7 Destinasi Wisata Di Padang Yang Cocok Kamu Masukkan Dalam Wistlist Liburan Awal Tahunmu

7 Destinasi Wisata Di Padang Yang Cocok Kamu Masukkan Dalam Wistlist Liburan Awal Tahunmu
Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Gramedia Blog Competition
Dokumentasi Pribadi 
Siapa yang tidak kenal dengan kota padang yang khas dengan kuliner rendangnya? Kota Padang adalah ibukota dari Sumatera Barat. Selain menjajakan kuliner khas terkenalnya yang menggugah selera seperti "Lamak Bana," kota ini juga menyuguhkan banyak destinasi wisata dengan panorama  memanjakan mata yang bisa kamu masukkan dalam wistlist liburanmu di awal tahun ini.

Buat traveler yang sudah sering berpetualang ke banyak tempat, mereka sudah tidak kesulitan lagi dalam memilih tempat idaman yang inign mereka tuju. Namun, bagaimana kalau ini adalah perjalanan pertamamu menjadi seorang traveler?

Kamu pastinya bingung kemana kamu harus pergi, bukan? Tenang saja ya, melalui blog post ini, saya ingin berbagi cerita sekaligus merekomendasikan 7 tempat wisata di Padang yang bisa kamu kunjungi bersama orang-orang terdekatmu. Berikut 7 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Padang.

1. Jam Gadang Bukittinggi



Jam Gadang adalah ikon Kota Bukittinggi. Sebagian orang dan para traveler yang sudah mengunjungi jam ini bahkan menamainya dengan sebutan Big Ben ala Ranah Minang. Jika kamu berkunjung ke Padang, kamu pastinya akan melewati Jam Gadang karena memang letaknya yang strategis yakni di tengah kota.


Kalau kamu ingin membeli souvenir, disekitar Jam Gadang ada dua pasar tradisional yang siap memanjakan matamu dengan segala pernak-pernik khas Minangkabau, yaitu pasar atas dan pasar bawah. Sesuai dengan namanya, pasar atas terletak diatas, yang paling dekat dengan Jam Gadang. Pasar bawah terletak dibawah karena kita harus menuruni jenjang 40 terlebih dahulu baru sampai ke pasar bawah.

Sebagai tambahan informasi, kota Bukittinggi adalah kotanya para turis mancanegara, sebutan ini diberikan pada Bukittinggi karena kota ini adalah kota kedua yang wajib dikunjungi oleh para turis setelah berkunjung ke Bali.

Sembari memandangi Big Ben ala Ranah Minang ini, jangan lupa ya buat nyobain makanan khasnya, yaitu Sanjai, dijamin enak lho.

  

2. Danau Maninjau



Danau Maninjau terletak di Maninjau Kabupaten Agam. Tempatnya tidak jauh dari kota Bukittinggi. Setelah berkunjung ke Jam Gadang yang ada di Bukittinggi, kamu bisa beralih ke Danau Maninjau. Rutenya cukup mudah, kamu hanya tinggal melalui Ngarai Sianok, Matur, kelok 44, dan barulah sampai ke Danau Maninjau.

Sepanjang jalan menuju Danau Maninjau, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memikat hati dari Ngarai Sianok, hingga kelok 44 yang menjadi penghubung kota Bukittinggi dengan Maninjau. Kalau sedang di kelok 44, coba deh perhatikan disekitar pinggir jalan, kamu akan mendapati kera-kera yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Kerap kali, banyak juga terlihat para pengguna jalan yang berhenti untuk memberi makan kera.

Begitu sampai di Danau Maninjau, kamu bisa berhenti di salah satu masjid megah yang ada di daerah Sungai Batang, Maninjau, nama masjidnya adalah Masjid Bayur. Disini, kamu bisa menunaikan ibadah sekaligus menikmati indahnya Danau Maninjau lho. Kalau kamu merasa lapar, jangan lupa untuk mencoba makanan khas yang ada di sekitar tempat wisata Danau Maninjau ya, disini ada kuliner khas Maninjau lho, ada Palai Rinuak (ikan kecil dari Danau Maninjau), Pensi (sejenis kerang), dan juga kamu bisa membeli ikan Nila Danau khas Maninjau sebagai oleh-oleh.

