No Bookmarks

Cheat Code Jadi Jago Ngomong B.Inggris Bareng Lister, Begini Caranya!

Stigma kebanyakan orang Indonesia baru menganggap seseorang mahir hanya jika kamu jago ngomong bahasa Inggris.
Stigma diatas nggak sepenuhnya salah sih, toh kita bakalan seneng-seneng aja kan kalau bisa mahir bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Arab, dan bahasa asing lainnya.

Tapi pastinya kamu kurang puas ya kalau hanya dijawab dengan jawaban paragraf pertama diatas, jadi kita bahas ulang bareng-bareng yuk kenapa sih bisa jago ngomong bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya itu penting sampe-sampe kamu dapet label atau branding: pinter & jago bahasa asing.

Kenapa fasih berbicara bahasa Inggris menjadi stigma prioritas penting di Indonesia?

Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus menelisik kembali bagaimana kita, masyarakat Indonesia memperlakukan dan cara mempelajari bahasa Asing di Indonesia.

Sejak kita SD hingga kuliah, pakem belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris lebih difokuskan pada aspek hafalan kosakata sebanyaknya, menomorsatukan pentingnya grammar, mahir menjawab soal ujian bahasa Inggris apapun itu skillnya, entah itu reading, listening, writing, & speaking.

Namun pakem belajar tersebut justru mengurangi esensi belajar bahasa Inggris sebagai media komunikasi. Ya, imbasnya, saya, kamu, dan banyak pelajar lainnya mengalami kesulitan yang sama; takut ngomong bahasa inggris karena;
Ketakutan ngomong b.inggris di Indonesia :
  • Takut di judge orang lain karena kalimat yang saya dan kamu ucapkan kurang tepat tata bahasanya (grammar).
  • Nggak punya partner latihan ngobrol b.inggris
  • Dilabeli sombong hanya karena ingin membiasakan berbicara dengan bahasa Inggris
  • Lingkungan yang kurang supportif membuat saya dan kamu kurang percaya diri saat ngomong bahasa inggris.
  • Menganggap bahwa kita harus bisa melafalkan pengucapan kata dengan aksen ala native speaker British, US, atau Aussie.
List diatas bikin kita insecure banget ya? Yah, mau se-denial / mengelak sehebat apapun, faktanya begitulah adanya yang kita alami saat ingin jago ngomong bahasa Inggris. Itulah sebabnya, seseorang yang jago ngomong bahasa Inggris dilabeli sebagai orang yang mahir / expert berbahasa Inggris.

Long-short story: Cara Saya Membangun Rasa Percaya Diri Saat Belajar Bahasa Inggris

Nggak pede, membandingkan progress diri dengan teman, dan kurangnya dukungan untuk belajar bahasa Inggris kayanya nggak cuma saya aja yang ngalamin. pelajar lain diluar sana dengan latar belakang berbeda juga punya kendala yang sama.

1. Kursus B.Inggris Selama 1 Semester

Sewaktu SD, saya sempat minta ke Ibu agar bisa kursus bahasa Inggris. Dan senangnya, keinginan tersebut dikabulkan meski ibu hanya bisa membiayai kursus untuk 1 semester saja.

Meskipun singkat, saya bersyukur dan merasa hal itu cukup untuk jadi langkah pertama saya belajar bahasa Inggris. Enaknya di tempat kursus, tutornya mengarahkan kita agar bisa tahu minat dan potensi yang muridnya inginkan, untuk kasus saya, skill yang saya minati adalah speaking.

Sedikit demi sedikit rasa percaya diri saya terbangun, tutor bahasa inggris di tempat kursus supportif banget, selalu memandu dan menemani muridnya berlatih skill bahasa Inggris tanpa kenal lelah, cara pengajarannya bervariasi, prakteknya juga banyak, dan ada teman seumuran yang bisa diajak latihan ngomong B.inggris.

Begitulah kira-kira perjalanan saya membangun rasa percaya diri saat belajar bahasa Inggris. Iya, lewat kursus, meski hanya sebentar, dan sisanya harus otodidak, setidaknya bisa jadi modal awal untuk makin suka belajar bahasa Asing.

