplikasi blog DBP, semakin banyak orang yang akan bisa mendapatkan akses gratis belajar bahasa Inggris.

Nah, itu dia 7 wishlist yang menjadi resolusi saya di tahun 2019 ini. Semoga resolusi 2019 yang saya tulis ini bisa memberikan kebaikan untuk aku dan kamu. :)

Sumber Gambar: Freepik, Dokumentasi Pribadi, Nintendo, English First

2 komentar

avatar

Semoga semua resolusi mulia di atas dapat suskses terwujud, Mas. Aamiin

avatar

Keinginan mu mulia sekali bung

Semoga segera tercapai semuanya yaaa...

Click to comment