No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Pengertian Affixes, Macam Bentuknya, & Contohnya

Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Lisensi GambarFreepik.com
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa tahu pengertian affixes dan bentuknya.

Saat belajar bahasa inggris, khususnya mata kuliah struktur kata, kamu akan diajari dosenmu materi tentang "Affixes".

adsa

Saya kasih petunjuk awal ya, pas baca artikel, dXAdhdsat, atau buku, kamu pasti pernah baca kosakata ini: dissatisfied, sons-in-law, enjoyable? Ini masuk kategori affixes, untuk penjelasan detailnya, simak poin pembahasan selanjutnya ya.

Mengenal Apa Itu Affixes, Jenisnya, dan Contohnya

Pertama, kita akan mengenal apa itu Affixes, apakah ada jenis affixes yang harus kamu ketahui, hingga contoh dari affixes kita bahas secara tuntas dengan ulasan yang ringkas sekali baca tentunya, biar kamu bisa paham & hemat waktu.

Pengertian Affixes yang Harus Kamu Tahu

Apa yang dimaksud dengan Affixes? Penjelasan mudahnya, affixes bisa diartikan sebagai kata imbuhan yang ditambahkan di awal (awalan), tengah (sisipan), dan akhir (akhiran) dari kata dasar / aslinya (rooted words).

3 Macam Bentuk Affixes yang Harus Kamu Pelajari

Ada 3 jenis affixes, sebenarnya sudah dibahas pada poin pengertian affixes sebelumnya, hanya saja, saya belum mengenalkan nama / istilahnya, jadi, mari pelajari bentuk dari affixes berikut ini:

1. Prefix

Prefix bisa diartikan sebagai kata imbuhan yang disematkan di bagian awal kata dasar (root words). Fungsi prefix; menunjukkan kalimat negatif atau mengungkapkan hubungan waktu, cara, & tempat. Begini contoh prefix;

Disagree, prehistory, Unlock, dll.

2. Infix

Yang dimaksud dengan infix adalah kata imbuhan yang disematkan ditengah kata dasar / asal (rooted words). Fungsinya untuk menunjukkan kalimat informal meski jarang sekali dipakai dalam keseharian. Ini contoh dari Infix:

spoonful + s → spoonsful, cupful + s → cupsful.

3. Suffix

Terakhir, ada suffix, penjelasan mudahnya, suffix adalah kata imbuhan yang disematkan diakhir kata dasar / asal (rooted words). Fungsinya untuk mengubah kelas kata (dari verb jadi noun, dll), menunjukkan waktu, dan menunjukkan tempat. Ini contoh dari Infix:

collect + ion → collection (dari kelas kata verb (collect) menjadi noun (collection)).

collect + ed → collected (dari present tense (collect) menjadi past tense (collected)).

boy + s → boys (dari singular (boy) menjadi plural (boys)).

Setelah membaca konten ini, saya berharap kamu jadi paham apa itu affixes, jenis-jenisnya, hingga contoh dari prefix, infix, hingga suffix