7 Tips Teruji Mendapatkan Ide Menulis Blog

Freepik.com
Bagaimana Saya bisa mendapatkan ide untuk menulis? 

Saya baru ngeblog dan bingung mau menulis apa di blog. 

Baik Kamu yang baru pertama kali ngeblog atau malah Kamu sudah lama menekuni aktivitas ini memiliki masalah yang sama yaitu “kebingungan menulis ide topik untuk ditulis di blog
Saya ingin mengajak Kamu membaca artikel ini sekaligus belajar mendapatkan ide menulis. Tulisan ini Saya persembahkan untuk Kamu, bisa jadi 7 tips ini dapat menginspirasi Kamu untuk terus semangat menulis dan berbagi di blogmu. :)

1. Pengalaman Pribadi
Tahukah kamu? Pengalaman pribadimu bisa diubah menjadi blog post. Pengalaman hidup kamu, merupakan salah satu jenis tulisan yang dihargai oleh pembaca. Pengalaman hidupmu bisa dijadikan pelajaran bagi mereka sekaligus meningkatkan personal brandingmu dimata pembaca.

2. Membaca tulisan blog lain
Saya sering mengunjungi blog lain untuk membaca artikel dan bersilaturahmi. Bisa jadi kamu terinspirasi oleh tulisan mereka sehingga kamu tergerak untuk menulis. 

3. Menjawab Pertanyaan
Saya pernah mendapat komentar dari pembaca, kira-kira seperti ini komentarnya:

Alhasil, lahirlah blog post dengan judul “Optimalkan jaringan pembaca blog Anda dengan widget subscribe social media all in one” Dari pertanyaan yang diajukan lewat komentar, kamu bisa menjawabnya dalam bentuk blog post.

4. Membaca buku
Ternyata hobi membaca bisa membantu kamu menemukan ide untuk ditulis di blog. Tentu saja, buku yang kamu baca harus sesuai dengan topik diblogmu. 

5. Review
Bisa jadi kamu mendapat hadiah gadget baru dari orang terdekatmu. Nah, kamu bisa merubah gadget tersebut menjadi artikel berjenis ulasan atau review.

6. How to atau Tutorial
Bila kamu ahli di bidang komputer, copywriting, atau blog kamu bisa merubah keahlianmu menjadi sebuah artikel pilar atau tutorial. Misalnya, tutorial membuat blog, cara memasang alexa rank, cara membuat e-mail di gmail, dan masih banyak lagi.

7. Hobby
Salah satu hoby saya adalah membaca tulisan genre motivasi. Saya pernah membaca tulisan di bukunya Wahyu Aditya yang berjudul sila ke-6, kreatif sampai mati. Dalam buku itu, ada terminologi unik  mengenai otak kadal dan saya berpikir “Bagaimana kalau saya buat artikel mengenai otak kadal tapi dengan versi saya yaitu untuk blogger?” Alhasil, terciptalah sebuah artikel berjudul “Lawan si otak kadal, dan jadilah blogger sukses!

Nah, sekarang Kamu sudah mengetahui cara menemukan ide menulis blog. Sekarang, pilih poin yang sesuai dengan karaktermu dan buatlah menjadi artikel. :)

Apakah Kamu memiliki cara lain dalam menemukan ide menulis blog? Jika Kamu punya, Kamu bisa berbagi tipsnya dengan Saya disini. :)