MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Apa Sih Adverb Itu Dalam Bahasa Inggris? - Basic English Grammar #11

Apa Sih Adverb Itu Dalam Bahasa Inggris? - Basic English Grammar #11
Add Comments
Senin, 23 Januari 2017
Apa Sih Adverb Itu Dalam Bahasa Inggris? - Basic English Grammar #11
Credit Picture: Pinterest and Jun Akizaki

Kalau kamu suka berdiskusi, pastinya kamu dan temanmu akan beradu argumen dan pendapat kalian masing-masing, bukan? Kamu bisa setuju dengan pendapat temanmu maupun sebaliknya, kalau kamu setuju kamu bisa memberi penekanan dengan menggunakan kata yang tepat. Setelah selesai diskusi, mungkin kamu dan temanmu lapar dan ingin pergi ke restoran, kafe, atau tempat makan terdekat. Selama perjalanan, kamu dan temanmu pastinya akan membicarakan tempat yang kalian tuju, begitu sampai, makanan pun datang, dan kalian pun dapat menikmati makanan lezat yang sudah kalian pesan sebelumnya serta memberikan penilaian rasa dari menu makanan yang kalian pesan.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis tulisan mengenai adjective (kata sifat). Pada blog post ini, saya ingin berbagi ilmu lagi dengan teman-teman pembaca blog ini mengenai adverb dalam bahasa Inggris.

Kalau kamu memperhatikan paragraf pertama di artikel ini dengan teliti, semua kalimat itu adalah adverb. Itu berarti saya sudah memberikan ilustrasi mengenai adverb secara tidak langsung, hayoo baru sadar ya kalau itu adverb semua, udah dilanjut dulu ya bacanya, nanti begitu kamu selesai membaca artikel ini, kamu boleh deh scroll lagi ke paragraf pertama. :)

Apa Itu Adverb?

Penjelasan mudahnya, adverb itu kata yang memberi keterangan tambahan pada kata kerja (verb), kata sifat (adjective), atau bahkan adverb lainnya dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat yang memiliki adverb:

1. I strongly agree with your opinion.
2. Anton is very smart.
3. Yuri played the piano extremely well.

Keterangan:

Kata yang saya beri tanda tebal adalah adverb (strongly, very, extremely) sedangkan kata yang miring dalam kalimat diatas adalah kata kerja (agree), kata sifat (smart), dan kata keterangan (well).


5 Bentuk adverb yang harus kamu kenali dalam kalimat bahasa Inggris

Teman, kalau kamu mempelajari lebih dalam lagi, ternyata adverb ini punya banyak teman loh, apakah kamu tertarik untuk mengetahui siapa saja sih teman-temannya si adverb yang bisa kamu ajak kenalan supaya kamu bisa lebih dekat dan memahami tata bahasa yang satu ini, silahkan dilanjut bacanya ya. :)

1. Adverb of Manner

Salah satu karakter adverb of manner itu, dia paling suka banget ngejelasin ke pembaca gimana cara seseorang berlari, berenang, berbicara, memainkan alat musik, dan kegiatan lainnya. Pokoknya, dia itu enggak mau diem, semuanya di komentarin. Kaya gini:

  • Syarah is speaking too quietly - Syarah berbicara terlalu pelan
  • Rintan spoke politely -  Rintan berbicara dengan sopan
  • The rain fell heavily - Hujan turun dengan lebat
  • Kousei plays the piano beautifully - Kousei memainkan piano dengan indah

Keterangan: Penjelasan mudahnya, adverb of manner itu selalu memberimu informasi tambahan bagaimana seseorang berlaku atau menyelesaikan kegiatannya, kamu bisa bertemu dengannya, maksud saya, adverb of manner di dekat kata kerja dan di dekat objek dalam kalimat. Coba deh kamu perhatikan empat kalimat diatas sekali lagi. Kalimat pertama, kedua, dan ketiga punya ciri yang sama, adverbnya ada di dekat kata kerja, lebih tepatnya sih dia ada setelah kata kerja (is speaking, spoke, dan fell) sedangkan pada kalimat keempat, adverb of manner ada di dekat objek dalam kalimat, guys, objek kalimat itu biasanya berupa kata benda (noun), di kalimat keempat, kata bendanya itu the piano. So, sekarang, kamu bisa nemuin si adverb of manner dengan mudah dalam kalimat bahasa Inggris, kalau enggak di deket kata kerja (verb), ya dia ada di deket kata benda (noun).


