7 Alasan Menguntungkan Ini Bisa Membuatmu Yakin Untuk Ikut Lomba Menulis Blog Dumet School. Penasaran? Baca Artikelnya Segera!


Hampir setiap bulan brand yang ada di Indonesia mengadakan lomba blog dengan beraneka ragam hadiah menarik, mulai dari uang, gadget kekinian seperti smartphone, laptop, smart watch, atau bahkan voucher map untuk belanja kebutuhan bulanan.

Namun, realistis saja, tidak semua lomba bisa kamu menangkan.

Mungkin karena tema lombanya susah untuk pemula, bisa juga karena saingannya adalah senior blogger yang sudah memenangkan banyak lomba blog, kemampuan mendesain gambar dan infografisnya sudah mahir, dan storytelling dalam artikelnya sangat apik.

Tidak heran kalau dewan juri lomba lebih memilih dan menjatuhkan keputusannya untuk memenangkan tulisan mereka.

Pertanyaannya adalah apakah masih ada lomba menulis blog yang memiliki winning rate-nya besar meskipun saingannya banyak, keahlian mendesain gambar, dan keahlianmu dalam menulis konten artikel masih biasa saja?

Well, nggak usah pesimis gitu ya, buat kamu yang membaca tulisan ini di blog DBP, kamu beruntung, ada kabar baik yang ingin saya sampaikan untukmu, lewat tulisan ini, saya ingin memberitahu kamu tentang lomba blog dimana kamu juga berkesempatan untuk merasakan jadi juara lomba blog untuk pertama kalinya.

Lomba blog yang saya sarankan namanya Dumet School blog competition. Tahu kenapa saya merekomendasikan lomba blog satu ini spesial buatmu?

Penasaran?

Yuk disimak, berikut ini 7 alasan kenapa kamu harus ikut dan mengirimkan artikel terbaikmu di ajang lomba menulis blog Dumet School. Siapa tahu lomba blog ini bisa mengantarkan karya dan nammu menjadi juara lomba blog pertamamu. :)

1. Lomba Blog Dumet School Gratis, Bukan Lomba SEO & Rutin Diadakan Setiap Bulan


Salah satu kelebihan dari lomba blog Dumet School adalah lomba blognya diadakan rutin setiap bulan. Lomba ini dimulai setiap tanggal 1 dan batas pengumpulan artikelnya tanggal 25. So, kamu punya waktu hampir sebulan untuk menulis draft artikel, merevisi isi tulisan supaya terhindar dari typo, dan mendesain gambar yang akan kamu gunakan dalam artikel lomba milikmu.

Kelebihan lainnya adalah lomba menulis Dumet School itu gratis lho. Beda sama lomba nulis diluar sana yang mengharuskanmu bayar diawal.

Terakhir, lomba menulis blog Dumet School ini berfokus pada kualitas konten artikel yang kamu tulis, bukan SEO. Jadi, kamu nggak usah khawatir kalau tidak mahir dalam urusan SEO. Tulis saja konten artikel terbaikmu dan jadilah juara di lomba menulis blog yang diadakan oleh Dumet School.

2. Hadiah Lombanya Tidak Hanya Juara 1 – 3 Saja, Tapi 10! 

Salah satu pola yang sudah sering ditemui adalah lomba blog hanya memberikan hadiah untuk tiga orang juara. Juara 1 hingga juara 3 saja.

Tapi, tidak dengan Dumet School, alih-alih hanya memberikan hadiah untuk tiga orang juara saja, Dumet School berani memberikan hadiah untuk 10 orang pemenang lho. So, kesempatan menang lombanya sangat besar dan bisa jadi, kamu yang membaca tulisan ini bisa menjadi 10 besar juara dari Dumet School Blog Competition.


Tahu nggak apa hadiahnya? Well, biar kamu makin termotivasi buat ikutan lombanya, saya kasih tahu ya, spesial buat kamu yang sedang membaca tulisan ini, cie. So, what is the reward?

