Cara Menghasilkan Uang dengan Konten Premium di Blogspot

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi sebagai bentuk apresiasi untuk kreator agar website ini bisa terus aktif hingga 1 tahun mendatang;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, mulai dari memasang iklan google adsense, memenangkan lomba blog, menerima tawaran content placement / sponsor post dari brand, berjualan jasa dan produk digital, hingga memasang link afilasi di blog.

Tapi sadar nggak sih kalau strategi monetisasi yang telah saya sebutkan diatas, convertion rate-nya tidak besar?

Oke, mungkin ada blogger yang berpenghasilan besar dari cara yang sudah saya sebutkan, tapi jelasnya, itu bukan saya dan kamu tentunya. Kenapa demikian? Ilustrasi jujur yang dikemas dari pengalaman ini bisa menjelaskannya secara ringkas;

Fakta Menarik Make Money from Blog yang Jarang Orang Lain Beritahukan Padamu

Karena ada banyak variabel dan usaha ekstra yang harus dilakukan untuk bisa sukses dengan metode monetisasi mainstream, untuk mempermudah memahaminya, kamu bisa baca ilustrasi berikut ini;

1. Google Adsense

Kamu butuh banyak pengunjung, jumlah klik iklan yang tinggi, dan tidak lupa; nilai cpc / bpk (harga perklik yang tinggi). Kalau semua variabel ini belum terpenuhi, kamu nggak bisa gajian dari google adsense. :(

2. Lomba Blog

Setiap bulan ada 15 - 30 brand mengadakan lomba blog. Strategi campaign ini dilakukan oleh pihak brand dari 2016 dan mulai ramai diminati banyak blogger.

Kalau dulu persaingannya rendah, sekarang persaingannya tinggi, mulai dari blogger pemula sampai master blogger yang langganan juara blog saling berkompetisi. Jadi, kalau pesertanya ada puluhan atau bahkan ratusan, kemungkinan menang sangatlah kecil.

3. Kerjasama content placement & sponsor advertorial content dengan brand

Cara termudah mendapatkan job content placement (CP) dan sponsor advertorial content adalah dengan bergabung di komunitas blogger, khususnya komunitas yang punya program berbagi job. Selain komunitas blogger, kamu bisa mengajak kerjasama brand langsung. Yang saya tahu, hanya dua cara itu saja yang tersedia sebelum tahun 2019.

Beruntungnya, di tahun 2020 hingga sekarang, ada banyak platform marketplace blogger seperti vira.id, rajabacklink, blogpartnet.id, sosiago.id, Hiip, atau bahkan marketplace freelance yang memiliki kategori jasa blog campaign.

Apapun platformnya, kamu dituntut untuk memiliki ranking blog yang bagus jika ingin bekerjasama dengan brand. Berikut indikator ranking yang sering dijadikan acuan brand saat ingin bekerjasama dengan kamu, iya kamu. :)

Ringkasan Poin Ke-3

1. Ranking MOZ; Punya DA minimal 15 - 20 (Semakin tinggi rank domain authority, semakin bagus)
2. Ranking AHREF: Punya DR (Domain Ranking) yang tinggi, minimal diatas 20.
3. Trafik Google Analytics yang besar

Kalau blog kamu nggak memenuhi semua kriteria diatas? Well, bukannya nggak ada brand yang mau kerjasama, tapi sulit karena brand juga memperhatikan spesiikasi blog. Kalaupun ada yang mengajak kerjasama sekalipun ranking blog milikmu kecil, ya bayarannya juga kecil.

4. Memasang Link Affilasi Produk di Blog

Diskon 62% untuk siswa yang menggunakan kode dari DBP: AGUNGDBPACADEMY

Paket Ruangbelajar -> Langganan
Faktanya, ada yang berhasil dan gagal dalam menjalankan strategi ini, karena kamu hanya akan mendapat komisi apabil ada pengunjung yang mengklik link afilasi dan membeli produk. Tanpa itu, lupakan mendapatkan penghasilan dari metode ini.

Sebagai ilustrasi, pada poin ke-4 ini, kamu bisa lihat tombol langganan paket ruangbelajar diatas?

Itu adalah link affilasi produk Ruangguru yang saya ikuti, kalau ada pembaca yang mengklik dan membeli produknya, saya akan mendapatkan komisi dari Ruangguru. Bahkan blog platform blogspot pun bisa menggunakan model monetisasi affilate product.