2. Adverb of Place

Mudahnya, adverb of place menenrangkan tempat yang ingin seseorang kunjungi dalam kalimat bahasa inggris. Well, pastinya ketika kamu sedang pergi menuju suatu tempat bersama teman terdekatmu, baik itu perpustakaan, mall, taman, atau kampus, kamu bisa menggunakan tata bahasa ini untuk menunjukkan arahnya melalui rute mana saja dan jaraknya juga bisa kamu terangkan pada temanmu. Biasanya, kamu bisa menemukannya setelah objek dalam kalimat.

Contoh kalimat adverb of place

  • Put your book there - Letakkan bukumu disana
  • We are heading to campus - Kami sedang menuju kampus
  • The Japanese restaurant which we are heading to is nearby - Restoran jepang yang kami tuju sudah dekat
  • The adjudicator of English debate competition position is in the center of the room. Posisi dewan juri kompetisi debat bahasa inggris ada di tengah ruangan.

Penjelasan mudahnya, kata yang tebal itu adalah adverb of place. There pada kalimat pertama menerangkan tempat dimana kamu harus meletakkan buku milikmu. Campus pada kalimat kedua menerangkan tempat yang kamu tuju. Nearby dalam kalimat ketiga menenrangkan jarak restoran jepang yang sedang kamu tuju sudah dekat. Dan terakhir, in the center of the room menenrangkan padamu posisi dewan juri debat selalu ada di tengah ruangan supaya mereka bisa memperhatikan tim pro dan kontra dengan posisi yang strategis. Mudah, bukan?


3. Adverb of time

Mudahnya, adverb of time itu kata tambahan yang menjelaskan waktu kapan suatu kegiatan terjadi dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat adverb of time:

  • I am reading an interesting articles in Qureta.com right now - Saya sedang membaca artikel yang menarik di Qureta.com saat ini.
  • I have a lunch with Rintan today - Saya makan siang bersama Rintan hari ini.
  • I was eating ramen in Gokana last month - Saya makan ramen di Gokana bulan lalu.
  • I had come to my senior high school reunion events last year - Saya datang di acara reuni SMA saya tahun lalu. 

Keterangan: Kata yang diberi tanda tebal adalah adverb of time, yakni right now, today, last month, dan last year. Tips mudahnya, kamu bisa mengenali adverb of time dalam kalimat bahasa inggris dengan melihat keterangan waktunya di akhir kalimat.


4. Adverb of frequency

Simpelnya, adverb of frequency itu kata tambahan yang menerangkan seberapa sering kamu melakukan suatu kegiatan dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat adverb of frequency:

  • We head to school every day - Kami pergi ke sekolah setiap hari.
  • Fatah and Sani never throw their own garbage.- Fatah dan Sani tidak pernah membuang sampah milik mereka.
  • Fanny often comes late for school - Fanny sering datang terlambat ke sekolah.
  • Yukio and Rin always together all the times - Yukio dan Rin selalu bersama setiap waktu.

Penjelasan mudahnya, kata yang diberi tanda baca tebal adalah adverb of frequency (every day, never, often, dan always), adverb ini menerangkan seberapa sering seseorang melakukan kegiatan tertentu.


5. Adverb of certainty

Mudahnya, adverb of certainty itu kata tambahan yang menerangkan seberapa kamu yakin mengenai kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Contoh kalimat adverb of certainty

  • Ken is probably in the library
  • I surely won't forget the moral value from watching Kimi no Na Wa.
  • Alma is certainly a diligent girl

Penjelasan mudahnya, kalimat yang diberi tanda baca tebal adalah adverb of certainty, ketiga kata itu; probably, surely, dan certainly mengekspresikan perasaanmu mengenai apa yang kamu yakini terhadap kegiatan yang sedang kamu lakukan seperti kamu bisa saja mengira ken sedang asyik membaca di perpustakaan, kamu bisa bercerita kalau kamu sangat yakin tidak akan melupakan kesan terbaikmu dari menonton film Kimi no Na Wa, atau kamu tahu teman sekelasmu yang bernama alma itu adalah gadis yang rajin. As simple as that.

