Apa Itu Verb Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #8

Apa Itu Verb Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #8
Photo Credit: Pinterest

"Kamu lagi ngapain sekarang?"

Kamu pastinya udah enggak asing lagi dengan pertanyaan diatas, bukan? Iya, buat kamu yang sedang dekat dengan seseorang atau kamu sudah menjalin hubungan dengannya, pertanyaan itu akan menjadi menu harianmu dalam menjalani hari, saling berbagi cerita mengenai aktifitas keseharian dengan pasanganmu supaya kamu tahu kalau dia sedang dalam keadaan baik-baik saja disana. :)

Dalam artikel ini saya ingin mengajakmu berkenalan dengan salah satu tata bahasa Inggris. Perkenalkan namanya verb. Verb, ucapkan salam untuk pembaca artikel ini ya.

Apa Itu Verb Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #8
Photo Credit: Kotaku

Verb: Hi. :)

Kalau kamu memperhatikan paragraf pembuka artikel ini, kamu pasti tahu kegunaan tata bahasa ini, iya, kegunaan verb adalah menjelaskan kegiatan yang sedang kamu lakukan. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal tata bahasa ini dengan nama kata kerja.

Tidak hanya mengenalkanmu namanya, saya juga akan mengenalkan karakter asli verb supaya kamu bisa dekat dan berteman dengannya.

Karakter Verb

1. Dalam kalimat setidaknya terdapat satu kata kerja (verb).
2. Kata kerja selalu memberitahumu kalau tujuannya ada dalam kalimat untuk menerangkan kegiatan.
3. Kata kerja dalam bahasa Inggris biasanya sering ditemui ditengah kalimat.
4. Verb terkadang ditemani kata bantu seperti am, is, are, were, was, have, has, can will, been, do, does, may, might, must, had, would, could, dan should.
5. Bentuk kata Verb bisa berubah sesuai dengan tempat dan waktu kapan ia digunakan dalam kalimat.

Kini, kamu sudah berkenalan dengan verb, tahu kegunaannya, dan karakternya. Apakah cukup? Pertanyaan bagus. Masih ada satu hal lagi yang belum kamu ketahui mengenai verb. Coba kamu perhatikan karakter verb yang ke-5, verb bisa merubah bentuk katanya sesuai dengan keadaan, oh well, si verb ini ternyata punya sifat moody. :)

Kenapa Verb dalam bahasa Inggris bisa berubah-ubah?

Jawaban mudahnya, kata kerja dalam bahasa Inggris punya 4 bentuk.

Pertama, bentuk present. Bentuk pertama ini seringnya digunakan ketika kamu sedang ditanya temanmu saat ini dan pertanyaan itu sering sekali ditanyakan seperti menanyakan pr, atau tugas sekolah.

Contoh: eat, walk, drink, read, do.

Kedua, Past. Bentuk kedua ini seringnya digunakan ketika kamu menceritakan kegiatanmu kemarin, pokoknya kegiatan yang sudah berlalu. 

Contoh: Ate, walked, drank, read, did.

Ketiga, Present Participle. Bentuk ketiga ini biasanya digunakan ketika kamu ditanyai temanmu apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini. 

Contoh: Eaten, walked, drunk, read, done.

Keempat, Progressive. Bentuk keempat ini seringnya bisa kamu temui ketika kamu sedang ngobrol dan membicarakan kegiatan temanmu yang waktunya detik ini, sekarang dan saat ini.

Contoh: Eating, walking, drinking, reading, doing.

Yeay, kini kamu sudah mengenal verb seutuhnya. Kamu tahu apa itu verb, kegunaannya, dan karakternya serta bentuk perubahan kata kerjanya. Saya ucapkan selamat ya buat kamu yang membaca artikel ini. :)

Semoga artikel ini bermanfaat ya, kalau dirasa tulisan ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya kepada teman-temanmu supaya mereka bisa berkenalan juga dengan verb. :)

Bagaimana artikel mengenai verb ini menurutmu?

4 komentar

avatar

waah sambil belajar bahasa ingris disahring disini ya, bagus nie

btw ada typo di bagian ke empat "serignya"

avatar

Iya nih ka, apa yang gue pelajarin langsung gue share ke blog ini.

Oke, sudah diedit, thanks buat masukannya ka puput.

avatar

wah bahasannyaa.. udah kayak guru ^^
Bagus baguus

avatar

laili umdatul khoirurosida:

Thanks ya Laili, ah bisa aja, kalau bisa sih pengen jadi dosen bahasa Inggris di kampus gitu. Hehe :)

Click to comment