What is phrase? Kenalan Yuk Dengan Phrase Dalam Tata Bahasa Inggris - Grammar #2

Mengenal Phrase Dalam Bahasa Inggris
Mengenal Phrase Dalam Bahasa Inggris - Stocksnap

Kalau kamu berniat untuk melatih kemampuan menulismu dalam bahasa Inggris, kamu harus menguasai kiat-kiat menulisnya terlebih dahulu. Teman, salah satu kiatnya itu kamu harus mengenali tata bahasa Inggris karena seperti yang kamu ketahui kalau bahasa Inggris itu struktur kalimatnya berbeda dengan bahasa Indonesia.

Dalam artikel ini, saya ingin mengajakmu untuk berkenalan dengan salah satu tata bahasa yang ada dalam kalimat, namanya phrase. Tunggu apalagi, yuk kenalan sama phrase.

Apa itu phrase?

Penjelasan mudahnya, phrase itu kumpulan kata yang tidak terdiri dari subjek dan kata kerja dalam kalimat. Lebih mudahnya, kamu bisa memahaminya lewat contoh kalimat berikut ini:

Mr.Bahrul Hasibuan is the best lecturer in my campus.

Dalam kalimat diatas, ada dua phrase; 1. Noun Phrase, 2. Prepositional Phrase.

1. Noun Phrase: The best lecturer

Kenapa kumpulan kata "The best lecturer" bisa disebut sebagai noun phrase

Penjelasan mudahnya, diksi "The best" dalam bahasa Inggris disebut dengan nama modifier karena diksi "The best" menambah keterangan pada kata "Lecturer." Sehingga bila digabungkan maknanya adalah dosen terbaik. Dalam tata bahasa Inggris, diksi "Lecturer" dikategikan sebagai kata benda atau noun. Kesimpulannya, diksi "The best" bila digabungkan dengan "Lecturer.", maka jadilah Noun Phrase.


2. Prepositional Phrase: In my campus

Kenapa kumpulan kata "In my campus" disebut sebagai prepositional phrase?

Penjelasan mudahnya, diksi "In" dalam tata bahasa Inggris dikenal sebagai preposition. Preposition ini tugasnya adalah sebagai penghubung satu kata dengan kata yang lain dalam kalimat, dalam konteks kalimat diatas, preposition fungsinya sebagai penunjuk tempat. Diksi "my campus" disini disebut sebagai object of preposition (objek dalam kalimat), seperti yang kita ketahui, objek dalam kalimat bisa berupa kata benda (noun), dan kata ganti orang (pronoun). Diksi "my campus" ini objek kalimat berupa kata benda yang menunjukkan tempat. Kesimpulannya, diksi "In" bila digabungkan dengan object of prepostion "my campus", maka jadilah prepositional phrase.

Setelah membaca dua contoh phrase diatas, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan seperti apa phrase itu. Tapi, apakah perkenalanmu dengan phrase hanya sebatas sampai tahu apa itu noun dan prepositional phrase saja? Pertanyaan bagus. Jawabannya, masih ada phrase lainnya lagi seperti verb dan appositive phrase. Supaya kamu mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai phrase, yuk dilanjutkan membacanya supaya kamu mengenal phrase lebih dekat lagi. :)

Kamu bisa mengenal verb dan appositive phrase melalui kalimat ini:

Mr.Sigit Sumarsono, the Head of English Department, is teaching statistics at fifth semester.

3. Appositive phrase: the Head of English Department

Kenapa kumpulan kata "the Head of English Department" disebut sebagai appositive phrase?

Penjelasan mudahnya, appositive phrase itu fungsinya sebagai kumpulan kata yang menerangkan subjek dalam kalimat. Dalam kalimat diatas, diksi "the Head of English Department" menerangkan "Mr.Sigit Sumarsono". Kita dapat menyimpulkan bahwa Mr.Sigit Sumarsono adalah ketua program studi bahasa Inggris. Mudah, bukan?  

4. Verb Phrase: is teaching

Kenapa kumpulan kata "is teaching" disebut sebagai verb phrase?
Penjelasan mudahnya, diksi "is" dalam tata bahasa Inggris disebut sebagai helping verb (kata kerja bantu), itu berarti diksi "is" bukanlah kata kerja utamanya sehingga kita dapat menyimpulkan fungsi "is" di kalimat diatas sebagai modifier yang melengkapi kata kerja utamanya yakni "teaching". Bila digabungkan, kedua diksi ini: "is teaching" dapat menjadi verb phrase. Mudah, bukan?

Sebagai penutup artikel ini, saya ingin mengucapkan selamat padamu. Kini, kamu sudah mengenal definisi phrase, jenis-jenis phrase, beserta contoh kalimatnya. Saya harap tulisan ini bisa bermanfaat untukmu ya, kamu juga bisa membagikan tulisan ini supaya teman-teman terdekatmu bisa mengenal phrase juga melalui artikel ini. 

Bagaimana artikel phrase ini menurutmu?

3 komentar

avatar

Pantesan jago Bahasa Inggris, saya habis kepoin adminnya ternyata kuliah jurusan Bahasa Inggris.
Pertanyaan yang kemari saya jawab di sini saja kali ya. Saya ngajar di SD sebagai Guru Mapel Penjaskes. Selain ngajar saya juga suka otak-atik laporan keuangan untuk pertanggungjawaban dana BOS.

avatar

Ah pak haris bisa aja, terimakasih untuk apresiasinya pak.

Administrasi sebagai guru aja udah banyak ya pak, ditambah jobdesk keuangan bos di sekolah, semoga dimudahkan dalam mengatur waktunya ya pak. :)

Terimakasih sudah membaca tulisan di blog ini ya pak. :)

avatar

Mr Hasibuan emg the best... Hehehe

Click to comment