Cara Mengusulkan Topik Diskusi Dalam Bahasa Inggris - English Club Ulul al-Bab Institute #2

Cara Mengusulkan Topik Diskusi Dalam Bahasa Inggris - English Club Ulul al-Bab Institute #2

Apakah kamu suka berdiskusi? Kalau iya, saya ucapkan selamat. Kenapa? Hobimu itu bisa banget loh dijadikan media untuk belajar bahasa Inggris. Penjelasan mudahnya, kamu bisa berdiskusi dengan menggunakan bahasa Inggris. Seru, bukan?

Kalau kamu suka membaca tulisan saya di blog ini, kamu pastinya sudah tahu dong kalau saya pernah diundang oleh teman-teman komunitas diskusi Ulul al-Bab Institute untuk mengisi kajian bahasa Inggris, nama yang umumnya sih, kita mengenalnya dengan sebutan English Club. Istilah ini umum digunakan dalam eskul bahasa Inggris di sekolah maupun program kerja di himpunan mahasiswa bahasa Inggris.

Buat kamu yang belum membaca seri artikel sebelumnya, saya sarankan untuk membaca seri pertamanya dahulu melalui post berikut ini: English Club Ulul al-Bab Institute #1.

Saya bersyukur bisa diberi kesempatan memberi pengetahuan yang saya pelajari kepada teman-teman lain, mereka-mereka ini saya perhatikan setiap kali datang mengajar pasti antusiasnya tinggi banget buat belajar bahasa Inggris. Kenapa? Alasannya mudah, mereka mau menggunakan bahasa inggris pada passionnya dalam berdiskusi.

So, sesuai keterangan di paragraf sebelumnya, kamu jadi tahu tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris di komunitas ini adalah membuat mereka mahir berbahasa Inggris dalam diskusi. Oleh karena itu, saya dengan senang hati berbagi waktu dan ilmu dengan mereka demi tercapainya tujuan itu. :)

Seperti yang sudah saya janjikan pada mereka, begitu selesai mengajar materi bahasa Inggris yang sudah disesuaikan kalimat dan frasenya untuk diskusi, saya akan menuliskannya di blog ini. Selain mereka bisa mengulang materinya, teman-teman pembaca blog ini juga bisa ikut belajar mengenai kalimat apa aja sih yang sering digunakan dalam diskusi bahasa Inggris.

Di pertemuan pertama, teman-teman komunitas sudah mempelajari cara menyampaikan pendapat pribadi beserta menanggapi pendapat orang lain dengan respon setuju dan tidak setuju. Di pertemuan kedua, saya berbagi cara mengusulkan topik diskusi dalam bahasa Inggris. Langsung saja, yuk disimak materinya. :)

Cara Mengusulkan Topik Diskusi Dalam Bahasa Inggris - English Club Ulul al-Bab Institute #2


How to propose a topic for group discussion - Cara Mengusulkan Topik untuk Diskusi

Sebelum diskusi dimulai, sudah seharusnya ada topik yang dibahas dalam diskusi, oleh karena itu penting sekali rasanya bagi seseorang untuk mengusulkan topik diskusi. Setelah ada anggota diskusi yang mengusulkan topik, anggota lainnya akan memberikan respon setuju atau tidak setuju dengan topik diskusi yang diusulkan sebelumnya. 

Mengusulkan topik diskusi terasa mudah kalau kamu tahu caranya, melalui artikel ini, saya ingin berbagi  lima kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengusulkan topik diskusi. Langsung saja, silahkan kamu pelajari dan praktekkan kelima kalimat berikut ini:


1. I think we should choose ( . . . ) as our topic group discussion.
2. May I suggest ( . . . ) as our topic group discussion.
3. Why don't us talk about ( . . . ) as our topic group discussion.
4. My advice would be diffrent than others. How if we discuss about ( . . . ) as our topic group discussion.
5. I would like to recommend ( . . . ) as our topic group discussion.


Kelima kalimat mudah diatas bisa kamu gunakan untuk mengusulkan topik diskusi dalam bahasa Inggris. Sebagai catatan, coba deh kamu perhatikan kelima kalimat diatas. Saya menaruh tanda ( . . . ) dalam setiap kalimat, maksudnya, kamu bisa menyisipkan topik diskusinya dalam tanda kurung itu, mudah, bukan? Kira-kira begini contohnya:


2. May I suggest (plagiarism in education field) as our topic group discussion. - Kalau diizinkan, saya menyarankan praktik plagiat di  bidang pendidikan sebagai topik diskusinya.


Keterangan: Kata yang ada di dalam kurung dan huruf tebal pada kalimat diatas adalah topik diskusi. Simpel, bukan? 

Oh iya, selain tahu kalimat apa saja yang digunakan, kamu juga harus tahu juga dong terjemahan dalam bahasa Indonesianya supaya kamu mendapatkan pengetahuan yang utuh mengenai materi yang ada di tulisan ini. :)


Terjemahan

1. I think we should choose (Indonesia traditional food) as our topic group discussion - Menurut saya, kita harus memilih makanan tradisional Indonesia sebagai topik diskusinya.

