Pentingnya Mengetahui 5 Jenis Vaksin Jakarta untuk Orang Dewasa

Pentingnya Mengetahui 5 Jenis Vaksin Jakarta untuk Orang Dewasa


Halo sobat DBP, udah lama nih belum posting artikel di segmentasi edukasi. Dalam artikel seri edukasi kali ini akan mengulas tema Kesehatan dengan topik spesifik tentang pentingnya mengetahui 5 jenis vaksin Jakarta untuk orang dewasa.

Memangnya vaksin itu apa sih? Pengertian vaksin adalah zat yang terbuat dari mikroba penyebab penyakit untuk membantu tubuh membangun kekebalan terhadap serangan penyakit tersebut.

Kalau mikroba penyebab penyakit disuntikkan, bukannya bahaya, ya? Well, tenang saja, kamu nggak akan sakit kok, karena mikroba yang terkandung dalam vasin adalah versi yang sudah mati atau dilemahkan. 

Lantas, apa yang terjadi setelah seseorang setelah divaksinasi? Penjelsan mudahnya, tubuhmu akan mengembangkan antibody atau kekebalan terhadap penyakit dari sampel mikroba dalam kandungan vaksin tanpa harus terpapar oleh biang penyakitnya terlebih dahulu. 

Bagaimana proses vaksinasi dilakukan? Gampang kok, cara pemberian vaksin atau vaksinasi, dilakukan dengan proses disuntikkan atau diteteskan pada mulut yang layanannya tersedia banyak di rumah sakit, klinik, atau puskesmas terdekat dari rumahmu.

Demi membuatmu berhenti khwatir lagi apalagi yang paranoid dengan yang namanya vaksinsi, hanya tim medis ahli yang menangani proses pemberian vaksin. Jadi, nggak usah khawatir lagi ya, dear, aman kok.

Sekarang pertanyaannya adalah siapa saja yang bisa diberi vaksin? Bukankah vaksin hanya diberikan pada anak-anak saja ya? Well, pernyataan itu nggak salah sih tapi belum sepenuhnya benar karena faktanya orang dewasa pun membutuhkan vaksin agar memiliki sistem imun yang kuat, apalagi di musim pandemi corona seperti sekarang ini, vaksin penting banget. Berhubung vaksin bisa meningkatkan imunitas tubuh, ada baiknya untuk mengetahui pentingnya mengetahui 6 jenis vaksin Jakarta yang cocok untuk orang dewasa berikut ini;


1. Vaksin Influenza

Vaksin pertama yang dibutuhkan orang dewasa, apalagi di musim penghujan adalah vaksin influenza. Wajar saja kalau di musim hujan penyakit influenza atau flu merupakan penyakit yang paling banyak menyerang orang dewasa. Belum lagi aktifitas orang dewasa yang kian menumpuk dan menguras tenaga sampai-sampai abai dengan kesehatan, jadi tidak heran influenza bisa hinggap mengjangkiti orang dewasa yang system imunya lemah.

Untuk mengatasi hal ini, perlu diberikan vaksin pada orang dewasa karena pemberian vaksin influenza bisa mencegah virus atau penyakit influenza di musim hujan. Untuk waktu vaksinasinya bisa dilakukan satu tahun sekali sehingga efektif mencegah serangan maupun penularan flu.

2. Vaksin Pneumonia

Vaksin kedua rasanya penting sekali untuk dilakukan apalagi menjelang musim pandemi seperti sekarang ini. Untuk orang dewasa yang tidak punya sistem imun yang baik terhadap pnemonia yang menyerang saluran pernapasan. Demi melindungi diri, ada baiknya kamu melakuka vaksinasi pneumonia agar bisa menurunkan risiko terserang penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. 

Bagian organ yang diserang penyakit ini adalah saluran napas bagian bawah. Orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa lebih mudah terserang penyakit ini.Untuk penularannya, pneumonia bisa menular melalui udara pada kondisi tertentu seperti saat batuk, bersin atau bahkan bicara. 

3. Vaksin Tetanus, Difteri, dan Pertusis

Vaksin jenis ketiga, meski vaksin tetanus, difteri, dan partusis sudah diberikan sejak kecil saat diimunisasi, tapi tidak ada salahnya jika orang dewasa melakukan vaksin ini demi menghindari penularan penyakit tetanus, difteri dan pertusis alias batuk rejan yang sewaktu-waktu bisa saja mewabah di daerah tempat tinggalmu.

4. Vaksin cacar

Vaksin keempat adalah vaksin cacar. Pemberian vaksin ini bertujuan supaya dapat mencegah penyakit cacar air. Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit cacar air ini sering menyerang seseorang. Penyababnya adalah virus varicella zoster. Vaksin untuk cacar sebenarnya sudah masuk dalam paket imunisasi yang diberikan saat balita. Jika kamu belum mendapat vaksin cacar, kamu bisa melakukan vaksinasi cacar dengan dosis yang berbeda.

5. Measles, Mumps, dan Rubella (MMR) di Jakarta

Vaksin kelima, demi mencegah penyakit campak, gondong, dan rubella bisa dilakukan dengan pemberian vaksin MMR. Vaksin ini tidak hanya kompatibel dengan orang dewasa, namun anak kecil juga dianjurkan untuk mendapat vaksin ini MMR.

Nah, itu dia pentingnya 5 vaksin Jakarta yang cocok untuk orang dewasa. Kalau kamu ada rencana untuk melakukan vaksinasi tapi bingung harus vaksin dimana dan nggak tahu harus konsul sama siapa, kunjungi aja website Halodoc sekarang juga!