Juara 1: Rp. 1.000.000
Juara 2: Rp. 750.000
Juara 3: Rp. 250.000
Juara 4 - 10: Pulsa 50.000

3. Temanya Beragam Dan Tidak Fokus Membahas Produk Dan Layanan Jasa Penyelenggara Lomba Melulu


Penyelenggara memang punya privilege tersendiri untuk menentukan tema tulisan lomba blog seperti apapun, termasuk tema berupa ulasan tentang produk atau layanan jasa dari si penyelenggara lomba blog.

Meskipun tak salah, tapi kebanyakan blogger dan saya lebih menyukai lomba blog yang membahas tema umum yang bisa menantang para blogger untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Tidak hanya itu, tema yang umum juga mempermudah peserta untuk mencari referensi yang bisa digunakan oleh blogger. Dan kami, sebagai blogger, juga akan dengan senang hati mengaitkan tema tulisan yang kami garap dengan produk atau layanan jasa penyelenggara.

Jadi, sama-sama menguntungkan, penyelenggara mendapatkan banyak peserta lomba. Dengan banyaknya peserta lomba blog yang terdaftar, itu berarti, akan tercipta campaign positif secara massive di berbagai website yang terindeks di mesin pencari.

Skema selanjutnya, bisa ditebak dengan mudah, para pengunjung akan mengklik artikel para blogger, bila pengunjung tertarik dengan ulasan tentang kelebihan dan manfaat produk atau jasa yang bisa mereka dapatkan dari pihak penyelenggara, pengunjung ini akan melakukan kunjungan ke website resmi penyelenggara lomba blog yang nantinya bisa dikonversi menjadi calon pelanggan potensial.

Dan poin ketiga ini, tema umum yang menantang kreatifitas menulis para blogger, ada di lomba blog Dumet School.

So, buruan ikut lombanya, temanya beragam lho, mudah banget, referensinya banyak di internet, dan nggak ngebosenin karena tema tulisan yang dibahas tidak hanya mengulas layanan si pemilik lomba melulu. Hihi : )

4. Hadiah Langsung Dikirim 1 Jam Setelah Pemenang Lomba Diumumkan


Is this for real?  Yup, kamu nggak salah baca kok. Bagian ini sih yang paling nyenengin banget pas jadi juara lomba blog Dumet School.

Bagian terbaiknya adalah, setelah kamu mengirim artikel lomba milikmu pada tanggal 25, kamu hanya tinggal menunggu 4 hari lagi, yup, tanggal 29 pihak Dumet School akan mengumumkan siapa juaranya. Cepet banget, bukan? Inilah alasan saya kenapa suka banget ikut lomba nulisnya Dumet School.

Mereka berani mendobrak kebiasaan lama penyelenggara lomba blog yang memberikan hasil pengumuman pemenang, sebulan setelah deadline pengumpulan artikel selesai dengan membuat tren baru; umumkan nama pemenang 4 hari setelah deadline pengumpulan naskah habis alias setiap akhir bulan. Kurang keren apalagi coba Dumet School.

Cari lomba yang cepet pengumuman dan pengiriman hadiahnya? Dumet School pilihan utamanya.    

Proses pengambilan hadiahnya juga super duper mudah lho. Pihak panitia akan mengirimi kamu email berisi ucapan selamat beserta list posisi juaranya, dan instruksi lanjutan mengenai cara pengambilan hadiahnya. Biasanya, kalau kamu menang, kamu hanya tinggal mengirimkan foto ktp, no rekening, dan nomor telpon aktif. Setelah itu, hadiah uang dan pulsa akan ditransfer 1 jam setelah proses verifikasi data selesai. Bahkan, pernah juga tidak sampai 1 jam, pihak Dumet School sudah mengirimkan hadiahnya lho. :)

5. Bingung Mau Nulis Apa Karena Ini Pertama Kalinya Kamu Ikut Lomba Blog? Di Dumet School Blog Competition, Kamu Bisa Belajar Membuat Tulisan Langsung Dari Para Juara Lho


Enaknya ikut lomba blog Dumet School itu, kamu bisa belajar membuat tulisan yang bagus dari para juara yang sudah sering memenangkan lomba blog Dumet School lho. Di halaman lombanya, kamu bisa mendapatkan list nama para juara, silahkan cek tulisan mereka satu persatu, dan pelajarilah bagaimana tulisan mereka bisa memenangkan lomba. Dengan begitu, kamu bisa belajar dari mereka untuk meningkatkan kualitas tulisanmu.

