No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Flitto; Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing Selain Google Translate

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFlitto
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu aplikasi terjemahan selain Google Translate, yaitu Flitto.

Lagi ada tugas sekolah nerjemahin artikel, esai, cerita, berita, atau dokumen Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia tapi bosen dan nggak mau pakai google translate karena kurang akurat? Pilih dan gunakan saja aplikasi Flitto.

Apa itu Flitto?

Flitto adalah aplikasi terjemahan berbasis AI dan komunitas penerjemah dari berbagai belahan dunia. Flitto sendiri berasal dari Korea.

Hal unik dan menjadi poin lebih Flitto adalah sistem penerjemahannya tidak hanya mengandalkan AI, tapi juga dilakukan oleh manusia karena ada komuitas penerjemahnya, so, terjemahannya terasa alami dan nggak akan kaku seperti alat terjemahan pada umumnya.

Bagaimana Caranya Flitto Membantu Menerjemahkan Bahasa Asing Ke Bahasa Pengguna?

Ada dua jenis terjemahan yang bisa kamu pilih, kamu bisa menggunakan terjemahan dengan mode AI. Bisa juga request langsung pada penerjemah yang tergabung di Flitto. Memang apa bedanya?

Beda Terjemahan AI & Komunitas Penerjemah :
  • Kalau pilih terjemahan AI, kamu tidak dipungut biaya. Dan sebagai bonus dari Flitto, kamu akan diberi contoh penggunaan kalimat atau sinonim dari kata atau kalimat yang kamu terjemahkan yang diterjemahkan oleh para penerjemah Flitto secara gratis dalam jumlah terbatas.

  • Kalau pilih mode request, kamu harus bayar. Kamu harus top-up poin, lalu gunakan poin mulai dari 100, 200, 500, hingga 1000 poin untuk satu kali request kata, kalimat, paragraf, atau dokumen yang ingin kamu serahkan pada para penerjemah Flitto.

Selain Digunakan untuk Menerjemahkan Teks Gratis, Apakah Bisa Menghasilkan Uang Lewat Flitto?

Jawabannya bisa, kamu cukup bergabung menjadi tim penerjemah di komunitas Flitto. Unduh saja aplikasinya di Google Playstore atau App Store. Untuk kelas penerjemahnya, ada penerjemah crowdsourcing dan profesional

Saya mencoba pakai aplikasi Flitto ini di tahun 2018 dan mencoba mencari tahu apakah aplikasi Flitto ini bisa dijadikan tempat untuk menghasilkan uang sebagai penerjemah bahasa Asing. Dan ternyata bisa. Ini screenshot penghasilan hasil uji coba yang saya lakukan di Flitto;

Dari hasil uji coba awal, saya mendapatkan 5,60 dolar, aslinya 6 dolar, tapi kena potongan biaya admin dari platform Flitto-nya. Cara mendapatkan penghasilannya, kamu harus membantu klien yang menggunakan jasa penerjemah crowdsourcing / komunitas, biasanya akan muncul notif berisi list kalimat atau paragraf pendek untuk diterjemahkan seperti ini;

Jika terjemahanmu dipilih klien, maka kamu akan mendapatkan 50 Poin. Tiap terjemahan poinnya berbeda. Ada 50, 100, 200, 500, 1000, atau bahkan lebih, tergantung jumlah kata dan tingkat kesulitan terjemahan. Jika kamu sudah memiliki banyak poin, kamu bisa menukarkannya menjadi uang tunai di menu store yang ada di aplikasi Flitto

Aplikasi Flitto ini bisa saja kamu jadikan untuk tempat latihan menerjemahkan sembari mengumpulkan poin untuk mendulang dolar. Cocok untuk kamu yang masih pelajar atau mahasiswa yang punya banyak waktu luang.

Kalau saya, sudah tidak begitu aktif lagi menggunakan aplikasi Flitto ini, karena fokus bekerja di bidang kepenulisan artikel seo, blogging, tutor english debate, dan web development.

Dari hasil eksperimen yang saya lakukan, Flitto benar-benar membayar penerjemah di komunitasnya (setidaknya saat saya aktif berkontribusi menjadi penerjemah di platformnya). Mungkin kamu bisa coba eksperimentasi dan kabarkan kembali jika kamu berhasil mendapatkan dolar dari aplikasi ini lewat kolom komentar, silahkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Flitto untuk Menerjemahkan Teks & Dokumen

Kembali lagi ke pembahasan utama kita, yaitu cara menggunakan aplikasi Flitto untuk menerjemahkan teks dan dokumen gratis. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini ya;

1. Silahkan kunjungi halaman resmi web Flitto; https://id.flitto.com. Begitu kamu sampai di halaman utama, kamu akan masuk ke halaman berikut ini.

2. Pilih Bahasa, misalnya, kamu ingin menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Seperti gambar dibawah, begitu kamu sudah menulis kata atau kalimatnya, tekan menu terjemahan. Tunggu 1 - 3 detik, voila, kalimatnya sudah diterjemahkan deh.

Bonus:Flitto juga kasih kamu bonus contoh kalimat lain sesuai request kamu, terjemahannya dibuat oleh para penerjemah Flitto, dan tentunya gratis. Kira-kira seperti ini bentuk contoh kalimatnya;

Penutup

Flitto bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan teks, dokumen, artikel, dan bahkan menghasilkan uang dengan jadi penerjemah di komunitas platform mereka.

Dan terimakasih sudah membaca hingga paragraf penutup ini ya, melalui artikel ini, kamu dikenalkan dengan aplikasi terjemahan yang mungkin baru kamu ketahui, jenis terjemahan yang bisa kamu pakai di Flitto, hasil eksperimentasi saya dalam menguji coba apakah bisa menghasilkan uang dengan menjadi penerjemah Flitto, beserta tutorial cara penggunaan Flitto versi AI. Semoga tulisan ini membantumu ya. :)