No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Mudah Identifikasi Masalah Mosi Debat B.Inggris

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa mengidentifikasi permasalahan yang ada pada mosi lomba debat dengan topik apapun.

Sebagai pendebat, kamu diharuskan mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi masalah utama yang ada di mosi debat.

Biasanya, pembicara yang mendapatkan tugas / role ini adalah pembicara pertama tim pro (Prime Minister).

Setelah pembicara pertama tim pro mendefinisikan mosi debat. Elemen kedua yang harus ada pada pembukaan debatnya adalah problem identification.

Apa itu problem identification? Pentingkah menyampaikan poin ini di pembukaan debat? Dan bagaimana cara mencari tahu masalah yang harus diperdebatkan dalam mosi? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa kamu cari tahu di pembahasan selanjutnya.

Mengenal Problem Identification dalam Mosi Debat B.Inggris

Di konten ini, saya akan mengenalkan kamu apa itu problem identification, kenapa hal ini penting, dan cara membuatnya dalam kerangka pembuka debat ketika kamu presentasi sebagai pembicara 1 tim pro.

1. Apa Itu Problem Identification

Penjelasan mudahnya, problem identification adalah mencari akar masalah dari mosi / topik yang diperdebatkan dalam lomba debat.

2. Kenapa Pendebat yang Jadi Pembicara 1 Pro Harus Mengulas Problem di Pembukaan Debat?

Sebagai 1st speaker, kamu diharuskan membuat pembukaan debat. Di dalam kerangka pembuka ini, selain terdapat definisi mosi, problem identification termasuk ke dalamnya.

3. Fungsi Problem Identification

Tujuannya cukup krusial, yaitu memberitahu dewan juri dan tim lawan untuk memfokuskan area debat (Room of Debate) pada permasalah spesifik agar argumen yang dipresentasikan bisa relevan dengan masalah utama yang dibawa oleh topik debat / mosi.

4. Cara Membuat Problem Identification untuk Pembicara 1 Pro

Oke, kita masuk ke bagian panduan cara menemukan masalah di dalam mosi debat.

Sebenarnya tidak ada teknik khusus yang baku & absolut yang 100% harus diikuti, tips mudahnya, kamu bisa mulai pikirkan kalau dapet mosi A, kira-kira masalah apa saja yang jadi penyebab mosi ini muncul. Bisa buat 1 fokus masalah, bisa juga buat beberapa list masalah, its depend on you.

Untuk lebih mudahnya, kita pakai mosi debat langsung ya.

Mosi; THW Relocate the Poor from Slum Areas
Dari segi definisi, kita sudah tahu ya apa maksud mosinya, yaitu "Dewan ini (Aktor; pemerintah) akan merelokasi / memindahkan warga miskin dari pemukiman kumuh."

Sekarang pertanyaannya; "Masalah apa saja yang bisa kita bahas dari mosi debat diatas?"

Well, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa mulai merincikan masalahnya dalam beberapa list seperti ini;

1. Pemukiman kumuh tidak bagus dipandang mata baik dari segi tata kota maupun dampak lingkungannya
2. Sanitasi, kebersihan, fasilitas publik dan tempat tinggal dinilai buruk
3. Masyarakat Miskin terjebak dalam kemiskinan struktural akibat melakukan urbanisasi tanpa persiapan finansial yang memaddai

Tiga poin diatas adalah list masalah yang sudah berhasil kita identifikasi dari mosi debat THW Relocate the Poor from Slum Areas. Problem ini bisa digunakan 1st speaker pro. Untuk 1st speaker opposition bisa membuat rincian masalah yang berlawanan dengan tim pro.
Mosi; THW ban all communication tech companies from encrypthing their users data
Dari segi definisi, kita sudah tahu ya apa maksud mosinya, yaitu "Dewan ini akan melarang perusahaan teknologi komunikasi (Aktor; Indosat, XL, Telkomsel, dll) mengenkripsi data penggunanya."

Sekarang pertanyaannya; "Masalah apa saja yang bisa kita bahas dari mosi debat diatas?"

Well, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa mulai merincikan masalahnya dalam beberapa list seperti ini;

1. Enkripsi data pengguna dinilai kurang efektif untuk melindungi data pengguna karena faktanya serangan siber tetap mampu menembus skema pengamanan ini.

Kalau harus jujur, kalau ada di posisi tim pro, kita sebagai debater harus punya wawasan di bidang keamanan siber. Karena dari sudut pandang tim pro kita setuju dengan mosi melarang dan tidak menggunakan teknik enkripsi untuk keamanan data user, alhasil, kita harus mengajukan mekanisme pengamanan data pengguna yang baru kepada dewan juri agar mereka yakin kenapa enkripsi data tidak efektif.

Sebaliknya, untuk 1st speaker kontra setuju untuk terus mempertahankan teknik enkripsi untuk mengamankan data pengguna. Oposisi berkeyakinan bahwa tindakan penghapusan enkripsi sebagai layer keamanan tingkat pertama dinilai sebagai tindakan bodoh karena tanpa enkripsi, data user bisa dilihat lebih mudah oleh hacker. Sisanya, oposisi bisa bahas kenapa enkripsi penting, teknik enkripsi bisa ditingkatkan lagi agar keamanannya jadi lebih kuat, dan yakinkan juri kalau keamanan yang sudah diterapkan perusahaan teknologi komunikasi ini sudah bagus.

Penutup

Problem identification memegang peran vital untuk menentukan fokus area topik debat, tanpa elemen ini, tim pro dan kontra akan mendebatkan masalah masing-masing dan akan sangat sulit mencapai debat yang dinamis. Last but not least, semoga konten edukasi kelas debat dasar ini bisa bermanfaat buatmu ya. :)