Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya Di Blog

Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya Di Blog
Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya di Blog
Photo credit: Charles Jeffrey Danoff via Visual hunt / CC BY

Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya - Ali Bin Abi Talib RA


Karena selama hidup kita belajar, ada baiknya kita menuliskan ilmu yang telah kita pelajari. Media sekarang bahkan memudahkan kita untuk menuliskan ilmu-ilmu yang telah lama kita pelajari, iya, kamu bisa menuliskan ilmu milikmu di blog.

Kenapa menuliskan ilmu melalui blog?

1. Semua orang baik yang tinggal perkotaan maupun desa bisa mengakses blog

Internet telah mengubah gaya hidup manusia. Kita dapat dengan mudah mencari informasi melalui mesin pencari, ketika kita menuliskan kata kunci belajar bahasa Inggris, google akan menampilkan daftar hasil pencarian, dan dalam daftar itu, banyak sekali blog yang bagus yang menyediakan informasi yang kita cari. Karena kemudahan blog yang bisa diakses oleh para pembaca segala umur, hal itu memberikanmu peluang untuk berbagi pada lebih banyak lagi khususnya orang-orang yang membutuhkan informasi yang mereka benar-benar butuhkan.

2. Kamu bisa menuliskan ilmu yang kamu pelajari di bangku sekolah dan kuliah dengan mudah

Blog yang sifatnya seperti catatan harian, memungkinkan kita untuk menuliskan ilmu yang sudah kita pelajari selama di kelas. Misalnya, saya sedang menempuh studi di jurusan bahasa Inggris. Oleh karena itu, saya menulis artikel bahasa Inggris di blog. Selain membuat pemahaman bahasa Inggris saya menjadi lebih baik, bahkan juga mengasah daya ingat saya terhadap materi-materi bahasa Inggris yang sudah saya pelajari selama kuliah. Setidaknya, saya sudah menulis 28 artikel bahasa Inggris dan saya akan menulis lebih banyak lagi supaya banyak orang yang bisa belajar bahasa Inggris melalui blog ini, berikut artikel bahasa Inggris yang sudah saya tulis dan terbitkan di blog ini:

  1. 10 Menit Belajar Zero and First Conditional Sentece Langsung Bisa!!! - Grammar #1
  2. 6 Cara Beda Mengucapkan You're Welcome Dan Thank You Yang Jarang Digunakan Orang Lain - Daily Speaking #3
  3. Apa Itu Pronoun Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #7 - New !!
  4. Apa Sih Bedanya Common Dan Proper Nouns? - Basic English Grammar #2
  5. Apa Sih Bedanya Concrete dan Abstract Nouns Itu? - Basic English Grammar #3
  6. Apa Sih Bedanya Countable Dan Uncountable Nouns Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #4 - New !!
  7. Apa Sih Bedanya Masculine dan Feminine Nouns Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #6 - New !!
  8. Apa Sih Bedanya Singular Dan Plural Nouns Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #5 - New !!
  9. Belajar Supaya Tetap Update Berita Terkini Lewat News Item
  10. Belajar Tata Bahasa Inggris Tentang Noun - Basic English Grammar #1
  11. Cara Meminta Maaf Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #5
  12. Cara Menanyakan Dan Menyatakan Waktu Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #6 - New !!
  13. Cara Menawarkan Bantuan Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #4
  14. Fokuslah Pada Narasi Dialog Orang Kedua - Tips Listening TOEFL #1
  15. Gimana Sih Caranya Mengungkapkan Rasa Terkejut Dalam Bahasa Inggris?
  16. Introducing yourself - Daily Speaking#1
  17. Kosakata Kegiatan Sehari-hari Di Rumah Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #6 - New !!
  18. Kosakata Nama-nama Benda Dan Orang Di Sekolah Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #4
  19. Kosakata Nama-nama Tempat Umum Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #5
  20. Mengenal Simple Past Tense - Intermediate English Grammar #2
  21. Mengenal Simple Present Tense - Intermediate English Grammar #1
  22. Metode Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Menyenangkan: Guessing Games
  23. Nama-nama Binatang Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #3
  24. Nama-nama Buah Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #1
  25. Nama-nama Sayuran Dalam Bahasa Inggris - Daily English Vocabulary #2
  26. Salah itu Wajar - Mindset Belajar Bahasa Inggris #1
  27. Tes Kemampuan Bahasa Inggris Gratis Dari EF
  28. There Is No Magic In Learning: Tidak Ada Jalan Pintas Dalam Belajar - Mindset Belajar Bahasa Inggris #2
3. Kamu bisa berbagi akses pendidikan gratis untuk adik-adik di luar sana yang tak punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal.