5. Jualan Jasa dan Produk di Blog

Nggak di blog, nggak di marketplace freelance, jasa atau produk yang kamu jual akan selalu ada kompetitornya, jadi kalau kamu nggak kuat saingan dengan mereka, gencar mempromosikan jasa,upgrade skill jualan dan negosiasi biar dapet konversi penjualan, alhasil halaman produk dan jasamu nggak akan memberikan dampak signifikan untuk pemasukan bulanan. Bukannya skeptis ya, tapi, saya sengaja menyajikan faktanya terlebih dahulu biar kamu nggak kaget dan down banget pas ngalamin apa yang saya lalui dulu.
Saya selalu percaya kalau ingin mendapatkan penghasilan, kita nggak bisa fokus hanya pada satu tempat saja, makanya saya suka dengan strategi omni-channel marketing dimana saya melakukan beragam monetisasi untuk blog ini dan skill yang saya miliki.
Apakah monetisasi blog hanya sebatas itu saja? Well, nggak juga, mulai bulan ini dan beberapa bulan mendatang, saya sedang melakukan eksperimen monetisasi baru, yaitu;

2 Fitur Monetisasi Baru :
  • Memasang fitur dukungan kreator
  • Fitur konten premium yang dilengkapi plugin pengunci konten (content locker) yang saya buat sendiri.
Tertarik dengan ide eksperimen monetisasi konten premium? Apalagi penerapannya di blog platform blogspot? Yuk dilanjut bacanya. :)

Tips Monetisasi Konten Premium dengan Menggunakan Fitur Content Locker di Blogspot

PPernah dengar konsep membership berbayar seperti di Trakteer, Sociabuzz Tribe, Patreon, atau Karya Karsa? Semua platform yang sudah saya sebutkan itu adalah platform konten kreator dalam negeri dan luar negeri.

Dari platform tersebut, kamu bisa mendapatkan dukungan dari fans / pembaca kamu. Konsepnya, semua konten yang ada di platform membership tersebut hanya bisa diakses apabila kamu membeli / membayar konten yang ingin kamu baca.

Dari situ, saya kepikiran, emang dasar anaknya overthinking, wkwk. Bisa nggak sih adaptasi fitur membership seperti platform konten kreator yang sudah saya sebutkan sebelumnya? Dan jawabannya; Bisa! Kamu hanya butuh satu fitur; yaitu content locker.
Tapi pertama-tama, saya ingin berbagi cerita tentang fitur dukungan konten kreator yang sudah saya buat dan jalankan eksperimennya di blog ini.

Sialnya, karena stigma sebagian orang di Indonesia berpikiran bahwa semua konten di internet adalah barang gratisan, harus gratis, pokoknya semua konten buatan kreator, jadi milik mereka semua deh tanpa harus kasih kredit, apresiasi, dukungan untuk si kreator.

Alhasil, fitur dukungan kreator kurang memberikan pemasukan atau bahkan masih 0 rupiah, hiks, sedih :(

Tapi fitur ini akan terus saya pasang di blog ini. Melihat hasil evaluasi eksperimen monetisasi dukungan kreator yang gagal, saya berpikiran untuk mengunci konten premium di blog ini, kalau pembaca ingin membaca konten artikel tersebut, maka ia harus membayar sejumlah uang sesuai harga kontennya.

Kemudian, saya akan memberikan kode password-nya agar pembaca bisa menikmati konten premium. Ini masuk ke pembahasan fitur yang kita bahas di artikel ini ya, yaitu; fitur content locker. Kira-kira seperti ini tampilan fiturnya;

Maukkan Password Ini: DBP92341

Content Locker made by DBP

Kelas Freelance Tips Menjadi Freelancer Sukses

Kelebihan & Kekurangan Fitur Content Locker untuk Membuat Konten Premium di Blogspot

SSemua fitur yang mendukung sebuah website, pastinya punya kelebihan dan kekurangan, maka dari itu, saya akan memberikan uraian yang dirasa penting ini. Silahkan disimak penjelasannya;

Kelebihan

1. Fitur Content Locker ini support blog / website blogspot
2. Pemasangan fitur mudah
3. Tidak memberatkan loading blog
4. Bisa digunakan untuk monetisasi konten premium berbayar di blog
5. Bisa digunakan untuk melindungi konten . file unduhan di web / blog
6. Tersedia panduan untuk instalasi
7. Proteksi password bisa ditingkatkan agar tidak mudah ditembus

Kekurangan

1. Hanya bisa dipasang di mode html
2. Fitur ini tidak gratis, kamu harus membelinya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur content locker, kamu bisa membuat sistem monetisasi konten premium berbayar di blog atau website blogspot milikmu.

Fitur ini sebenarnya tidak tersedia di platform blogger, hanya ada di wordpress dan platform cms web lainnya.

Kalau pun ada fitur content locker yang tersedia di internet, yang ada hanyalah social content locker, plugin tersebut tidak cocok untuk monetisasi konten premium berbayar di blogspot.

Maka dari itu, saya membuat fitur ini dari hasil riset membaca banyak literatur sumber kode dan mengedit kodenya agar fitur ini berfungsi pada halaman postingan blogspot.

Bagaimana menurutmu? Tertarik untuk melakukan monetisasi konten premium berbayar seperti saya? Yuk ceritakan di kolom komentar atau kamu juga bisa pre-order fitur ini, diskon 25% untuk 15 orang pre-order pertama.
Harga 150k -> Pre-order Now

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi untuk kreator agar website ini bisa aktif hingga 1 tahun mendatang;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.