No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

5 Tenses Dasar B.Inggris yang Paling Mudah Dipelajari

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu 5 jenis tenses bahasa inggris dasar yang mudah dipelajari dan dikuasai semua pembelajar bahasa sekalipun masih pemula

Banyak pembelajar bahasa merasa kesulitan belajar tenses, sampai-sampai ada yang membenci topik tata bahasa alias grammar.

Well, meskipun saya bisa memakluminya karena mengalami kesulitan yang sama dengan mereka, tapi mau sehebat apapun kita menghindarinya, saat diharuskan menulis artikel, essay, atau bahkan percakapan sekalipun, nyatanya kita membutuhkan tenses. Setidaknya kita perlu tahu dan menguasai tenses dasarnya saja.

5 Tenses Dasar Bahasa Inggris yang Mudah Dipelajari untuk Pemula

Untuk kamu yang baru belajar bahasa Inggris dan tertarik untuk menguasai tenses, jangan langsung mempelajari semua tenses sekaligus, mulai dari 5 tenses bahasa Inggris dasar ini aja dulu ya.

1. Simple Present Tense

Tenses pertama, ada simple present tense. Fyi, tenses ini bisa kamu gunakan ketika ingin menjelaskan kegiatan sehari-hari yang selalu kamu ulangi aktifitasnya. Untuk rumus dan bentuk kalimat yang bisa kamu gunakan bisa lihat pembahasan dibawah ini ya:

S + Verb 1 + O
Contoh Kalimat

1. I wake up at 5 every morning - saya bangun jam 5 setiap pagi.

2. She walks to school every morning - Dia pergi ke sekolah setiap pagi.

Untuk subjek she, he, dan it, kamu bisa menambahkan huruf "S / ES" dibelakang kata kerja ke-1, misal;

walk = walks
play = plays
Watch = watches

2. Simple Past Tense

Kedua, ada simple past tense. Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk menjelaskan kegiatan yang sudah kamu lakukan di masa lalu.

S + Verb 2 + O
Contoh Kalimat

1. Rika went to Bali last month - Rika pergi ke Bali bulan lalu.

2. She joined the English debate club at campus yesterday. - Dia bergabung ke eskul debat bahasa Inggris di kampusnya kemarin.

Untuk kata kerjanya, ada yang menggunakan regular verb ada penambahan huruf "d / ed" seperti contoh kalimat ke-2 diatas. Sedangkan kalimat ke-1 menggunakan kata kerja tidak beraturan / irregular verb, sesuai namanya tidak beraturan / berubah-ubah, kamu mesti mencari tahu apa bentuk perubahan kata kerjanya, contoh;

Drink – Drank (Minum)
Eat – ate (Makan)
Run – ran (Berlari)

3. Simple Future Tense

Ketiga, ada simple future tense. Yup, seperti namanya, tenses ini bisa kamu gunakan kalau kamu ingin menjelaskan rencana atau kegiatan yang akan kamu lakukan di waktu mendatang.

S + Will + Verb 1 + O
Contoh Kalimat

1. I will eat lunch later - Saya akan makan siang nanti.

2. Lisa going to join the English debate club at campus tomorrow. - Lisa berniat untuk bergabung ke eskul debat bahasa Inggris di kampusnya besok.

Untuk kata kerja bantunya, selain ada kata "will" ada juga kata "going to" seperti contoh kalimat ke-2 diatas. Perbedaannya, "will" kegiatannya benar-benar akan kamu lakukan, sedangkan "going to" hanya sebatas niat, rencana, atau wacana yang bisa saja batal dilakukan.

4. Present Continous Tense

Keempat, ada present continous tense. Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk menjelaskan kegiatan yang sedang kamu lakukan saat ini. Misalnya, kamu sedang asyik bermain game Pokemon Arceus Nintendo Switch, eh ada orang lain yang penasaran kamu lagi ngapain, nah kondisi ini masuknya ke present continous tense.

S + to be + Verb + -ing + O
Contoh Kalimat

1. I am eating ramen now - Saya sedang makan ramen saat ini.

2. Yola is teaching english grammar at the moment. - Yola sedang mengajar tata bahasa Inggris saat ini.

Intinya, present continous tense itu kegiatannya lagi kamu lakuin "sekarang dan sedang berlangsung" ya. Mudah, bukan?

5. Present Perfect Tense

Last, khusus untuk present perfect tense, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai situasi, tapi sebelum membahas kegunaannya, ini rumus dari tenses-nya ya:

S + have / has + Verb 3 + O

Oke, setelah bahas rumusnya, ini dia beberapa kegunaan present perfect tense buat kamu;

1. Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk menjelaskan kegiatan yang sudah kamu lakukan di masa lalu dan efeknya masih berlanjut hingga saat ini tapi kegiatannya belum selesai.

Contoh
I have lived in Jakarta all my life - saya sudah tinggal di Jakarta sepanjang hidup saya.

Kegunaan pertama, sesuai ilustrasi diatas, dari awal lahir sampai usia sekarang, kamu sudah tinggal di Jakarta bertahun-tahun sampai saat ini. Dan selama kamu nggak berniat pindah, ya kamu sampai seterusnya akan tetap tinggal di Jakarta sepanjang hidupmu.

2. Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk menjelaskan pengalaman yang pernah kamu lalui, untuk waktunya nggak spesifik atau tidak dijelaskan kapannya pun tidak masalah.

Contoh
I have read all the Harry Potter books - Saya sudah membaca semua buku Harry Potter.

She has been to Dufan three times - Dia sudah pernah ke Dufan tiga kali.

Kegunaan kedua, sesuai ilustrasi diatas, baik itu kalimat pertama atau kedua, kamu sudah pernah ke Dufan tiga kali dan menyelesaikan semua seri buku Harry Potter, untuk waktu kapan kamu pergi ke Dufan atau namatin bukunya ya nggak terlalu penting untuk disebutkan.

3. Kamu bisa menggunakan tenses ini untuk menjelaskan kegiatan yang sudah kamu lakukan di masa lalu dan punya konsekuensi pada saat ini. Agak mirip

Contoh
I have not eaten breakfast so I am hungry - Saya belum sarapan jadi saya merasa lapar.

Risa has lost her keys, so she is going to late for work - Risa kehilangan kuncinya (Baca: kendaraan) jadi dia akan terlambat datang ke tempat kerja.

Kegunaan ketiga, sesuai ilustrasi diatas, baik itu kalimat pertama atau kedua, kamu merasakan konsekuensi dari tindakanmu di masa lampau, kalau sebelumnya kamu nggak sarapan, ya wajar kalau siangnya sekitar jam 10 atau 11 udah ngerasa laper banget. Sama halnya dengan kalimat kedua, konsekuensi yang harus dihadapi Risa ketika kehilangan kunci kendaraannya ya bakalan telat berangkat ke tempat kerja.

Kesimpulan

5 tenses dasar bahasa Inggris bisa dibilang paling mudah untuk kamu pelajari dan kuasai. Karena kelima tenses ini nyatanya sangat bisa kamu gunakan dalam keseharian, khususnya untuk speaking ya, mulai dari ngobrolin kebiasaan, apa yang kamu lakuin kemarin, rencana liburan di masa mendatang, sampai nanyain apa yang lagi temenmu kerjain pun bisa pakai tenses yang ada di konten ini.

Well, konten ini sudah saya buat seringkas dan semudah mungkin penjelasannya agar orang yang baru pertama kali belajar grammar atau benci sekalipun sasa tenses bisa sedikit demi sedikit menguasai tata bahasa Inggris dengan mudah. Dan seperti biasa, semoga konten ini bermanfaat untukmu ya.