Mau Belajar Kosakata Bahasa Inggris Serasa Bermain Game? Yuk Main Scrabble


Credit: Wikihow.com, BBC.com, & Summer Spectator

Mau menambah jumlah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris enggak harus selalu berkutat baca kamus yang tebel aja kok. Baca kamus bahasa Inggris emang penting sih, tapi kamu juga harus menguji seberapa banyak kosakata yang kamu ketahui dari hasil membacamu.


Dulu, ketika SMA, metode yang digunakan saat saya mengikuti English Club di SMA adalah dengan menghafal, setelah itu saya dan teman-teman lain menyetor hafalan kosakata bahasa Inggris kami ke pembina English Club. Cara ini masih bisa dilakukan memang, namun, kalau ada pilihan lain untuk menguji kemampuan kosakata bahasa Inggris kita dengan cara yang menyenangkan, why don't we have a try, right?

Ternyata ada lho permainan yang bisa kita gunakan untuk menguji kemampuan kosakata bahasa Inggris kita, nama permainannya adalah Scrabble.

Apa itu Scrabble? Penjelasan mudahnya, Scrabble adalah permainan menyusun kata berbahasa Inggris di papan khusus untuk permainan scrabble.


Bagaimana cara bermain scrabble? Mudah kok. Jadi gini, kamu bisa main berdua, bertiga, dan maksimal bisa berempat. Goal dari game ini adalah mendapatkan skor tertinggi dari kosakata bahasa Inggris yang sudah kita susun di papan.


Setiap orang akan mendapatkan 7 kotak huruf untuk diletakkan di tempat khusus berbentuk persegi panjang seperti gambar diatas, kalau digambar ada 8 kotak huruf, kalau di Indonesia sih seringnya 7 kotak aja, tergantung tempat penyimpanan kotak katanya sih, kalau muat 8 ya, bisa dapet 8 huruf. Oh iya, diawal permainan, kamu harus mengambil 7 huruf untuk diletakkan di tempat khusus scrabble milikmu, huruf yang kamu dapatkan, susunannya harus acak ya, enggak bisa disesuaikan dengan kemauanmu, peraturannya gitu.



Bagaimana cara penghitungan skor dalam game Scrabble? Mudah kok, coba deh kamu perhatikan, ditiap hurufnya, kamu akan mendapati angka, nah, sebagai contoh, kita bisa menggunakan ilustrasi gambar diatas, fokus deh sama kata "Scrabble" yang sudah diletakkan di papan, kalau dijumlahkan, skornya berarti 14, kalau kamu ingin melipatgandakan skormu, ada caranya kok, di papan scrabble ada kotak berwarna warni bertuliskan; Double Letter, Double Word, Tripple Letter, dan Tripple Word. Kalau kamu mendapatkan Double atau Tripple Word, maka, kata "Scrabble" yang memiliki poin 14, akan kita kalikan 3, totalnya jadi 42, wah gede banget skornya ya. 

Kalau kamu dapetnya Double atau Tripple Letter, maka, yang dikalikan adalah huruf yang ada di kotak Double atau Tripple Letternya aja, misalnya dalam kata "Scrabble", huruf C yang memiliki skor 3 mendapat tripple letter, maka skor huruf C yang bernilai 3 akan dikalikan 3, totalnya 9. Mudah, bukan?


Dimana kamu bisa mendapatkan permainan Scabble ini? Mudah kok, di toko-toko buku banyak yang menjual permainan ini, bilang aja ke penjaga tokonya mau beli Scrabble, nanti kamu bakalan diarahin kok. Oh iya, kalau mau yang gratis, sekarang banyak lho delevoper aplikasi yang mengembangkan permainan ini dalam bentuk android atau ios apps, kalau kamu pengguna android, kamu bisa mengunduhnya via google playstore.


Dengan memainkan permainan scrabble, selain menyenangkan, kita juga bisa mengasah kosakata bahasa Inggris yang sudah kita baca di kamus, kita juga bisa mendapatkan kosakata baru lho dari teman sepermainan kita. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Bagaimana artikel ini menurutmu? Kamu udah pernah main scrabble belum? Kalau belum, buat kalian yang tinggal di Jakarta, yuk meetup main scrabble sama saya. Hehe :)

Click to comment