3. Pantai Tiku



Daerah Minangkabau tak hanya dihiasi dengan pemandangan pegunungan, tapi juga pemandangan laut dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang terkenal di Tanah Minang adalah Pantai Tiku. Letak pantai ini tidak jauh dari Danau Maninjau lho, untuk sampai Pantai Tiku, butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Tiku Padang Pariaman, Kabupaten Agam. Pantai ini banyak dikunjungi wsatawan karena selain bisa berenang ditepian pantainya, disini juga ada banyak arena bermainnya juga lho.

Kalo main ke pantai enaknya sambil ditemani makanan yang menggugah selera, bukan? Disini kamu bisa nyobain dua makanan khas Tiku, yaitu Sate Merah dan Sala Lauak. Keduanya merupakan makanan yang paling digemari semua wisatawan dan warga lokal karena kelezatannya, tertarik untuk mencoba? Yuk traveling ke Pantai Tiku.

Selain itu, ditengah lautnya, ada pulau-pulau kecil berpasir putih yang sering dikunjungi oleh pengunjung pantai karena kelembutan pasirnya lho.

4. Pantai Carocok



Wisata pantai selanjutnya setelah Pantai Tiku adalah Pantai Carocok. Pantai ini recommended banget buat kamu kunjungi selama berlibur di Sumatera Barat. Pantai ini membentang sepanjang Kabupaten Pesisir Selatan Painan dan terhubung dengan Pantai Padang, tepatnya di Painan, Kab.Pesisir Selatan dan Kec. IV Jurai Kota Padang dan membutuhkan 2 jam perjalanan dari Padang lewat jalur darat untuk sampai pantai ini.

Siapa yang hobi liatin bebatuan koral, ikan-ikan kecil lucu, dan pemandangan bawah laut alias snorkeling to the roof. Disini penyuka snorkeling bakalan dimanjakan banget dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Ada apalagi selain snorkeling? Di pantai ini, ada banyak wahana bermain anak hingga dewasa yang bisa dimainkan sepuasnya, iya sepuasnya, sampe capek pokoknya deh. Ada Banana Boat, Doughnut Boat, Flying Boat, Jetski, dan Flying Fox. Buat yang enggak bisa berenang, udah main Flying Fox aja ya (ngomongin diri sendiri). Haha

Sebagai penambah wawasan mengenai pantai ini, guys, tahu enggak sih sebelum pantai ini dijadikan tempat wisata seperti sekarang, dahulunya pantai ini hanyalah pantai biasa yang digunakan oleh penduduk sekitar untuk melepas hewan ternak mereka untuk dibiarkan mencari makan dengan bebas karena orang Sumatera Barat lebih suka melepaskan hewan ternaknya di alam bebas dibanding mengurungnya di kandang. Penduduk pantai kebanyakan memelihara sapi atau kerbau, namun sapi yang lebih dominan. Sapi atau "Jawi" (dalam bahasa Minang) sering dilepas disekitar daerah pantai dan mereka dengan sendirinya kembali ke kandang tuannya di kala senja menjelang. Oleh karenanya, Pantai Carocok dulunya terkenal dengan sebutan pantai kandang sapi. Begitulah tutur penduduk disana.

Guys, tak jauh dari pantai ini ada dua pulau legendaris yang dahulunya pernah ditinggali oleh Belanda dan Portugis, yaitu Pulau Cingkuak dan Pulau Batu Kereta. Sebagai buktinya, di pulau Cingkuak terdapat peninggalan benteng milik VOC Belanda. Pulau lainnya, Batu Kereta, disebut dengan nama demikian karena bentuk relief bebatuan di pulau tersebut mirip dengan roda kereta. Dan para pendahulu mengatakan kalau kereta (sepeda) itu adalah milik orang Portugis.

5. Pulau Siquai



Pulau Siquai adalah pulau tercantik dan terindah di Sumateri Barat versi saya. Banyak orang yang bilang bahwa pulau ini adalah Balinya Sumatera Barat. Air yang jernih dan pasir putih nan lembut dan eksotis terhampar luas di sepanjang pulau. Luas pulau ini tidak begitu luas tapi cukup untuk bersenang-senang ria bersama orang terdekatmu, yaitu 44.4 hektar.