Kembali lagi ke masa sekarang, kalau dulu bisa kursus bahasa Inggris dengan datang ke lokasi langsung, sekarang udah nggak bisa semenjak pandemi. Tapi kamu masih bisa kursus bahasa Inggris secara daring di tempat kursus bahasa asing LIster (Lister.co.id) misalnya.
Sehabis nggak kursus bahasa Inggris lagi, Ka Agung belajar dan latihan bahasa Inggrisnya gimana? Lanjutin cerita learning-journey belajar bahasa Inggrisnya dong!".

2. Ikut English Club di Sekolah

Setelah berhenti nggak kursus bahasa Inggris lagi, saya latihan bahasa Inggrisnya lewat English Club yang ada di SMA.

Dan di klub bahasa inggris ini, saya dan teman-teman banyak berlatih skill speaking melalui speech, storytelling, dan news anchor. Plusnya, ikut English club itu gratis, temen latihan ada, ada guru pembina yang ngajarin. Dengan semakin sering berlatih, rasa percaya diri makin terbentuk.

Okay, sehabis kursus bahasa Inggris, sekarang aktif ikut kegiatan eskul bahasa Inggris, trus cara apalagi yang Ka Agung lakuin lagi pas kuliah?.
Oke, dilanjut di poin selanjutnya yang juga pembahasan terakhir tentang gimana saya bisa pede saat ngomong bahasa Inggris. Yuk lanjut bacanya!

3. Membangun komunitas debat bahasa Inggris di Kampus & Aktif Jadi Delegasi Kampus di Lomba Debat B.Inggris

Wait, what? Debat? Apa hubungannya dengan belajar bahasa Inggris? Emangnya debat efektif dan seru ya buat ningkatin skill komunikasi bahasa Inggris?

Well, to be honest; yes! Kalau kata anak-anak Jaksel sih; jujurly latihan debat bahasa Inggris tuh benefitnya banyak banget buat kita. :)

Tapi sebelum bahas lebih jauh tentang gimana cara latihannya dan benefitnya, kita mulai dulu dari cerita kenapa saya sampai tergerak membuat komunitas debat b.inggris dan aktif ikut lomba. So, here the story;

Pas saya semester 1 di kampus, tepatnya di masa ospek, saya penasaran kira-kira kampus saya ada nggak ya klub bahasa inggrisnya, biar bisa terus latihan speaking skill. Dan kamu tahu? Nggak ada klub bahasa inggris sama sekali, this is what makes me a little bit dissapointed, agak kecewa sih nggak ada UKM bahasa Inggris padahal di kampus lain ada.

Alih-alih pasrah sama keadaan, saya dan kakak tingkat kampus bersepakat membuat komunitas debat b.inggris. Setiap minggunya kita latihan debat dengan berbahasa inggris dan ikut banyak turnamen / lomba debat bahasa Inggris mulai dari tingkat program studi, universitas, jabodetabek, jawa barat, Dikti, hingga nasional.

Trus Gimana Debat B.Inggris

Bikin Kak Agung Bisa Ningkatin Skill Bahasa Inggrisnya?
Kalau harus cerita, debat bahasa inggris tuh nggak cuma ngelatih skill komunikasi bahasa Inggris aja lho, tapi semua skill juga jadi terlatih. Penasaran? Begini ilustrasi dan manfaatnya;
Reading SkillDari aktifitas debat b.inggris,saya diharuskan membaca banyak literatur, berita, dan materi terkini tentang topik perdebatan ilmiah berbahasa Inggris.

Dari kegiatan ini, saya jadi mudah memahami teks, artikel, atau bacaan b.inggris dengan mudah.
Writing SkillKetika ikut lomba debat bahasa inggris, pastinya, ketika kita udah tahu apa topik debatnya, panitia bakalan ngasih waktu 15-30 menit buat nulis argumen, yup, tentunya dalam bahasa Inggris.

Benefit yang saya dapatkan dari aktifitas ini adalah jadi punya sesi latihan menulis dalam bahasa Inggris.
Speaking SkillIni ada kaitannya dengan aktifitas writing sebelumnya, jadi semua argumen yang sudah saya tulis, saya presentasikan di depan juri dalam bahasa Inggris.

