Pengalaman Seru Belajar Content Writing Bareng Komunitas ISB Di Kantor Google Indonesia

Pengalaman Seru Belajar Content Writing Bareng Komunitas ISB Di Kantor Google Indonesia

Pertama kali ngeblog di platform blog milik google tahun 2013 dan di tahun ini, 2019, saya berkesempatan untuk belajar content writing, fitur question hub, dan SEO di kantor Google Indonesia. Terimkasih komunitas Indonesian Social Blogpreuner :)

Buat kamu yang hobi menulis dan menggantungkan penghasilan dari aktifitas ini, kamu pasti mau dong dapet kesempatan untuk upgrade kemampuan menulis, bukan?

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis, ada baiknya kamu mengeikuti pelatihan menulis seperti ikut workshop content writing.

Tapi, pertanyaannya bagaiamana kamu atau saya bisa ikut workshop pelatihan menulis seperti ini?

Mudah saja, saat ini ada banyak banget komunitas literasi dan blogger yang sering mengadakan sharing session dengan topik menarik mulai dari tutorial blogging, personal branding, menggaet brand potensial untuk diajak bekerjasama, dan content writing juga. 

Kalau komunitas itu mengadakan workshop content writing, jangan lupa untuk bergabung ya. Urusan lolos atau tidak, yang penting ajukan saja namamu dulu ya. Soalnya, ada kisah menarik dari percobaan ini. Apa itu?

Beberapa minggu lalu, saya lagi scroll Instagram, saya melihat postingan workshop content writing. Karena saya tertarik dengan acara ini, saya memutuskan untuk bergabung. Saat itu kuota peserta workshopnya sudah penuh, jadi ya mau bagaimana lagi.

Oh well, sayang sekali workshopnya sudah penuh. Meski workshop offline full, tapi saya mendapat informasi dari admin komunitas ISB, ada workshop online juga, saya pikir tak ada salahnya bergabung pelatihan content writing via online di grup whatsApp, toh sama-sama belajar.

Saya menunggu kabar workshop online, karena belum ada kabar, saya memutuskan untuk pulang ke rumah di Banten. And you know what? Saat di perjalanan, saya dapat nitifikasi kalau saya terpilih untuk bergabung workshop content writing di Google Indonesia.

I feel so happy about it.

Sesampainya dirumah, saya langsung bilang ke ibu kalau tidak bisa tinggal lama-lama dirumah soalnya ada pelatihan menulis yang ingin saya ikuti esok harinya. Jadi, sebelum berangkat lagi ke Jakarta, seperti biasa, saya menghabiskan waktu bersama dengan ibu seperti ngobrol seharian, jalan-jalan kesana kemari, dan makan bersama.

Esok harinya, kamis, 12 September 2019, saya langsung berangkat ke Jakarta, sampai di kost, trus berangkat langsung deh ke kantor Google Indonesia.  


Well, I feel so relief, lega soalnya bisa sampai lokasi jam 2 tepat, jadinya nggak ketinggalan materi content writing deh.

Saat workshop dimulai, ternyata acaranya dibagi menjadi 3 seri lho. Apa saja isi pelatihannya? Here they are;
1. Pelatihan Penggunaan Fitur Question Hub oleh Google Expert, ka Fiana Dwiyanti.
2. Pelatihan Content Writing oleh Founder ISB, teh Ani Berta
3. Pelatihan SEO Dalam Pembuatan Konten di Blog

Detail materi tiap sesinya bisa kamu dapatkan melalui uraian berikut ini;

1. Pelatihan Penggunaan Fitur Question Hub oleh Google Expert's, ka Fiana Dwiyanti 


Di sesi pertama, kami dikenalkan dengan fitur google question hub, fitur ini bisa digunakan para penulis konten untuk mencari ide menulis artikel yang benar-benar dicari oleh pengguna google. 

Kok bisa begitu?

Well, karena tujuan google question hub memang untuk membantu pengguna mesin pencari yang tidak puas atau bahkan tidak bisa menemukan informasi yang ia cari di halaman pencarian search engine.

Saat pengguna mesin pencari mengalami masalah seperti uraian sebelumnya, mereka bisa menggunakan fitur question hub ini dengan cara mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang masuk dari pengguna akan dijawab oleh content creator yang ahli di bidangnya.

Nah, kalau kebetulan niche atau topik blog milikmu sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh penanya, kamu bisa mengirimkan url link artikel berisi jawaban relevan untuk para pengguna di question hub milik google.

Manfaat lainnya, kalau kamu turut aktif menjawab pertanyaan dari penanya di question hub google, url artikel yang kamu submit akan lebih cepat terindeks dan diarsipkan sesuai kategori yang terstruktur rapi di data base mesin pencari.


2. Pelatihan Content Writing oleh Founder ISB, teh Ani Berta


Sesi kedua, akhirnya sesi yang paling ditunggu dimulai juga. Yup, content writing workshop Hehe :)

Pematerinya adalah founder dari komunitas Indonesian social blogpreuner (ISB), yaitu teh Ani Berta. Beliau berbagi ilmu dengan kami kalau para penulis sekarang bisa menghasilkan uang melalui job content writer.

Ada banyak tips bermanfaat yang dibagikan oleh teh ani, seperti tips konten seperti apa yang disukai brand yang bekerjasama dengan kita, cerita tentang pengalaman teh Ani selama menggeluti profesi ini, dan berbagi tips untuk membuat portofolio content writer yang baik.

Dan, bagian yang saya suka adalah kita sebagai calon content writer professional harus membangun portofolio menulis di bidang ini. Pasti buat newbie content writer agak susah kalau ingin langsung mendapatkan job berbayar, oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan menjadi penulis sukarela untuk website atau blog milik teman, keluarga, atau bahkan kalau ada kenalan brand juga boleh.

Semakin banyak portofolio tulisan, semakin baik. Portofolio yang bagus ini nantinya bisa kamu ajukan pada brand yang ingin kamu ajak kerjasama untuk pembuatan konten artikel. 


3. Pelatihan SEO dalam Pembuatan Konten di Blog


Sesi ketiga, kami belajar teknis SEO dari ka Ardan. Beliau berpesan bahwa, tulisan di blog ditujukan untuk dua entitas, yakni google dan manusia. So, kamu harus mengoptimasi konten yang kamu tulis secara on page & off page SEO serta menulis konten yang berkualitas agar nyaman dibaca oleh pembaca blog milikmu.



Kalau kamu ingin tulisanmu masuk ke halaman pertama, kamu bisa mengoptimasinya dengan melengkapi paragraf pertama dengan kata kunci yang kamu bidik. Kenapa demikian? Karena google akan mengindeks 100 kata pertama di dalam postingan, bila paragraf awalmu memiliki kata kunci yang relevan, maka tulisanmu bisa masuk ke halaman pertama google.



Sekian cerita postingan kali ini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membuatmu tertarik untuk berinisiatif bergabung ke event-event seru yang diadakan oleh komunitas blogger di Tanah air ya, kalau kamu belum tahu komunitasnya, follow aja Instagram komunitas Indonesian Social Blogpreuner, disana ada banyak event menarik yang bisa kamu ikut.


Last not but least, terimakasih sudah membaca tulisan ini ya. :)

Click to comment