2. May I suggest (plagiarism in education field) as our topic group discussion - Kalau diizinkan, saya menyarankan praktik plagiat di  bidang pendidikan sebagai topik diskusinya.

3. Why do not us talk about (English Student Association) as our topic group discussion - Kenapa kita tidak membicarakan tentang himpunan mahasiswa bahasa Inggris sebagai topik diskusinya.

4. My advice would be diffrent than others. How if we discuss about (unemployee problem in Indonesia) as our topic group discussion. - Usulan saya akan berbeda dibanding teman-teman yang lain. Bagaimana kalau kita mendiskusikan masalah pengangguran di Indonesia sebagai topik diskusinya.

5. I would like recommend (traffic problem in Jakarta) as our topic group discussion - Saya ingin merekomendasikan masalah kemacetan di Jakarta sebagai topik diskusinya.

 
Well, kalau kamu sudah membaca hingga paragraf ini, saya ucapkan selamat buat kamu, kini, kamu sudah mengetahui lima kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengusulkan topik diskusi dalam bahasa Inggris beserta terjemahan bahasa Indonesinya. :)

Selanjutnya, saya juga ingin berbagi tips dengan teman-teman komunitas dan pembaca yang sedang asyik dan semangat belajar bahasa Inggris melalui artikel ini mengenai cara menyetujui dan menolak usulan topik diskusi yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Yuk disimak materinya.


Cara menyetujui topik yang diusulkan orang lain dalam diskusi

- I must admit that your topic is good because . . .
- I agree with your topic because . . .
- I totally agree with your topic because . . .
- That just what I was thinking.
- That's a good topic to be discuss because . . .


Kelima kalimat ini bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan persetujuanmu dengan topik diskusi yang sudah diusulkan oleh teman diskusimu. Coba deh kamu perhatikan pada kalimat diatas, pada kalimat ini, kamu bisa melihat setelah diksi 'because', ada titik-titik, maksudnya, kamu bisa menambahkan alasanmu setelah diksi 'because'.

Supaya mudah memahaminya, saya akan berbagi contoh kalimat mengenai cara menyetujui topik yang diusulkan orang lain dalam diskusi. Berikut contohnya:


I agree with your topic because it is very interesting to be discuss - Saya sependapat dengan topikmu karena topiknya sangat menarik untuk didiskusikan.


Kamu hanya tinggal menambahkan alasanmu setelah diksi 'because', mudah, bukan?

Selanjutnya, saya ingin mengajakmu mengenali makna dari kelima kalimat diatas, mengetahui makna kalimat bahasa Inggris bisa membantumu dalam membentuk pemahaman setiap kali kamu menemui kalimat bahasa Inggris. Berikut ini terjemahan dari kelima kalimat diatas:


Terjemahan

- I must admit that your topic is good because it is relevant with the current issue in Indonesia - Saya harus mengakui kalau topikmu bagus karena topiknya relevan dengan kondisi terkini di Indonesia.


- I agree with your topic because it is very interesting to be discuss - Saya sependapat dengan topikmu karena topiknya sangat menarik untuk didiskusikan.


- I totally agree with your topic because it is awesome to be discuss - Saya sepenuhnya setuju dengan topikmu karena topiknya keren untuk didiskusikan.


- That just what I was thinking - Topik itu sama seperti yang saya pikirkan.


- That's a good topic to be discuss because it will make our mind broad - Itu topik yang bagus untuk didiskusikan karena topik itu bisa membuat kita berwawasan luas. 


Cara menyatakan ketidaksetujuan kita dengan topik yang diusulkan orang lain dalam diskusi


- I don't agree with your topic because . . .
- I disagree with your topic because . . .
- That's not entirely good topic to be discuss because  . . .
- I don't agree at all because . . .


Kalau kamu tidak setuju dengan topik yang diusulkan temanmu, sama seperti pembahasan sebelumnya, setelah diksi 'because' tambahkan alasanmu kenapa kamu tidak sependapat dengan topik yang temanmu usulkan. Kira-kira seperti ini contoh kalimat dan terjemahannya:

- I don't agree with your topic because it is not interesting enough to be discuss - Saya tidak sependapat dengan topikmu karena topiknya tidak begitu menarik untuk didiskusikan.

- I disagree with your topic because there is another topic that more urgent to be discuss - Saya tidak setuju dengan topikmu karena masih ada topik lain yang lebih mendesak untuk didiskusikan.

- That's not entirely good topic to be discuss because it is not relevant to be discuss - Itu sama sekali bukan topik yang bagus untuk didiskusikan karena topiknya tidak relevan untuk dibahas.

- I don't agree at all because it is a sensitive topic to be discuss - Saya tidak setuju sama sekali karena itu adalah topik yang sensitif untuk didiskusikan.


Review pembelajaran dan perkembangan bahasa Inggris teman-teman komunitas

Cara Mengusulkan Topik Diskusi Dalam Bahasa Inggris - English Club Ulul al-Bab Institute #2

Peserta diskusi: Tulus, Fahri, Kak Soleh,  Hafidz, Farhan, dan Lilif.

