Mengenal Cara Kerja Blockchain Secara Lengkap Di Sini!

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Cara Kerja Blockchain
Cara Kerja Blockchain

Sejak munculnya mata uang digital atau mata uang kripto, eksistensinya terus mengalami perkembangan. Saat ini mata uang digital yang populer adalah bitcoin. Harga bitcoin (BTC USD) hari ini Sabtu, (26/6/2021) berada di kisaran 30.668 dollar AS per keping atau sekitar Rp 441.357 juta. Bitcoin dibangun diatas teknologi bernama blockchain. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih belum memahami cara kerja blockchain.

Mengenal Teknologi Blockchain

Mengenal Teknologi Blockchain
Mengenal Teknologi Blockchain

Meski tampak seperti teknologi baru, nyatanya ide perihal blockchain sudah ada sejak tahun 1991. Ide ini dikemukakan oleh Scott, dalam Journal of Cryptography: How to Time-Stamp a Digital Document. Pada dasarnya, blockchain adalah teknologi penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

Sesuai dengan penamaannya, blockchain terdiri dari gabungan dua kata yaitu block yang berarti kelompok dan chain yang berarti rantai. Maka, dengan penamaan tersebut mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain, yakni dengan cara menggunakan sumber daya komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung satu sama lain dengan tujuan mengeksekusi transaksi.

Pada setiap bloknya terdiri dari ledger atau buku besar dan tiga elemen, yaitu data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Untuk jenis data yang digunakan pada blockchain bergantung pada tujuan blockchain itu sendiri. Misalnya, jika dalam bitcoin maka blok berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim, hingga penerima.

Hash berisi data tanda tangan atau sidik jari yang digunakan untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam bentuk kode unik. Sedangkan, hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Karakteristik Blockchain

Karakteristik Blockchain
Karakteristik Blockchain

Saat ini blockchain begitu populer di berbagai kalangan. Hal ini karena blockchain memiliki beberapa keunggulan yang membuat teknologi ini berbeda dari yang lain. Berikut ini keunggulan yang ditawarkan blockchain.

1. Sistem Lebih Transparan

Sebagai teknologi penyimpan data digital, blockchain efektif menyimpan jejak informasi dan transaksi. Sistemnya lebih transparan dan terbukti aman. Pada saat transaksi berlangsung, public access dapat dilihat oleh seluruh pihak tanpa perlu login.

2. Proteksi Data Lebih Baik

Proteksi data blockchain lebih baik karena database blockchain bersifat append only, artinya hanya dapat menambah dan tidak bisa diperbaiki. Dengan begitu, sistem blockchain sulit ditembus oleh hacker.

3. Audit Lebih Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa sistem blockchain lebih transparan karena blockchain memungkinkan pengguna untuk mengetahui jejak audit aset yang dimiliki. Sehingga risiko penggelapan dana dapat diminimalisasi.

4. Mencegah Biaya Middleman

Dengan adanya blockchain, maka secara tidak langsung meniadakan middleman atau calo yang kerap menambah biaya transaksi. Hal ini karena dengan blockchain maka seluruh kegiatan pencatatan dan verifikasi menjadi terarah dan bersifat immutable.

Cara Kerja Blockchain

Cara Kerja Blockchain
Cara Kerja Blockchain

Cara kerja blockchain dimulai saat sebuah blok menerima data baru. Dalam sistem blockchain sendiri terdiri dari dua jenis record, yaitu transaksi dan blok. Setiap blok berisi rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan. Data yang telah dicatat di blockchain tidak bisa diubah.

Sifat teknologi ini desentralisasi, sehingga tidak perlu bergantung pada otoritas eksternal untuk validasi dan integritas keaslian data. Ini disebut proses terdesentralisasi yang biasa terjadi di antara node jaringan untuk memastikan informasi tersebut valid.

Setelah itu, data akan ditambahkan ke dalam blok baru yang berisikan hash atau kode unik. Meskipun rata-rata transaksi blockchain bersifat investasi, namun pada faktanya bisa juga menyimpan berbagai jenis informasi di dalam blok yang sama.

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja blockchain. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan transaksi dengan mata uang digital, Anda bisa melakukannya di Tokocrypto.

Tokocrypto
Tokocrypto

Tokocrypto adalah platform exchange terpercaya di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Dijamin, Anda bisa melakukan transaksi trading dan jual beli mata uang digital dengan mudah, aman, dan cepat di sini.

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.