No Bookmarks

4 Cara Mengajari Matematika yang Menyenangkan untuk Anak

Di usia emas anak, ia butuh edukasi yang baik agar kelak bisa membantunya menjalani kehidupan. Mulai dari belajar bahasa ibu, bahasa asing, menulis, membaca, dan berhitung.

Kemampuan dasar baca, tulis, dan hitung adalah keahlian dasar yang harus dilatih sejak dini agar si kecil siap ketika lanjut ke tingkat pendidikan lanjut; SD, SMP, dst.

Jika kebetulan si anak suka berhitung, ada baiknya bunda mulai mengajari anak matematika dengan cara yang menyenangkan & mudah. Kalau bunda belum tahu caranya, bunda bisa ikuti panduan ini ya.

4 Cara Mengajari Anak Matematika Dengan Mudah & Menyenangkan

Ada beberapa alasan kenapa anak kesulitan, biasanya karena media pembelajarannya tidak memadai, kurang fokus saat belajar, bosan, hingga cara pengajarannya kurang menarik. Untuk itu, bunda bisa coba cara belajar matematika seru dan menyenangkan berikut ini;

1. Menggunakan Mainan Edukatif

Anak identik dengan dunia bermain, bagaimana kalau bunda padukan aktifitas tersebut dengan belajar? Kombinasi keduanya bisa membuat proses belajar matematika untuk anak jadi lebih menyenangkan dan anti-bosan.

Misalnya saja, bunda bisa mengajak si kecil belajar matematika dengan simulasi jual beli. Bunda jadi penjualnya, si kecil jadi pembelinya. Dalam kegiatan ini, misalnya saja si kecil ingin membeli mainan konsol nintendo switch, ia pun akan menghampiri bunda yang menjual produk mainan tersebut, ketika si kecil menghitung uang, proses belajar matematika dasar dimulai pada kegiatan jual beli ini.

Cara ini lebih simpel dan menyenangkan, bukan?

2. Belajar Matematika Dengan Menggunakan Jari

Bunda ingin mengajarkan si kecil tentang perhitungan dasar dalam matematika? Well, bunda bisa mengajak si kecil berhitung dengan menggunakan jari tangan.

Bunda bisa mengajari anak matematika dasar seperti mengenal angka. Materi yang diajarkan bisa dimulai dari berhitung angka kecil (1-10). Kemudian, bunda bisa mengajarkan materi yang kompleks secara bertahap.

3. Belajar Matematika Dari Video Pembelajaran

Ketiga, bunda bisa memanfaatkan video pembelajaran menarik yang ada di platform youtube. Media video bisa sangat efektif untuk mengajari anak matematika. Misalnya saja, bunda bisa menggunakan video yang ada di channel Ruangguru, di channel ini ada banyak materi belajar yang disertai animasi menarik yang cocok digunakan belajar matematika untuk anak.

4. Belajar Matematika Dengan Kursus Ruangguru for Kids

Terakhir, jika bunda ingin punya tenaga pengajar tambahan, entah kaena bunda sedang lelah / banyak kerjaan, kursuskan saja anak kesayangan bunda di Ruangguru. Sekarang ada program kursus Ruangguru for kids, lho.

Di kursus ini, si kecil bisa fokus belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, tutor terbaik, harga terjangkau, dan fasilitas belajar maksimal untuk membantu anak mahir berhitung. Jika tertarik, bunda bisa pilih programnya dibawah ini, bisa ambil kelas trial gratis dahulu / beli kelasnya langsung juga boleh.

Mau coba kursus Ruangguru for kids gratis? Yuk coba kelas trial matematika Ruangguru for kids. Setelah coba kelasnya, baru baru langganan!
Coba Kelas Trial
Mau langsung kursus matematika di Ruangguru for kids? Kamu bisa ambil paket belajar manapun, mau itu paket 3 bulan / 6 bulan.
Beli Sekarang