Melalui poin kelima ini, saya ingin berbagi tips dengan teman-teman pembaca yang sedang membaca tulisan ini, iya, kamu, mengenai bagaimana sih caranya kamu bisa memenangkan lomba menulis blog Dumet School.

Pertama, saya ingin kamu membaca semua atau boleh juga sebagian tulisan yang pernah saya ikut sertakan dalam ajang lomba blog Dumet School.

Daftar list dibawah ini, saya susun sesuai dengan perolehan peringkat nominasi posisi juara dalam lomba ini selama tahun 2017 hingga 2018.. Silahkan baca terlebih dahulu tulisan yang kamu suka, dengan begitu, kamu bisa menikmati isi konten dan menganalisis aspek apa saja yang membuat tulisan di blog ini dipilih oleh juri. Selamat membaca ya, dear. :).  


Kedua, begitu kamu sudah membaca tulisan di blog ini yang dipilih sebagai nominasi juara oleh pihak juri, saya ingin berbagi tips nih untuk kamu, tentang proses kreatif pembuatan artikel konten lomba menulis blog Dumet School.

Untuk langkah awal, kita bahas tentang pemilihan kata yang nantinya akan dijadikan judul artikel. Ambil sudut pandang yang berbeda dari peserta lain. Sebagai latihan, pada bulan agustus 2017, Dumet School memberikan tema; "Merdeka Dengan Teknologi."

Kalau kamu baca ulang gambar di poin kelima ini, para nominator juara 1, 2, & 3 punya kata kunci dasar yang bisa dikembangkan, yakni merdeka dan teknologi.

Untuk tulisan saya, saya mengambil sudut pandang tentang trend mahasiswa kuliah di luar negeri dengan beasiswa LPDP yang sedang hype banget tahun lalu. Dalam beasiswa ini, para penerima beasiswa (awardee) akan dibiayai studi ke negara tujuan dengan fasilitas dan materi sesuai bujet yang telah disepakati. Di akhir studi, para awardee wajib kembali ke Indonesia, dan harus memberikan kontribusi sesuai bidang keahliannya.

Setelah menentukan sudut pandang yang spesifik seperti uraian paragraf sebelumnya, saya menceritakan proses dari tokoh atau awardee ini ke plot selanjutnya dimana saya mengajak pembaca untuk menelusuri kisah tokoh yang saya ulas saat mengimplementasikan ilmunya untuk masyarakat Indonesia, spesifiknya di bidang pendidikan, yakni mengajar anak-anak sekolah supaya mahir mendesain animasi 3 dimensi dan mempublikasikan karya tersebut untuk khalayak umum.

Dampak pengaruh awardee saat mengimplementasikan ilmu teknologi terhadap keahlian siswa dalam menghasilkan film animasi 3 dimensi inilah yang menjadi poin relevan dan pembuktian kalau teknologi bisa memerdekakan para siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi lewat karya yang mereka garap sesuai bimbingan si awardee ini.

So, poin kedua, dalam hal ini, pengambilan sudut pandang sangat penting dan menjadi pembeda tulisanmu dengan peserta lain. Kelebihannya, juri mendapatkan pilihan yang beragam dan fresh bila tulisanmu digarap dengan sudut pandang unik, beda, dan baru. Bahkan, sangat mungkin sekali tulisanmu masuk ke dalam pertimbangan juri untuk memberikan posisi artikelmu dalam nominasi 10 besar di lomba menulis blog Dumet School karena kamu bisa menjawab tema yang telah diajukan dewan juri melalui tulisan kerenmu. 

