No Bookmarks

6 Tips Mudah Mengajari Anak Menulis

Menulis adalah kemampuan motorik halus yang penting dikuasai oleh anak. Dengan menulis, anak bisa mengekspresikan emosi dan ekspresinya.Karena keahlian dasar menulis ini bisa menunjang masa depannya, maka kemampuan menulis perlu diasah sedini mungkin.

Namun, pada praktiknya, bunda pasti bisa mengetahui dengan jelas bahwa mengajarkan si kecil untuk menulis bukan perkara yang mudah. Maka dari itu, kami membuat ini untuk membantu bunda agar bisa mengajari anak menulis.

6 Tips Mengajari Si Kecil agar Mahir Menulis

Biar momen quality time mengajar anak menulis tanpa berurusan dengan drama pura-pura mengantuk padahal malas belajar atau sekedar tidak betah belajar dalam waktu lama. Semoga panduan ini bisa membantu bunda ya;

1. Sediakan Tempat Menulis yang Nyaman

Pertama, bunda bisa mulai mengajarkan anak menulis dengan cara menyediakan tempat yang nyaman.Jika tempat belajarnya nyaman, si kecil akan nyaman dan betah latihan menulis selama 1 jam atau lebih dari itu.

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Cara paling efektif membuat si kecil mau belajar menulis adalah dengan cara membuat suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya saja belajar sambil bermain, bernyanyi, atau menggunakan buku bergambar agar betah diajak menulis.

3. Latih Anak untuk Menggenggam Alat Tulis

Di era digital seperti sekarang ini, anak-anak lebih sering bersentuhan gawai, ia pasti lebih sering mengetik dibanding menggenggam alat tulis secara manual. Untuk itu, bunda bisa melakukan kombinasi keduanya. Pertama bisa ajak menggenggam pen tablet, setelah itu coba ajak ia menggenggam alat tulis manual seperti pensil dll. Ajarkan bagaimana cara menggenggamnya dan mulai menulis.

4. Gunakan Alat Peraga yang Berwarna-warni

Kalau bunda ingin mengajarkan si kecil menulis alfabet, bunda bisa menyediakan alat peraga alfabet warna warni agar si kecil suka dan tertarik untuk menulis alfabet yang ia lihat dan pegang. Kalau ia suka huruf tertentu, segera ajak anak menuliskan huruf alfabet tersebut.

5. Biarkan Anak Menulis Bebas

Turunkan ekspektasi kalau anak sudah harus langsung bisa menulis kata, frasa, kalimat, paragraf atau satu artikel penuh. Biarkan ia menulis huruf apapun yang ia suka, dengan begitu, lama kelamaan, genggaman tangannya makin terbiasa menggunakan alat tulis untuk menulis, makin betah menulis banyak huruf dan bukan tidak mungkin kalau ia minta diajarkan menulis kata, frasa dan lainnya.

6. Dampingi dengan Sabar

Ini bagian paling susah-susah gampang buat orangtua. Pasalnya, anak tidak akan langsung mau diajak belajar menulis, tidak betah belajar lama, dan keluhan drama khas anak kecil lainnya. Untuk itu, bunda bisa mendampinginya dengan sabar, perlahan-lahan saja, asal ada progress, itu sudah bagus kok.

Bagaimana tips-nya? Semoga bisa membantu ya. Bunda bisa menerapkan tips diatas saat mengajari anak menulis. Namun jika jadwal kerja bunda sedang padat-padatnya, tak ada salahnya mendelegasikan tugas pengajaran pada tutor berpengalaman, misalnya saja mendaftarkan si kecil ke kursus calistung Ruangguru for kids.