No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

4 Jenis Kalimat B.Inggris Ini Bisa Bikin Kamu Jago Nulis

Jenis KontenEnglish Writing
Lisensi GambarStock Foto Premium Canva
Lisensi KontenDaily Blogger Pro
Tingkat KesulitanMudah
Tujuan Konten:Membantu pembaca daily blogger pro agar bisa menulis kalimat bahasa Inggris


Punya keinginan bisa nulis dalam bahasa Inggris tapi selalu stuck pas harus nulis kalimat pertama? Belum lagi bingung harus pakai pola kalimat yang kaya gimana. Soalnya struktur kalimat B.Inggris bisa jadi beda dengan bahasa Indonesia.

Well, nggak usah khawatir dan galau lagi ya, konten DBP kali ini spesial dibuat untuk kamu yang ingin jago nulis dalam bahasa Inggris, khususnya kamu; siswa, mahasiswa, atau teman-teman blogger se-profesi dengan saya.

Mengenal Dasar Kalimat, Klausa, dan 4 Jenis Kalimat B.Inggris

Buat kamu yang ingin mahir menulis dalam bahasa Inggris, entah itu untuk kebutuhan tugas sekolah, kuliah, atau blogger yang ingin membuat blog berbahasa Inggris, mulai mempelajari kalimat adalah langkah awal dalam penulisan sebuah artikel.

Pengertian, Unsur, dan Ciri-ciri Kalimat Bahasa Inggris

Sebelum mulai mengenal macam-macam kalimatnya, kita perkuat konsep dasarnya dulu yuk;

Pengertian Kalimat:Kalimat adalah satuan bahasa berupa rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna.
Unsur KalimatSebuah kalimat minimal terdiri dari 1 klausa, yaitu mengandung subjek dan predikat. Lengkapnya, satu kalimat bisa terdiri dari subjek, predikat, objek, dan keterangan tempat / waktu.
Ciri-ciri KalimatIndependen alias bisa berdiri sendiri, menggunakan huruf kapital diawal kata, dan dilengkapi dengan tanda baca.

Mengenal Apa Itu Independent & Dependent Clause

Sebelum mengenal jenis pola kalimat bahasa Inggris, istilah independent dan dependent clause harus kamu ketahui lebih dahulu soalnya kedua klausa ini bakalan sering muncul di semua jenis kalimat tersebut. Without further ado, here the explanation.

Apa Itu Independent Clause

Independent clause bisa diartikan sebagai jenis klausa yang memiliki makna atau gagasan yang utuh yang membuatnya menjadi kalimat lengkap. Biasanya terdiri dari satu subjek dan kata kerja, mau ada objek atau tidak ada pun tetap bisa kita pahami maknanya, itulah sebabnya kita menyebut independent bisa berdiri sendiri.

Dependent Clause

Sebaliknya, dependent clause diartikan sebagai kalimat tidak utuh dan nggak bisa berdiri sendiri tanpa kehadiran Kamu Independent Clause.

Independent Clause Alisa writes an article

Alisa menulis artikel

Dari contoh ini, ada satu subjek; Alisa, dan kata kerja utama "writes" dan satu objek yang menerangkan apa yang ditulis Alisa, yaitu "article".

Dari sini, sebenarnya tanpa dijelaskan menulis artikelpun, kita sudah bisa tahu apa yang sedang dilakukan Alisa kan, dia sedang menulis.

Karena maknyanya yang jelas dan utuh inilah, kita bisa menyebutnya sebagai independent clause.
Dependent Clause When Nadia left

Ketika Nadia Pergi

Dari contoh dependent clause diatas, kita tahu sih apa artinya, "Ketika Nadia pergi"

tapi yang bikin gagal paham itu;

dia pergi karena apa dan ketika momen apa?
Apa atau siapa yang ia tinggalkan?

Nah, karena maknanya yang menggantung inilah kaya hubungan kamu ke si dia :p makanya dependent clause nggak bisa disebut sebagai kalimat yang lengkap karena ya gitu, maknanya nggak bisa dimengerti kaya kamu kalau ditanya mau makan dimana jawabnya selalu aja "Terserah!"..
.

