No Bookmarks

Mengenal Dashboard Blogger.com & Fungsi Menunya

Jenis KontenKelas Blogger.com
Lisensi GambarCanva, Undraw, & Blogger.com
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
ReferensiBlogger.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu seperti apa dashboard di blogger.com dan fungsi dari tiap menunya


Bagi pengguna blog cms blogger.com yang masih baru, mungkin kamu masih bingung ya dengan dashboard blogger dan fungsi menunya ada apa saja.

Mengenal dashboard blogger dan fungsi utamanya bisa jadi langkah awal yang baik jika kamu ingin menjadi narablog / penulis blog yang baik. Langsung saja, yuk disimak ulasan tentang menu dashboard blogger beserta fungsi dan kegunaannya melalui konten ini.

Mengenal Dashboard Blogger dan Fungsi Menunya

Di konten ini, kamu akan dikenalkan apa itu dashboard blogger beserta menu penting di dalamnya secara lengkap dan ringkas. Yuk kita mulai dari pengertian apa itu dashboard.

Apa Itu Dashboard Blogger?

Mudahnya, dashboard / dasbor bisa diartikan sebagai halaman admin blog. Di halaman admin blog inilah, kamu, sebagai pemiliik blog bisa melakukan aktifitas apapun selama ngeblog, mulai dari menulis artikel, mengecek komentar yang masuk dari pembaca, dan masih bayak lagi.

Sebagai pemilik blog, kamu juga bisa memberikan izin terbatas kepada editor, penulis, dan kontributor untuk bisa mengakses halaman dasbor blog untuk membantu kamu membuat konten bersama. Tentunya, orang yang kamu undang haruslah orang yang kamu percaya ya.

Dari segi tampilan, bisa dibilang kalau platform blogspot atau blogger.com ini menerapkan desain yang minimalis, bersih, dan ramah pengguna. Hal ini sangat berbeda dengan dasbor cms web lainnya seperti wordpress, wix, dan laiinnya yang cenderung kurang ramah untuk para pengguna baru.

Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger.com

Di dashboard blogger, setidaknya ada 10 menu yang harus kamu kenal dan ketahui fungsinya. Melalui konten ini, kamu akan dipandu mengenali semua fitur menu tersebut.

1. Menu Postingan (Posts)

Pertama, di menu postingan, kamu bisa menulis konten baru, mengelola konten yang ada di draf, merubah kategori label konten, atau menghapus konten yang dirasa kurang relevan juga bisa dilakukan pada menu ini.

2. Menu Statistik (Stats)

Kedua, ada menu statistik. Di menu ini, kamu bisa mengecek berapa jumlah pageview harian, mingguan, bulanan, atau view secara keseluruhan.

Selain pageview umum diatas, kamu juga bisa mengetahui artikel mana yang paling banyak mendatangkan view, asal negara, sistem operasi, browser, karakteristik pengunjung lainnya di menu statistik ini.

3. Menu Komentar (Comments)

Ketiga, ada menu komentar. Di menu ini, kamu bisa melihat semua kiriman komentar dari pembaca blog / website milikmu.

Dan di menu komentar blogger, kamu diberikan tiga opsi; ada opsi untuk mengakses komentar yang sudah terpublikasi di blog, komentar yang masih tertahan di menu moderasi, dan komentar spam yang biasanya berisi link aktif & promosi hardselling yang kurang bagus untuk kesehatan website milikmu.

4. Menu Penghasilan (Earnings)

Keempat, ada menu penghasilan. Semenjak awal blogger.com di akuisisi oleh Google. Para pemilik blog yang menerbitkan konten di platform blogspot bisa mengintegrasikan blognya dengan Google Adsense untuk menghasilkan uang.

Kabar baiknya, Google menambahkan menu penghasilan ini di dasbor blogger di tahun 2018 keatas, hingga tahun selanjutnya. Jadi, kalau blog milikmu sudah banyak memiliki konten berkualitas untuk pembaca dan punya trafik yang besar, silahkan daftarkan blognya ya.

5. Menu Halaman (Pages)

Kelima, ada menu halaman. Menu ini sekilas mirip dengan menu postingan ya? Tapi dari segi fungsi, Google memberikan menu ini di dasbor blogger agar pengguna bisa membuat halaman statis untuk keperluan navigasi website seperti halaman kontak, tentang website, disclaimer, privacy, dan lainnya.

FYI, jika kamu membuat halaman statis, ketika kamu mempublikasikannya, halaman statis tidak akan muncul di beranda website atau blog milikmu. Halaman ini baru bisa diakses jika pembaca / pengunjung megnetahui link url aksesnya.

Bahkan, di halaman statis dimungkinkan untuk dijadikan halaman berisi forum, membership, daftar isi konten, atau fitur-fitur penting website yang akan sangat berguna untuk pembaca blog milikmu lho.

6. Menu Tata Letak (Layout)

Keenam, ada menu tata letak. Well, bisa dibilang, menu satu ini akan sangat membantu kamu untuk melakukan kustomisasi tampilan website / blog.

Dan pengoperasiannya sangat mudah, kenapa demikian? Karena Blogger sudah mengaturnya agar kamu bisa mengeditnya dengan cara drag and drop alias geser dan pindahkan menu apapun dengan mouse. Mudah, bukan?

7. Menu Tema (Theme)

Ketujuh, ada menu tema. Di menu ini, kamu bisa merubah tema blog secara gratis dengan memilih tema bawaan yang disediakan Blogger.com.

Kamu juga bisa memilih tema premium kustom buatan web developer agar tampilannya terlihat berbeda dan profesional.

Di menu tema, kamu juga bisa melakukan back-up template, gunanya agar saat kamu mengedit kode hmtl, css, dan javascript melalui editor tema, kamu punya data cadangan jika hasil editanmu error, cukup upload ulang file tema yang sudah dicadangkan.

8. Menu Setelan (Settings)

Kedelapan, ada menu setelan. Sesuai dengan namanya, di menu ini kamu bisa mengelola dan merubah setelan blog milikmu. Mulai dari ganti nama blog, url blog, upgrade domain, mengedit robot.txt untuk keperluan indexing di Google, mengatur moderasi komentar, dan masih banyak lagi.

9. Menu Daftar Bacaan (Reading Lists)

Kesembilan, ada menu daftar bacaan. nama menunya, kamu bisa membaca artikel terbaru dari semua blogger yang kamu ikuti blognya.

Biasanya saat kamu mengunjungi blog teman atau orang asing dan menemukan konten buatan mereka bagus, kamu bisa mengikuti blog mereka melalui fitur pengikut yang disediakan oleh blogger.

10. Menu Lihat Blog (Posts)

Terakhir, ada menu lihat blog. Dengan mengklik menu ini, kamu akan diarahkan ke blog milikmu.

Kesimpulan

Dasbor bloggerpunya tampilan dan desain yang fresh serta ramah pengguna. Tidak heran banayk blogger yang mudah memahami fungsi menu yang ada di dashboard blogger.

Itu saja pembahasan konten cms blogger.com kali ini dan seperti biasa: semoga konten ini bermanfaat untukmu ya. :)