Kalau main di pulau seindah ini belum lengkap kalau belum snorkeling alias menyelami indahnya pemandangan bawah laut. Cie yang bisa berenang dan menyelam, enak ya, ngiri nih. ^_^

Buat yang enggak bisa berenang juga, kalian tetep bisa menikmati jernihnya pemandangan tepi laut kok. Mau dapet pemandangan yang lebih bagus lagi? Bisa banget kok. Kamu bisa mendapatkan pemandangan dari atas laut dengan mengambil spot puncak bukit, untuk sampai diatas bukit, kamu harus menaiki 397 anak tangga menuju puncak bukitnya, lelah memang, namun lelah ini akan terbayar dengan pemandangan diatas bukit nanti, yeay. :)

Kalau kamu ingin menghabiskan malam disini, kamu bisa menginap di satu-satunya resort yang ada di pulau ini, yaitu New Island Resort. Kisaran harga menginap permalamnya itu antara Rp. 750.000 hingga Rp. 1.000.000. Well, cukup menguras kantong traveler yang statusnya masih mahasiswa. Wkwk >_<

Oh iya, buat kamu yang ingin main ke Pulau Siquai, lokasinya ada di Kec.Bungus Pulau Kabung, Kota Padang. Lokasinya agak jauh dari keramaian dan membutuhkan speedboat untuk sampai di Pulau Siquai.

6. Telaga Dewi Gunung Singgalang



Destinasi wisata selanjutnya adalah wisata alam yang menyuguhkan pemandangan hijaunya Bumi Minang, yaitu Gunung Singgalang. Gunung Singgalang adalah salah satu dari rentetan 3 gunung atau dikenal dengan TriArga; Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Gunung Singgalang adalah salah satu destinasi yang pas buat pendaki gunung, Gunung ini memang membutuhkan perjuangan supaya sampai dipuncaknya karena medannya yang cukup terjal dan banyak semak belukar di sepanjang pendakiannya. Namun percayalah, segala penat yang dirasa akan sirna seketika sampai di Telaga Dewi Gunung Singgalang. Telaga ini adalah surga tersembunyi yang terdapat di Gunung Singgalang.

Buat kamu yang juga ingin mendaki Gunung Singgalang untuk mengunjungi Telaga Dewi, ada 3 jalur yang bisa kamu lalui. yaitu Balingka, Taboh dan Kato Baru. Namun menurut saya rute Balingka adalah pilihan yang bagus karena sepanjang jalannya kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan sawah nan hijau dan padi yang mulai menguning diantara sisi kanan dan kiri jalan. Suka mendaki gunung? Yuk main ke Gunung Singgalang, ada spot bagusnya lho, yaitu Telaga Dewi.

7. Padang Mangatas New Zealandnya Indonesia



Balai peternakan ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda karena dibangun pada tahun 1916. Pada tahun 1985, balai peternakan mulai dikelola oleh pemerintah pusat dan berganti nama menjadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Mangateh pada 2012.

Sejak diambil alih oleh pemerintah, ternak yang dipelihara hanya sebatas sapi-sapi unggul seperti Sapi Limousin, Sapi Simental, dan Sapi khas Indonesia yaitu Sapi Pesisir.

Padang ini disebut-sebut punya panorama seindah New Zealand lho. Selain itu, tempat ini memiliki udara sejuk dengan suhu 18 hingga 28 derajat celcius karena berada di ketinggian 700 hingga 900 mdpl dengan luas 280 hektar.

Namun tempat ini tidak selalu dibuka untuk umum dengan pertimbangan demi menjaga kesehatan sapi-sapi disana. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengunjung dengan tidak sadar mengganggu kenyamanan sapi-sapi itu dengan tidak mematuhi peraturan yang ada, seperti membuang sampah sembarangan, sampah-sampah yang berserakan ini terkadang tak sengaja dimakan oleh sapi karena mereka mengira itu makanan, alhasil banyak sapi-sapi yang sakit atau bahkan ada yang mati.

Nah, itu dia 7 tempat yang wajib kamu kunjungi kalau berlibur di kota Padang. So, buat kamu yang punya resolusi jalan-jalan di Padang, kamu bisa cobain tempat-tempat yang sudah saya ulas dan rekomendasikan diatas. Bukankah menyenangkan mencintai Indonesia dengan cara mengunjungi tempat-tempat indahnya yang tersebar di segala penjuru provinsinya sebagai bentuk syukur kita atas kelimpahan alam yang kaya dan indah ini. Dare to travel in Padang? Start your journey by trying all of these 7 destination places. :)

1 komentar:

avatar

Danau Maninjau... Jadi kepengen Punya Rumah di Sana...

Kalau Pulau Siquai gak jauh beda sama tempat tinggal Saya...

Click to comment