Dari aktifitas presentasi ini, skill komunikasi bahasa Inggris saya jadi terlatih.
Listening SkillSelain harus presentasi, kita sebagai pendebat juga harus memperhatikan poin argumen yang disampaikan lawan.


Dari aktifitas inilah skill menyimak / mendengarkan jadi lebih terlatih.

Kini Saatnya Kamu

Jadi Mahir Bahasa Inggris Juga Bareng Lister

Saya memulai perjalanan belajar bahasa inggris dari kursus, & kalau harus memilihkan satu dari ribuan tempat kursus bahasa Inggris, saya akan merekomendasikan Lister buat kamu.

Lister adalah platform startup pembelajaran bahasa asing online yang menawarkan "One-Stop Language Learning Solution" yang berfokus pada penyediaan layanan kursus bahasa asing online.

Materi pembelajarannya berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar setiap murid. Lister punya tagline "Human-to-human-interaction" dimana proses belajarnya sangat komunikatif dan menyenangkan sehingga skill bahasa Inggrismu bisa maju makin pesat. Ingin tahu lebih banyak tentang Lister? Yuk simak ulasannya dibawah ini;
1. 6 Keunggulan Lister
yang bikin kamu jago bahasa inggris & bahasa asing lainnya

Keunggulan belajar bahasa inggris di Lister itu bebas nentuin jadwal belajarnya, kurikulum standar internasional, harga kursus terjangkau, pembelajarannya menyenangkan dan interaktif, gratis bimbingan beasiswa studi luar negeri & job interview, dan menariknya lagi tutornya bersertifikasi profesional, kamu akan diajar tutor-tutor hebat ini;
Kelebihan Lister
Kelebihan kursus bahasa inggris Lister
2. Tersedia Banyak Program Bahasa Inggris
Mau jago ngomong bahasa Inggris dengan lancar? Bisa banget!

Menariknya kursus di startup Lister tuh, kamu jadi bisa jago bahasa Inggris, programnya juga beragam mulai dari speaking, akademic english, english for business, dan program semua jenjang umur (anak, remaja, hingga dewasa)
3. Banyak program bahasa asing, mentoring beasiswa, & job interview
Semua kebutuhanmu tersedia di Lister.

Punya rencana belajar bahasa asing seperti Jepang, Korea, Jerman, Mandarin, Thailand, Arab, Prancis, Spayol, atau Belanda? Atau mau mentoring beasiswa studi ke luar negeri? Bisa! Bahkan mentoring job interview juga ada di Lister. Keren, bukan?
Kelebihan Lister
Kelebihan Lister
4. Banyak Murid yang Puas dengan Lister
Happy student

Sudah banyak yang terbantu belajar bahasa inggris di Lister. Semuanya bisa mencapai goal-nya masing-masing, termasuk bisa lancar ngomong bahasa inggris. Ini kata mereka soal kursus bahasa inggris dan bahasa asing di Lister;

Cheat Code Kelas LIster

Pakai Kode BLOGLISTER10 & Dapatkan DIskon Kelas Lister
Pilih salah satu atau kedua kelas sekaligus dengan menggunakan kode BLOGLISTER10 biar kamu bisa kursus bahasa Inggris bareng tutor b.inggris lokal dan internasional yang bisa bikin kamu jago dan lancar ngomong bahasa inggris!


Speaking Local
Kursus speaking online untuk kamu yang ingin lancar berbicara bahasa Inggris dengan bimbingan tutor Indonesia.
Daftar!
Speaking Foreign
Kursus speaking online untuk kamu yang ingin lancar berbicara bahasa Inggris dengan bimbingan tutor Internasional.
Daftar!

Last but not least, konten ini saya buat spesial untuk kamu, pembaca blog DBP yang ingin jago ngomong bahasa Inggris. Nggak hanya berisi pengalaman cara saya menguasai speaking skill, tapi juga rekomendasi tempat kursus yang bisa mengakselerasi proses belajarmu lewat startup Lister.

Yuk mulai langkah pertamamu dengan ikut program kursusnya Lister biar jago speaking bahasa Inggris dengan pakai kode promo diskon dari Lister ini: BLOGLISTER10.