Apa Sih Bedanya Common Dan Proper Nouns? - Basic English Grammar #2

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Apa Sih Bedanya Common Dan Proper Nouns? - Basic English Grammar #2
Photo credit: VisualHunt

Oh well, kalo kamu lagi belajar grammar, pasti bakalan ketemu sama istilah common dan proper di chapter noun. Daripada bingung, yuk kita bahas tuntas apa sih common dan proper noun itu. Eh, tunggu deh. Sebelum lanjut, kamu harus tahu dulu apa itu noun. Oh well, simpel, kamu bisa baca artikel ini: Belajar Tata Bahasa Inggris Tentang Noun - Basic English Grammar #1. Kalau kamu sudah selesai baca soal definisi noun, langsung kita mulai pembahasan common dan proper noun.

Sebenernya, apa sih bedanya common dan proper noun?

A word which names of person, thing, and place in general is called common noun. For proper noun itself, it is a word names in particular or specific. Proper Noun are always capitalized.

Oke, kita ulas satu persatu, mulai dari common noun. Berdasarkan penjelasan diatas, common noun itu kata benda yang menerangkan nama orang, benda, dan tempat secara umum. Sedangkan Proper Noun, kata benda ini juga menerangkan nama orang, benda dan tempat tapi bedanya kata benda tersebut diterangkan secara spesifik. Ciri lain dari proper noun itu biasanya kata-katanya menggunakan huruf kapital atau huruf besar.

Sebagai ilustrasi, semua orang pasti punya profesi yang disukai sesuai passionnya, ada yang jadi penulis, guru, atau bahkan penerjemah bahasa asing. Nah, ketiga profesi itu masuk dalam kategori common noun. Kenapa? Karena ketiga profesi itu menerangkan nama-nama profesi secara umum. Kamu tidak tahu dan mengenal penulis, guru, dan penerjemah itu bukan? Nah, beda ceritanya kalau kita menyebutkan nama Raditya Dika sebagai penulis, Mr.Hasibuan sebagai guru, dan Mr.Agung sebagai penerjemah. sekarang kamu tahu siapa yang memiliki profesi tersebut. Oleh karena itu, nama-nama orang yang kita sebutkan secara spesifik itu kita sebut sebagai proper noun.

Sebelumnya saya sudah memberikan penjelasan tentang common dan proper nouns melalui ilustrasi, sekarang saya berikan contoh lainnya melalui tabel kecil dibawah ini supaya mempermudah kamu mempelajari materi common dan proper noun.



Common Noun
Proper Noun
Writer
Raditya Dika
Teacher
Mr.Hasibuan
City
Jakarta
Campus
University Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
Community
English Debating Society UHAMKA


Last but not the least, sebagai review, kita ulang lagi. Common noun itu kata benda yang menerangkan nama orang, benda dan tempat secara umum sedangkan proper noun menerangkan kata benda seperti nama orang, benda dan tempat secara spesifik. Mudah bukan? :) 

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.