Well, akhirnya, saya ucapkan selamat buatmu ya, kini, kamu sudah mengenal apa itu adverb beserta teman-temannya yang ada di kalimat bahasa inggris, semoga tulisan ini bermanfaat buatmu ya. :)

Bagaimana tulisan ini menurutmu? Yakin kamu sudah memahami artikel ini? Tulis kalimat terbaikmu yang berisi adverb dalam kalimat bahasa inggris di kolom komentar ya. :)
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy

  1. Good job dude, this is very useful.
    Thanks for your writing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah, thanks for your appreciation, jar. :)
      I hope this article will be useful for you.

      Hapus
  2. Asik, belajar lagi nih dari mas Agung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat belajar bahasa Inggris di blog ini ya, Andi. :)

      Hapus
  3. aku bisana yes no, skr bisa belajar di sini sama mas Agung. Makasih Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhmaduliah, senang mendengernya mbak wahyu sekarang jadinya bisa belajar bahasa Inggris lebih banyak lagi, dari yes no sekarang jadi tahu adverb dan tata bahasa lainnya ya. Heheh :)

      Hapus
  4. Ah asik banget artikel kamu itu enak di baca dan gak bkin orang buru buru close tab karena mudah di mengerti.

    Ahaha kamu udah pernah bahas tenses belum ?
    Aku mau belajar soal itu lagi kayaknya udah lupa hahaha.

    Btw aku dulu juga suka bahasa inggris tapi sejak gada lawan bicara jadi jarang jarang ngomong english di kehidupan sehari hari. Bahkan kemarin waktu di BALI nyoba ngomong sama bule malah kagok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. For Laili

      Seneng dengernya artikel buatan saya mudah dimengerti, iya, saya kalo nulis itu lebih suka buat formatnya sesederhana mungkin karena emang bakalan memudahkan pembaca untuk memahami konten di blog dengan mudah sekali baca. :)

      Tenses udah kok, udah nulis 4 tenses, ada present tense, past tense, future tense, dan present perfect tense, nanti saya tulis lebih banyak lagi deh tentang tenses kalau emang lailinya pengen belajar tenses, ditunggu aja ya update selanjutnya. :)

      Jadi turun gitu ya motivasinya kalau enggak ada lawan bicara? Temen emang bisa support kita sih biar bahasa inggris kita berkembang, tapi ketika mereka pergi dari kehidupan kita entah karena sibuk kerja atau lainnya, kita harus bisa terus mengembangkan bahasa inggris kita secara mandiri. Itu bulenya bingung kali ya, "jadi kamu mau ngomong apa?" Haha :D

      Hapus
  5. wah asik nih ngulang baca lagi tentang adverb.

    mampir yah di blog saya olibutut.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diulang materinya yig.

      Itu ngapain ya ada linknya di komentarnya? WKwk #Kode

      Gak dikasih link juga kan nanti disamperin juga blognya yog.

      Hapus
  6. di sekolahan pernah diajarin, tapi lupa lagi itu kelas berapa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo kapan diajarinnya pas disekolah? Hehe :D

      Hapus
  7. Adverb of certainty berarti kesannya untuk menguatkan gitu ya gung
    Aku jadi pengen belajar ginian lagi deh dari awal, kebiasaan kena inggris amerika jadi rada lupa lupa ingat tentang aturan bakunya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka, bener banget. Adverb of certainty itu fungsinya untuk menguatkan pernyataan kita terhadap suatu kegiatan.

      Iya ka, nanti saya tulis lebih banyak lagi tata bahasa dasar biar ka tiwi bisa belajar bahasa inggris di blog ini. Hehe

      Hapus