 
Things to improve
Things to improve adalah rubrik yang harus kamu tingkatkan, melalui rubrik ini, kamu dapat mengetahui poin mana yang bisa kamu tingkatkan lagi supaya kemampuan bahasa Inggrismu bisa naik level sesuai dengan materi yang dipelajari dalam tiap pertemuan.

1. Teman-teman komunitas sudah mengenal kalimat yang digunakan untuk mengusulkan topik diskusi beserta meresponnya dengan setuju dan tidak setuju dalam bahasa Inggris.

Saran: Apakah mengenali kalimatnya saja sudah cukup untuk masuk ke tahap mahir? Saya pikir, masih belum cukup, supaya kalimat-kalimat itu menjadi milikmu seutuhnya dalam artian kamu menguasainya dan mahir menggunakannya, kamu harus lebih banyak menggunakannya dalam keseharianmu dalam berdiskusi. Misalnya, minggu ini Kak Alif mengisi materi keteladanan tasawuf dalam kehidupan Buya Hamka, nah bagaimana kalau sebelum memulai diskusinya, kamu gunakan kalimat bahasa Inggris yang ada di tulisan ini untuk mengusulkan topik diskusinya, dengan begitu kamu punya kesempatan untuk mempraktekkannya dalam keseharian diskusimu.

Whats they got & should be grateful for

Rubrik "Whats they got & should be grateful for" isinya adalah keahlian berbahasa yang sudah teman-teman komunitas kenali, pelajari, dan dapatkan. Penjelasan mudahnya sih, ini poin-poin positif perkembangan bahasa Inggris yang kamu dapatkan setelah selesai diskusi. Penasaran dengan perkembangan bahasa Inggrismu? Kepo deh, haha :). Cek perkembanganmu dengan meneruskan membaca list dibawah ini:

1. Setelah belajar, teman-teman komunitas yang menjadi peserta diskusi tahu kalimat apa yang bisa digunakan untuk mengusulkan topik diskusi, menyetujui dan menolak topik diskusi yang diusulkan orang lain dalam bahasa Inggris.
2. Teman-teman komunitas mendapatkan pelatihan repetisi bahasa Inggris berulang-ulang supaya mereka terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kalimat bahasa Inggris.

Cie, udah belajar banyak ya. Hehe :)

Saya harap, tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman komunitas diskusi Ulul al-Bab Institute sebagai bahan pembelajaran materi kembali dan jadi sarana ulasan perkembangan bahasa Inggris teman-teman komunitas. Buat pembaca blog ini, saya harap kamu juga bisa ikut belajar mengenai kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengusulkan topik diskusi dalam bahasa Inggris. Bagaimana artikel ini menurutmu? Speak your mind :)

15 komentar

avatar

Aku begitu salut ma orang2 yg fasih berbahasa inggris. Secara aku muk yes no ajah. Pingin banget bisa cas cis cus, tapi susah deh. saluttt!!!

avatar

Very useful actually����

avatar

Ikutan diskusinya juga dong kak hihi

avatar

Nama grop nya bagus yah, ENGLISH CLUB ULUL ALBAB. Kaya anak pesantrenan aja

avatar

Kalau mampir kesini jadi penter bagaha ingris ya gan!

avatar

Maksud Saya BAHASA INGGRIS

avatar

keren ya.. bisa diskusi pake bahasa ingris, jebolan komunitas ini pasti bisa dengan bangga mencantumkan keahlian bahas ingrisnya di CV nie..

avatar

Thanks for sharing ya mas. Untuk beberapa orang, keberanian membuka mulut untuk bicara bhs inggris itu susah looo...

avatar

Terimakasih atas apresiasinya mbak widya. Hanya ini yang saya bisa lakukan untuk berbagi dengan sesama, melalui kemampuan saya di bahasa inggris, saya ingin berperan membuat konten positif dalam menyediakan konten-konten bahasa Inggris yang bisa diakses dengan mudah dan gratis melalui blog ini dan berharap tulisan-tulisan bahasa Inggris di blog ini bisa memberikan manfaat terbaik untuk pembaca. :)

avatar

Gabung aja mi, ikuti setiap post artikel mengenai dalam bahasa inggris melalui blog ini, praktekkan, dengan begitu kamu juga bisa ikut serta belajar secara berproses. Semoga bermanfaat ya. :)

avatar

Hehe, bisa aja dzaky. :D

avatar

Syukurlah kalau tulisan-tulisan saya disini bisa bermanfaat. :)
Senang mendengarnya.

avatar

Lebih keren lagi kalo bang puput juga ikutan. Hehe :D

Iya bang, semoga yang saya bagikan di komunitas ini bisa bermanfaat buat temen-temen komunitas. :)

avatar

Dulu saya juga seperti itu, susah sekali berbicara dengan menggunakan bahasa inggris, harus praktek rutin dan berkali-kali dahulu, barulah saya bisa. Sekarang, giliran saya buat berbagi dengan temen-temen lain supaya ilmunya bisa bermanfaat buat sesama. :)

Click to comment