Ketiga, tambahkan desain grafis dalam tulisanmu supaya pembaca semakin tertarik untuk terus membaca tulisanmu sampai habis, storytelling dengan struktur yang mudah dipahami alurnya oleh pembaca, dan jangan lupa berikan manfaat lebih untuk pembaca melalui tulisanmu, begitu pembaca selesai melahap tulisan buatanmu, ada wawasan baru yang ia peroleh sehingga ia merasa beruntung karena membaca tulisanmu yang kaya akan manfaat.

Sekian untuk poin kelima, itu dia tips singkat yang saya terapkan saat mengikuti lomba menulis blog Dumet School. Semoga bermanfaat ya, dear. :)
 

6. Trafik Blog Milikmu Bisa Naik Drastis Lho


Sudah wajar rasanya, kalau kamu memenangkan lomba blog, tulisanmu akan dibanjiri oleh trafik dari peserta lomba blog, juri lomba blog, atau bahkan pengunjung baru yang datang karena penasaran dengan tulisanmu yang berhasil merebut hati para juri.

Kalau kamu menang lomba blog Dumet School, namamu akan masuk list di halaman lomba blog mereka. Semua peserta yang mengunjungi halaman tersebut, pasti tertarik ingin tahu tulisan seperti apa sih yang berhasil menang dalam lomba blog Dumet School.

Ketertarikan ini akan mengantarkan mereka untuk mengklik tulisanmu yang masuk nominasi juara, bayangkan kalau ada 50 hingga 100 unique visitor yang tertarik untuk melihat tulisanmu, pasti trafik blogmu akan naik drastis. Yuhuu. Sudah menang hadiah uang, pulsa, dapet trafik kontinyu lagi, cuma Dumet School yang bisa begini, yang lain mana bisa. Hihi :)

7. Dapet Backlink Gratis Berkualitas Dari Website Dumet School Yang Memiliki DA PA 46 / 46  


Kalau kamu sudah bermain blog cukup lama, kamu pasti tahu tentang Moz Rank. Moz membuat sebuah alat yang bisa mengkalkulasi berapa peringkat sebuah website berdasarkan jumlah link aktif yang memberikan kunjungan ke website atau blog milikmu. Semakin besar peringkat domain authority (DA) dan page authority (PA), maka semakin kredibel blog milikmu di mata para pembaca, mesin pencari, brand, atau bahkan agency yang ingin bekerjasama denganmu.

Kalau kamu mengecek skor peringkat website Dumet School, kamu pasti akan kaget, karena peringkat DA PA milik Dumet School sudah berada di atas 40, yakni 46 / 46. So, kalau kamu menang lomba blog, kamu akan mendapatkan backlink gratis berkualitas dari website Dumet School yang punya peringkat tinggi lho. Menarik, bukan? Yuk buruan gabung lombanya sekarang juga. 

Penutup


Saya pikir, 7 alasan yang telah saya berikan padamu di artikel ini sudah sangat jelas sekali keuntunganya.

Kamu bisa mendapatkan banyak hadiah seperti uang, pulsa, trafik, tidak dipungut biaya alias gratis, backlink, tips menulis dari blogger pro yang jadi juara berturut-turut, tema tulisan yang mudah dan asyik, serta lombanya selalu setia nungguin kamu setiap bulan lho. 

Maka dari itu, yuk daftarkan artikel terbaik milikmu di event lomba menulis blog yang diadakan oleh Dumet School sekarang juga melalui link lomba berikut ini; Lomba Menulis Blog Dumet School.

3 komentar

avatar

Selalluu super lengkaap nih kalau bikin artikel mas. Lamaa banget nggak ikutan lomba blog, jadi aku masukin resolusi 2019 semoga bisa terealisasi. Aamiin :) kangen nulis yang mengikuti tema gtu soalnyaa hehe, selama ini kebanyakan report jalan-jlan. hehe kok jadi curhat

avatar

Wah, kalau banyak untungnya akan memotivasi blogger untuk ikut lomba ini, mas...

avatar

Selamat mas sudah jadi juaranya, mau belajar banyak sama masnya supaya di 2019 minimal ada 1 lomba yang bisa saya menangkan...

Click to comment