No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Cara Membuat Limitasi Mosi Debat B.Inggris

Topik KontenDebat B.Inggris
Kategori KontenKelas Debat Dasar
Lisensi Pemilik KontenDaily Blogger Pro
Lisensi Konten GambarDokumentasi Pribadi
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa membatasi ruang lingkup pembahasan debat sesuai mosi / topik debat yang diperoleh dalam lomba.

Sebelumnya kita sudah mempelajari cara membuat definisi mosi dan identifikasi masalah di mosi debat.

Di seri post ini, saya ingin mengenalkanmu cara melimitasi pembahasan debat apapun mosi yang kamu dapatkan. Begini caranya.

Panduan Debat B.Inggris: Cara Membuat Limitasi Mosi Lomba Debat B.Inggris

Seperti biasa, pertama ulasannya akan membahas apa itu limitation, fungsi, dan panduan praktek limitasi mosi debatnya. Yuk simak!

Apa Itu Limitation dalam Lomba Debat B.Inggris?

Penjelasan mudahnya, limitation adalah elemen di dalam pembuka debat yang digunakan pembicara 1 pro untuk membatasi ruang lingkup perdebatan.

Fungsi Limitation dalam Mosi Debat

Fungsi limitasi adalah memastikan debat bisa fokus pada batasan yang telah dibuat tim pro agar pembahasan argumen dalam debat tidak melebar ke topik yang tidak penting untuk dibahas

Cara Membuat Limitasi Mosi Debat

Ada beberapa poin yang bisa debater pilih dalam limitasi, diataranya;

  • Limitasi tempat: Indonesia, Amerika, dan lokasi lainnya yang memungkinkan debat terjadi karena negara tersebut mendukung kebijakan yang ada di mosi.

  • Target audien: Misal kamu mendapatkan mosi yang membahas kebijakan pendidikan di Indonesia, kamu bsia melimitasi target penerapan kebijakannya hanya untuk siswa SD dan SMP saja.

  • Umur: ini biasanya cocok digunakan pada mosi debat yang membahas kelayakan seseorang untuk memiliki sim berkendara mobil / motor, usia legal untuk meminum alkohol (Baca: mosi ini biasanya khusus untuk mosi berlatar negara barat), dan mosi seputar topik ini.

Tiga bentuk limitasi diatas sudah bisa kamu gunakan sebagai dasar acuan awal ketika ingin melimitasi sebuah mosi debat.

Apakah Semua Mosi Debat Harus Diberi Limitasi?

Jawabannya, tergantung mosi debat yang kamu dapatkan. Limitasi umumnya sering digunakan untuk mosi yang diawali dengan Frasa "THW (This House Would) tapi tidak menutup kemungkinan mosi dengan frasa lain pun bisa dilimitasi dari segi umur, target audien, atau tempat.

Sebaliknya, ada juga mosi yang tidak perlu diberikan limitasi karena sudah jelas tertera fokus area debatnya di dalam mosi, misal; "This house would ban uniform in senior high school". Mosi ini sudah jelas ya setting tempatnya, regulasinya akan diterapkan di SMA, jadi, limitasi tidak diperlukan untuk mosi seperti ini.

Kesimpulan

Mampu menggunakan limitasi secara tepat bisa sangat menguntungkan untuk membuat jalannya debat lebih fokus. Meski tidak semua mosi harus kamu batasi, tapi di kondisi tertentu, ada mosi yang mengharuskan kamu membuat limitasi. Well, semoga konten edukasi ini bisa bermanfaat buatmu ya. :)