No Bookmarks

Pronunciation: Bikin Aksen Bicaramu Layaknya Native Speaker

Topik KelasEnglish Pronunciation
Kategori KontenMateri Kuliah B.Inggris S1
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarFreepik.com resource | Lookstudio (Freepik Artist)
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro mengenal teknik pelafalan bunyi kata dalam bahasa Inggris.


Lidah orang Indonesia bisa dibilang cukup luwes sampai-sampai bisa menirukan banyak aksen bahasa asing termasuk bahasa Inggris.

Ada yang menyukai aksen bahasa Inggris UK / British, yang lain bisa saja berbeda, lebih suka dengan aksen US / Aussie.

Apapun aksen bahasa Inggris yang kamu pilih, selagi orang yang kamu ajak bicara paham, it's more than enough. :)

Dan ilmu yang bisa bikin aksen bicaramu layaknya native speaker (penutur asli b.Inggris) adalah Pronunciation. Yuk simak materi dagingnya lewat konten buatan DBP ini :)

A. Pengenalan dan Cara Mengasah Pronunciation

Buat kamu yang ingin punya aksen bahasa Inggris mirip penutur aslinya, mempelajari pronunciation adalah solusinya.

1. Apa Itu Pronunciation?

Penjelasan mudahnya, pronunciation adalah cara mengucapkan kosakata bahasa Inggris sesuai pelafalan kata aslinya.

2. Kenapa Pronunciation Penting?

Saat membaca kosakata bahasa Inggris, biasanya kita membaca & melafalkannya seperti ejaan bahasa Indonesia, yang membuatnya bisa saja salah pengucapan.

Peran pronunciation adalah mengarahkan para pembelajar bahasa Inggris agar bisa mengucapkan pelafalan kosakata dengan benar.

Dengan begitu, kesalahpahaman saat ngobrol dengan lawan bicara bisa diminimalisir. Karena salah pelafalan, kadang maknanya bisa jauh berbeda.

3. Manfaat Mengasah Skill Pronunciation

Sebelum mengetahui panduan praktisnya, saya ingin mengenalkanmu dengan manfaat pronunciation.

Siapa tahu, setelah tahu manfaatnya, kamu jadi makin bersemangat untuk menseriusi bidang ini. Ini dia manfaatnya, silahkan disimak;

Manfaat Meningkatkan Skill Pronunciation Dalam B.Inggris

1. Meminimalisir kesalahpahaman saat berkomunikasi
2. Bisa mengucapkan bunyi kata dengan benar layaknya native speaker
3. Jadi makin percaya diri saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris

Cara Melatih Pronunciation agar Aksenmu Mirip Penutur Asli B.Inggris

Panduan ini saya buat semudah mungkin karena konten ini memang ditujukan sebagai panduan pembuka. Di lain kesempatan, jika saya punya waktu luang dan kesehatan, saya akan meneruskan penulisan konten tingkat lanjut untuk topik ini ya.

1. Buka kamus b.inggris & lihat transkripsi fonetik tata cara pembacaan kosakatanya

Anggap sekarang kamu sudah membuka kamus dan memilih kosakata; "Clever", perhatikan transkripsi fonetik disampingnya, yaitu /ˈklevə(r)/, nah kata unik itu adalah tata cara pengucapan yang benar untuk kosakata "Clever"

2. Lifehack pronunciation: gunakan kamus bahasa Inggris online

Kamus fisik berbentuk buku / digital (ebook) memang menyematkan transkripsi fonetik, tapi para pemula akan kesulitan bagaimana cara membaca kata unik yang ada di transkripsi fonetiknya, bukan?

Saran saya, kamu bisa pakai kamus online, misalnya saja Oxford / Cambridge dictionary online. Silahkan ketik kosakata apapun di menu pencarian kosakata. Kemudian, kata yang dicari akan muncul beserta transkripsinya.

Bagian terbaiknya, kamus online dilengkapi fitur audio bunyi transkripsi fonetiknya juga, jadi kamu bisa latihan mengucapkan bunyi kosakatanya langsung.

Sebagai ilustrasi, kita akan mengunakan kosakata yang sama pada poin sebelumnya, yaitu "Clever".

British English | Clever = /ˈklevə(r)/


American English | Clever = /ˈklevər/

3. Latih Pronunciation dengan Merekam Suara Sendiri

Ini adalah trik yang diajarkan dosen saya ketika kuliah S1 bahasa Inggris dulu. Dosen saya, Mam Yani, memberikan tugas latihan untuk merekam kosakata dan mencocokkannya dengan transkripsi fonetik.

Apabila setelah direkam ternyata pelafalan saya masih salah, saya akan membaca transkripsi fonetik dan pengucapan yang benar kembali. Rekam lagi, dengarkan, dan evaluasi hasilnya.

Setidaknya, trik ini bisa membantu kita untuk mengetahui apakah pengucapan kosakatanya sudah benar / salah secara objektif.

4. Berlatih Pronunciation Bersama Teman

Satu orang memegang kamus untuk mengecek transkripsi fonetik, satu orang lainnya berlatih melafalkan bunyi katanya. Dengan trik ini, kamu bisa saling memberikan masukan terkait progress latihan masing-masing.

Kosakata mana yang sulit diucapkan, mana yang mudah, bisa dievaluasi bersama, serta bisa saling membantu untuk mengatasi masalah yang dihadapi masing-masing.

Penutup

Panduan pengenalan ini saya sudahi pembahasannya sampai sini dulu ya.

Di kesempatan lain, ketika saya sudah luang dan punya kesempatan lagi, saya akan melanjutkan konten edukasi seri English pronunciation setahap demi setahap sampai tuntas. Terimakasih sudah membaca :)