MASIGNASUKAv102
102632425344894399

TOEFL: Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

TOEFL: Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1
Add Comments
Jumat, 30 Oktober 2015
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

TOEFL menjadi syarat mutlak bagi kamu yang bermimpi untuk kuliah ke luar negeri, baik menempuh jalur beasiswa atau non-beasiswa, pihak universitas akan memintamu menyertakan hasil nilai TOEFL sebagai syarat administrasi, syarat ini diminta universitas sebagai bukti bahwa kamu mahir berbahasa inggris.

Mendapatkan skor TOEFL 600-650 memang menjadi dambaan semua orang. Hasil itu bisa kamu capai, asalkan kamu tahu tips-tips mengerjakan soal-soal yang diujikan. Dalam bahasa, ada 4 keahlian berbahasa yang diujikan, fokuslah pada satu skill terlebih dahulu, begitu kamu mahir di satu bidang, beralihlah ke skill lainnya.

Sebagai permulaan, yuk kita mulai dengan keahlian mendengarkan or we can called "Listening" in English for short.

Bagi sebagian orang, listening itu susah, sebagian lagi menganggap mudah, relatif bukan? Bila kemampuan listeningmu masih di tingkat awal, kamu nggak perlu khawatir, asalkan tahu triknya, saya yakin kamu pasti bisa  mengerjakan soal tes listening di TOEFL.

Tips Listening TOEFL #1: Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua.

Kalau kamu jeli saat menerapkan tips diatas, kamu bisa terbantu dalam mengerjakan soal listening, kenapa? Karena narasi kedua biasanya berisi jawaban dari pertanyaan yang diujikan. So, kamu harus benar-benar berkonsentrasi penuh pada narasi kedua, perhatikan, di narasi kedua itu pasti ada kata kuncinya. 

Oke, biar lebih fun, langsung praktek yuk biar ilmunya bermanfaat. :)

1. (Woman)       : What did you think of Mr.Kaneki lecture on the history of anime?
    (Man)            : I couldn't keep my eyes open.
    (Narrator)      : What does the man mean?

A. His eyes hurt.
B. He thought the lecture was great.
C. The class was boring.
D. He didn't want to watch Mr. Kaneki.

Pembahasan Soal
Pada narasi kedua, si laki-laki berkata: "I couldn't keep my eyes open." hal ini berarti dia mengantuk dan tidak tertarik dengan mata kuliah sejarah anime yang dijelaskan oleh Mr.Kaneki. Maka, jawaban yang tepat adalah C. The class was boring.

Mengerjakan soal TOEFL sama saja dengan belajar bahasa. Tips termudah menguasai bahasa itu simple kok, kamu cuma perlu memahami konteks kalimatnya, kenapa? Umpama, kamu lagi ngobrol sama temenmu, kalo temenmu ngobrolin soal film anime terbaru, kamu harus ikut alur pembicaraannya, so itu yang kita sebut dengan konteks dalam kalimat. Mau nggak belajar TOEFL tapi mudah dan menyenangkan? Mau dong. Gimana caranya. Jadi, setiap pembahasan mengenai TOEFL, akan ada sesi pembahasan soal disertai gambar. Yuk, kita ulang materi yang sudah kita pelajari dengan pertanyaan yang sama tapi medianya disertai gambar, check it out.

Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

1. (Woman)   : What did you think of Mr.Kaneki lecture on the history of anime?
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

(Man)     : I couldn't keep my eyes open.
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

(Narrator)  : What does the man mean?

A. His eyes hurt.
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1
B. He thought the lecture was great.
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1
C. The class was boring.
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1
D. He didn't want to watch Mr.Kaneki
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

Pembahasan Soal
Pada narasi kedua, si laki-laki berkata: "I couldn't keep my eyes open." hal ini berarti dia mengantuk dan tidak tertarik dengan mata kuliah sejarah anime yang dijelaskan oleh Mr.Kaneki. Maka, jawaban yang tepat adalah C. The class was boring.
Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1

Perlu kamu ketahui, tips ini berguna sekali dalam mengerjakan soal listening paket A dalam TOEFL. Memangnya ada berapa paket soal? Jumlahnya ada tiga paket soal, paket A itu levelnya easy. Paket B tingkat kesulitannya itu medium. Last but not the least, paket C itu levelnya hard.

Sekali lagi, fokuslah pada narasi dialog orang kedua. Masih banyak tips listening lainnya lagi, untuk sekarang, silahkan berlatih skill pertama dalam listening, focus on the second dialogue.

Selamat belajar dan semoga kamu berhasil mendapatkan skor toefl tinggi.

Bagaimana menurutmu? Speak your mind. :)
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy

  1. saya pusing kalau belajar bahasa Inggris, hehe.. Saya lebih suka pelajaran Matematika atau yang ada hitung-hitungannya. Intinya fokus pada narasi dialog, jadi mesti memahami apa yang dibicarakan. Itu animenya sepertinya saya tahu, menghemat energi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aldi Rahman:

      saya sudah desain kontennya semudah mungkin kok al. So, everyone can learn it easier. Semuanya bisa mempelajarinya dengan mudah, karena ini konten awal mengenai TOEFL, jadi tingkat kesulitannya dimulai dari easy, untuk selanjutnya tingkat level kesukarannya akan naik. Yah, ketahuan deh kalo suka anime. hehe :)

      Thanks ya buat kunjungannya Aldi. :)

      Hapus