Total penduduk di Indonesia saat ini sudah 250 juta jiwa. Jumlah itu, memiliki kehidupan yang sama sekali berbeda dengan keseharianmu. Kamu mungkin bisa enak pergi ke sekolah atau kuliah tanpa beban memikirkan biaya ini dan itu, tapi bagaimana keadaan adik-adik kita di luar sana yang tidak bisa mendapatkan golden ticket pendidikan sepertimu?

Jangan sia-siakan kesempatanmu bisa bersekolah saat ini, bagikanlah ilmu yang hari ini kamu pelajari di kelas. Karena dengan berbagi ilmu yang kamu tuliskan melalui blog, hal itu dapat membantu mereka untuk belajar melalui blogmu.

Karena hidup cuma sekali, alangkah baiknya kita memberikan kado terbaik kita untuk orang lain, kado sederhana berupa tulisan yang mengedukasi dan menginspirasi sesama. 

So, kesimpulannya, kenapa kita harus mengikat ilmu dengan menuliskannya di blog?

  • Semua orang yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan bisa mengakses blog
  • Kamu bisa menuliskan ilmu yang kamu pelajari di bangku sekolah dan kuliah dengan mudah.
  • Kamu juga bisa berbagi akses pendidikan gratis untuk adik-adik di luar sana yang tak punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal sepertimu.
Bila kamu merasa tulisan ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya kepada orang-orang tersayang seperti keluarga, sahabat, atau bahkan kekasihmu. Kamu bisa share tulisan ini lewat facebook, twitter, google plus, linkedin atau pinterest. Saya juga mempersilahkan kamu untuk memberikan tanggapan melalui komentar box di blog ini, tenang saja, komentarnya tidak ada moderasi, jadi tanggapanmu tentang tulisan ini akan segera bisa dipublikasi di blog Daily Blogger Pro.

Bagaimana tulisan ini menurutmu?

5 komentar

avatar

wiiih kereeen.
Kalau tulisanku masih banyak curhatannya daripada berbagi ilmunya. Sedih.

Harus lebih rajin nulis konten-konten keilmuan, nih :)

avatar

dara agusti Maulidya:

Glad to hear that you like this post Dara. :)

Nggak usah sedih kali ra, kalo genre sharing itu bisa bermanfaat juga kok, orang-orang suka dengan cerita, bahkan blog ini juga ada kolom genre pribadinya juga kok.

semangat yang mau nulis konten soal kedokteran, ditunggu artikelnya, lumayan kan belajar dari mahasiswi kedokteran langsung, so kita bisa tanya ini itu kalo ada materi yang belum ngerti, good luck dara and thanks for play on my blog. :)

Agung Kharisma

Thanks for reading; Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya Di Blog
http://dailybloggerpro.blogspot.co.id/2016/02/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya-di-blog.html

avatar

Kayaknya bahasa inggrisnya expert nich...

BTW udah saya follow blognya,,,tapi tadi ane cek nama ente gak ada di daftar follower blog ane...

avatar

Wahab Saputra: udah kok, coba cek lagi, awalnya sih emang agak kesulitan buat follow blognya wahab, sampe 5x ngulang baru bisa, di dasbor blogger gue akun "iniblogger" juga alhamdulilah udah ada kok. So, mulai sekarang, begitu wahab update gue langsung baca dan kasih tanggapan deh.

avatar

Thanks anyway, wahab. Alhamdulilah, untuk speaking saya udah lancar, sekarang lagi fokus ke grammar dan writing, makanya tulisan di blog ini bakalan sering ngebahas tentang itu sampe bahasannya tuntas baru pindah ke skill yang lain. Sering-sering maen kesini ya biar nggak ketinggalan update artikel bahasa inggrisnya. :)

Click to comment