Mengenal 4 Jenis Kalimat B.Inggris

Kamu bisa mulai langkah pertama jadi selangkah lebih dekat dengan skill kamu yang inginkan dengan cara mengenal jenis kalimat bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya. Yuk belajar!

1. Simple Sentence

Simple sentence bisa diartikan sebagai kalimat sederhana yang hanya membutuhkan satu klausa yang memiliki subjek dan predikat serta bisa bisa berdiri sendiri (independent). Simple sentence memiliki dua jenis / bentuk, yaitu:

a. Nominal sentence: kalimat yang bagian predikatnya menggunakan auxiliary verb (kata kerja bantu: is, am, are, was, were). Berikut contoh kalimatnya:
Subjek + Kata Kerja Bantu (To Be / Auxiliry Verb):Ayisha is beautiful..


b. Verbal sentence: kalimat yang mengandung kata kerja utama / main verb (bukan kata kerja bantu) sebagai predikat. Contoh kalimat:
Subjek + Kata Kerja Utama (Main Verb):Alisa goes to the mall.

Cari tahu bentuk kalimat simple sentence lainnya di konten ini:

Baca juga:
Mengenal Simple Sentence dalam Kalimat B.Inggris

2. Compound Sentence

Compound sentence bisa diartikan sebagai kalimat yang mengandung minimal dua klausa independen atau lebih (biasanya terdiri dari gabungan 2 simple sentence). Karena compund sentence menggabungkan dua kalimat, maka diperlukan kata yang menghubungkannya, setidaknya ada 3 kata penghubung yang bisa kamu gunakan:

a. Coordinating conjunction
Coordinate conjunction merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Kata penghubung yang bisa kamu gunakan adalah

F A N B O Y S
For And Nor But Or Yet So

Kalimat 1 + Coordinate Conjunction + Kalimat 2:My brother had a test the next day, so he studied all night.

Cari tahu bentuk kalimat compound sentence lainnya di konten ini:

Baca juga:
Mengenal Compound Sentence dalam Kalimat B.Inggris

3. Complex Sentence

Di urutan ketiga, ada Complex sentence. Mudahnya, complex sentence bisa diartikan sebagai kalimat yang memiliki 1 independent clause dan setidaknya ada satu dependent clause.

Untuk klausa independen, kayanya udah nggak harus dijelasin lagi ya, soalnya udah sering banget dijelasin di poin sebelumnya. Sekarang kita bahas klausa dependen aja yuk.

Di complex sentence, klausa dependen akan sering kamu gunakan untuk menghubungkan kalimat (independen dan dependen). Mudahnya, kamu bisa coba pakai 3 jenis klausa dependen ini untuk melengkapi kalimat kompleks bahasa Inggris yang mau kamu tulis;

Adverbial ClauseKlausa dependen ini bisa kamu gunakan untuk menerangkan informasi tentang verb, adjective, atau adverb. Kamu bisa menghubungkan klausa dependen dan independen dengan menggunakan kata penghubung ini; before, after, when, since, although, because, dan lain-lain.

Sinta were watching tv when Icha sleep.
Indani washes her hand before he eats chicken soup.

Cari tahu bentuk kalimat complex sentence lainnya di konten ini:

Baca juga:
Mengenal Complex Sentence dalam Kalimat B.Inggris

4. Compound-complex sentence

Jenis kalimat terakhir, ada Compound-complex sentence. Mudahnya, compound complex sentence terdiri dari dua klausa independen dan 1 klausa dependen yang dihubungkan dengan kata penghubung amu bisa membuat kalimat jenis ini dengan menggunakan rumus ini;

Independent Clause + conjunction + Independent clause + conjunction + dependent clause (1 atau lebih)

atau

Conjunction + Dependent Clause (1 ataupun lebih) + Independent Clause + conjunction + Independent Clause


Because the soup was too cold, I put it in the microwave and ate it while it was still warm.

Because you were late, we could not watch the movie from the beginning; and I need to re-watch it again.

Kesimpulan

Dengan mengenal 4 bentuk kalimat ini, kamu jadi bisa tahu bentuk kalimat mana yang harus kamu gunakan untuk menulis artikel bahasa inggris pertamamu. Dimulai dari simple sentence, compound, dan seterusnya. Semoga konten ini bisa bermanfaat buatmu ya.